Soal Ujian UT Ilmu Administrasi Negara ADPU4534
1. Aktivitas logistik berupa penyediaan barang guna memenuhi tingkat pelayanan tertentu ialah ...A. procurement
B. reverse logistics
C. order processing
D. inventory management
Jawab:
D. benar, kegiatan ini mencakup penyediaan barang untuk memenuhi tingkat pelayanan tertentu
2. Aktivitas utama upstream supply chain ialah ...
A. pengendalian persediaan
B. pergudangan
C. pengadaan
D. distribusi
Jawab:
C. benar, kegiatan utama upstream supply chainadalah pengadaan
3. Teknik yang dipakai untuk menghasilkan barang dengan ongkos serendah-rendahnya dengan kualitas prima dan hingga kepada pelanggan sempurna pada waktunya ialah ...
A. material requirements planning
B. inventory management
C. just in time
D. supply chain
Jawab:
C. benar, just in time intinya menyediakan sesuatu sempurna waktu dan tempat
4. Dimensi kualitas produk yang berkaitan dengan opini pelanggan terhadap gambaran dan reputasi produk serta tanggung jawab organisasi terhadap produknya ialah ...
A. aesthetics
B. reliability
C. perceived quality
D. durability
Jawab:
C. benar, dimensi ini berkaitan dengan opini pelanggan
5. Waktu dikala pesanan dikirim hinggan barang diterima disebut sebagai ...
A. siklus pesanan
B. pengiriman pesanan
C. pemrosesan pesanan
D. perencanaan pesanan
Jawab:
A. benar, waktu antara pengiriman dan penerimaan ialah siklus pesanan
6. Apabila persediaan dipesan pada tamat periode tertentu dan pemesanan persediaan hanya sebesar jumlah yang diperlukan, maka model persediaan yang dipakai ...
A. economic order quantity
B. production order quantity
C. fixed period system
D. diskon kuantitas
Jawab:
C. benar, model ini dipakai jikalau persediaan dipesan pada tamat periode tertentu
7. Struktur pengkodean yangs ering dipakai pada komponen barang elektronik adalah...
A. alfabet
B. angka
C. warna
D. brisch
Jawab:
C. benar, kodefikasi untuk alat elektronik
8. Untuk mengurangi waktu yang dilibatkan dalam proses perundingan dengan supplier sanggup dipakai ...
A. kodefikasi
B. standarisasi
C. holding cost
D. diskon kuantitas
Jawab:
B. benar, standarisasi antara lain dimaksudkan untuk mengurangi waktu negosiasi
9. Suatu proses pengembangan kebijakan untuk menagani tindakan administrasi yang rutin dalam suatu organisasi merupakan perencanaan logistik ...
A. strategis
B. operasional
C. taktis
D. proyek
Jawab:
B. benar, untuk menangani tindakan administrasi yang rutin
10. Perputaran pesanan yang lebih cepat dan dipakai untuk produk pelanggan disebut sebagai ...
A. economic order quantity
B. production order quantity
C. efficient consumer response
D. quick consumer response
Jawab:
C. benar, merupakan model yang dipakai jikalau perputaran pesanan cepat
11. Proses perolehanmaterial yang dibutuhkan organisasi sebagai ...
A. purchasing
B. procurement
C. supply chain management
D. inventory management
Jawab:
B. benar, merupakan proses perolehan material
12. Penyerahan sebagian kegiatan organisasi kepada penyedia jasa terpilih dengan maksud memakai keunggulan penyedia jasa tersebut sehingga mendapat kinerja unggul disebut sebagai ...
A. co sourcing
B. outsourcing
C. contracting
D. insourcing
Jawab:
B. benar, merupakan penyerahan sebagian kegiatan kepada penyedia jasa terpilih
13. Model harga berdasarkan pasar dalam seni administrasi perundingan pengadaan barang/jasa mempunyai karakteristik ...
A. harga didasarkan pada indeks
B. pemasok membuka buku bagi pembeli
C. pemasok tidak bersedia membahas biaya
D. harga kontrak didasarkan pada waktu dan materi baku atau biaya tetap
Jawab:
A. benar, merupakan ciri model harga berdasar pasar
14. Jika perundingan yang dilakukan tidak hanya untuk pengadaan barang/jasa, tetapi juga untuk transaksi-transaksi yang sangat mungkin akan terjadi selanjutnya, maka taktik perundingan yang sanggup dipergunakan ialah taktik ...
A. anggaran
B. penjaring
C. kemitraan
D. zero base pricing
Jawab:
B. benar, dalam taktik ini, perundingan dilakukan tidak sendiri-sendiri
15. Keuntungan pengadaan barang kapital dengan cara membeli gres antara lain ...
A. memenuhi kebutuhan return to asset
B. memenuhi kebutuhan rate of return
C. uniformitas dalam umur pemakaian
D. waktu penyerahan lebih cepat
Jawab:
C. benar, merupakan keuntungan pembelian barang kapital baru
16. Sistem evaluasi pembelian perlengkapan yang memakai pendekatan kuantitatif ialah ...
A. merit point system
B. economic life cycle
C. scoring system
D. discounted cash flow
Jawab:
A. benar, dalam sistem evaluasi ini diberikan nilai angka pada unsur yang dinilai
17. Mode transport yang mempunyai potensi untuk sanggup memenuhi jadwal penyerahan yang telah ditentukan ialah ...
A. pesawat udara
B. terusan pipa
C. transport air
D. pengangkutan jalan raya
Jawab:
B. benar, merupakan mode yang mempunyai potensi keandalan
18. Biaya tetap dalam pengiriman logistik antara lain mencakup biaya ...
A. pegawai
B. materi bakar
C. perawatan
D. perlengkapan transpotasi
Jawab:
D. benar, merupakan biaya tetap dalam pengiriman logistik
19. Aktivitas material handling berjarak erat disebut sebagai ...
A. transport
B. transfer
C. fixed path
D. varied path
Jawab:
B. benar, merupakan pemindahan berjarak dekat
20. Prose penyimpanan logistik pada gudang penyimpanan lebih difokuskan pada...
A. peningkatan dampak keuntungan atas pemenuhan persyaratan pelanggan
B. penanganan inventaris minimal dan terutama barang yang tinggi permintaannya
C. pengurangan biaya operasi untuk memenuhi persyaratan pelanggan
D. penghimpunan data secara bersamaan
Jawab:
C. benar, merupakan fokus proses penyimpanan di gudang
21. Keuntungan pemanfaatan gudang publik bagi penyewa antara lain...
A. komunikatif
B. biaya murah
C. konservasi kapital
D. pemakaian sumber daya insan yang lebih baik
Jawab:
C. benar, merupakan keuntungan penggunaan gudang publik
22. Gudang yang sanggup dipakai untuk menyimpan materi baku, barang setengah jadi atau barang dalam proses produksi ialah gudang...
A. operasional
B. perlengkapan
C. musiman
D. permanen
Jawab:
A. benar, merupakan gudang untuk menyimpan barang untuk keperluan proses produksi
23. Program peralatan terkait merupakan salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas gudang dalam bentuk ...
A. pemanfaatan siklus inventaris
B. pemakaian sistem lokasi
C. pemakaian teknologi baru
D. pemberdayaan pegawai
C. benar merupakan acara peralatan terkait
24. Fungsi spesifik dari pengemasan antara lain convenience, maksudnya ialah bahwa pengemasan...
A. melindungi produk dari kerusakan akhir imbas lingkungan luar
B. membuat produk sanggup dipakai dengan sebaik-baiknya
C. mengendalikan produk dengan cara mengurangi keluaran
D. menahan produk sebelum dipindahkan dari satu kawasan ke kawasan lain
Jawab:
B. benar, merupakan fungsi convinience dari pengemasan
25. Lingkungan fisik penyebab kerusakan pengemasan logistik antara lain ...
A. suhu
B. kelembaban
C. tekanan
D. benda asing
Jawab:
C. benar, merupakan lingkungan fisik dari pengemasan
26. Jenis sistem informasi administrasi untuk membantu karyawan membuat model atau alat analisis adalah...
A. transaction processing system
B. communication system
C. office automation system
D. decision support system
Jawab:
D. benar, merupakan jenis sistem informasi untuk membantu karyawan membuat model aatau alat analisis
27. Jenis sistem informasi logistik yang berfungsi untuk menyiapkan persediaan dan alokasi produk bagi pelanggan ialah ...
A. transportation management system
B. warehouse management system
C. order management system
D. office automation system
Jawab:
C. benar, merupakan jenis sistem informasi untuk menyiapkan persediaan
28. Tujuan kegiatan logistik berupa purchasing ialah ...
A. menyediakan barang guna memenuhi tingkat layanan tertentu
B. melaksanakan proses tranformasi dan distribusi logistik
C. meminimumkan investasi persediaan dan kerugian
D. melindungi barang dari kerusakan
C. benar merupakan tujuan purchasing
29. Tolak ukur yang sanggup dipakai untuk mengetahui efektivitas kegiatan purchasing pada kegiatan logistik ialah ...
A. turn over ratio persediaan
B. inventory to revenue ratio
C. rasio ketepatan waktu pengiriman
D. harga yang berlaku umum pada waktu pembelian
Jawab:
C. benar, merupakan tolok ukur efektivitas purchasing
30. Pertukaran dokumen yang disusun dalam bentuk format yang diproses secara mekanis ialah ...
A. quick response
B. point of sale data
C. electronic data interchange
D. decision support system
Jawab:
C. benar, merupakan pertukaran dokumen dalam bentuk format mekanis
31. Tipe anggaran pada kegiatan logistik yang didasarkan atas biaya standard untuk pelaksanaan fungsi logistik tertentu ialah anggaran ...
A. fixed
B. flexible
C. level nol
D. modal
Jawab:
B. benar, merupakan tipe anggaran yang didasarkan atas biaya standar
32. Jenis organisasi logistik yang dibuat untuk mengatasi dilema logistik tertentu dalam jangka waktu tertentu ialah ...
A. komite ad hoc
B. komite tetap
C. tim tugas
D. tim kerja
Jawab:
A. benar, untuk mengatasi pokok dilema tertentu dalam jangka waktu tertentu
33. Jika pembelian diartikan sebagai kumpulan kegiatan yang terjadi semenjak adanya masukan barang hingga menghasilkan keluaran tertentu, maka pembelian merupakan ...
A. fungsi
B. proses
C. procurement
D. supply chain
Jawab:
B. benar, sebagai proses, pembelian ialah serangkaian kegiatan mulai dari input hingga output
34. Jika pengukuran kinerja pembelian didasarkan atas besarnya pembebanan biaya cuilan pembelian dibandingkan dengan harga standar berdasarkan perencanaan, maka pendekatan pengukuran kinerja pembelian yang dipakai ialah ...
A. akuntansi
B. komparatif
C. audit administrasi pembelian
D. management by objectif
Jawab:
A. benar, merupakan pendekatan yang didasarkan atas besarnya pembebanan dibanding harga standar
35. Sumber keunggulan kompetitif organisasi antara lain terletak pada productivity advantage, maksudnya ialah bahwa organisasi tersebut bisa ...
A. membedakan dirinya sendiri dihadapan pelanggan dari pesaingnya
B. membuat nilai tertentu dan biasanya dilakukan pada segmen pasar tertentu
C. mengendalikan produk dengan cara mengurangi pengeluaran
D. melaksanakan cara bekerja berbiaya rendah sehingga memperoleh keuntungan yang lebih tinggi
Jawab:
D. benar, merupakan maksud productivity advantage
36. Jenis transaksi di mana penjual harus mengatur pengiriman dan menanggung semua risiko hingga pada kawasan pengangkutan ialah ...
A. free alongside ship
B. free on board
C. free carriers
D. carriage paid to
Jawab:
A. benar, merupakan jenis transaksi di mana penjual mengatur pengiriman dan menanggung semua risiko hingga pada kawasan pengangkutan
37. Untuk meningkatkan nilai produk dengan biaya rendah, suatu organisasi sanggup menunda modifikasi atau pembiasaan terhadap produk selama mungkin. Teknik ibarat ini disebut sebagai ...
A. keiretsu
B. just in time
C. postphonement
D. drop ship
Jawab:
C. benar, merupakan taktik pasokan dengan cara menunda modifikasi produk selama mungkin
38. Bentuk organisasi bisnis yang menangani semua aspek bisnis internasional yaitu penjualan, keuangan, komunikasi dan logistik ialah ...
A. non vessel operating common carriers
B. custom house brokers
C. export management companies
D. export trading companies
Jawab:
D. benar, merupakan organisasi yang menangani aspek bisnis internasional ibarat penjualan, keuangan, komunikasi dan logistik
Pilihlah A, jikalau 1 dan 2 benar; B, jikalau 1 dan 3 benar; C, jikalau 2 dan 3 benar; dan D, jikalau semuanya benar.
39. Secara umum, kegiatan logistik mencakup ...
1. pengadaan barang/jasa
2. penyimpanan barang/jasa
3. pendistribusian barang/jasa
Jawab:
D. benar, kegiatan logistik mencakup pengadaan, penyimpanan dan pendistribusian barang/jasa
40. Faktor-faktor yang sanggup menghipnotis dimensi kualitas pelayanan assurance antara lain ...
1. competence
2. courtesy
3. credibility
Jawab:
D. benar, faktor yang menghipnotis dimensi assurance ialah competence, courtesy, credibility
41. Alasan suatu organisasi mengharapkan tingkat pelayanan yang tinggi kepada pelanggannya antara lain ...
1. mempertahankan tingkat inventaris yang lebih rendah
2. meningkatkan penggunaan acara kontrol kualitas
3. melaksanakan tindakan perbaikan
Jawab:
A. benar, merupakan alasan utama organisasi mengharapkan tingkat pelayanan yang tinggi kepada pelanggannya
42. Fungsi pokok yang mendasari administrasi persediaan antara lain ...
1. persediaan pengaman
2. spesialisasi wilayah
3. decoupling
Jawab:
D. benar, fungsi pokok administrasi persediaan persediaan pengaman, spesialisasi wilayah dan decoupling
43. Kelebihan tipe sentralisasi dalam struktur organisasi pembelian, antara lain ...
1. menjamin ketepatan pembelian barang/jasa
2. mendukung acara standarisasi barang/jasa
3. mengurangi biaya tambahan
Jawab:
C. benar, mendukung acara standarisasi barang dan mengurangi biaya suplemen merupakan kelebihan sentralisasi
44. Kondisi yang mendorong suatu organisasi menyewa barang/jasa dalam operasi logistiknya ialah ...
1. perkembangan teknologi peralatan tertentu sangat cepat
2. jangka waktu diharapkan suatu alat tidak lama
3. kelangsungan penggunaan peralatan untuk operasi logistik terjamin
Jawab:
A. benar, motif organisasi melaksanakan penyewaan ialah perkembangan teknologi sangat cepat dan jikalau jangka waktu diharapkan alat tersebut tidak lama
45. Aktivitas pokok dalam material handling ialah ...
1. pengadaan
2. pemindahan
3. penyimpanan
Jawab:
C. benar, penyimpanan dan pemindahan merupakan kegiatan pokok material handling
Download Soal Ujian UT Ilmu Administrasi Negara ADPU4534
Soal Ujian UT Ilmu Administrasi Negara ADPU4338 Manajemen Proyek Beserta Kunci Jawaban
Download Soal Ujian UT Ilmu Administrasi Negara ADPU4338
Sekian Bank Soal Ujian UT Ilmu Administrasi Negara
Post a Comment
Post a Comment