-->

Soal Ujian Ut Ilmu Pemerintahan Semester 4 Dengan Kunci Jawaban

Soal Ujian UT (Universitas Terbuka) Ilmu Pemerintahan - Berikut admin bagikan mengenai kumpulan bank soal UT Non Pendas khususnya untuk Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan Semester 4 dengan Kunci Jawaban dan pembahasan lengkap dan gratis.

Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan Semester 4 lainnya:
  • Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan IPEM4317 Birokrasi Indonesia
  • Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan IPEM4214 Sistem Pemerintahan Daerah
  • Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan IPEM4323 Legislatif Indonesia
  • Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan IPEM4309 Manajemen Konflik
  • Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan EKMA4214 Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan IPEM4427 Sosiologi Pemerintahan

Berikut admin bagikan mengenai kumpulan bank soal UT Non Pendas khususnya untuk Soal Ujian Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan Semester 4 dengan Kunci Jawaban

Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan IPEM4317

1. Konsep birokrasi maupun permasalahannya dibahas pertama kali oleh Negara ....
A. Belanda
B. Amerika
C. Inggris
D. Perancis
Jawab:
D. Jawaban benar lantaran Konsep birokrasi maupun permasalahannya dibahas pertama kali oleh Negara Perancis

2. Menurut Weber, birokrasi tidak sama dengan demokrasi, di mana demokrasi ialah merupakan perwujudan orang-orang yang menjadi pejabat yang
A. dipilih oleh orang banyak
B. ditunjuk oleh pimpinan
C. diangkat oleh pejabat
D. mempunyai kewenangan sehingga sanggup mengangkat dirinya sendiri
Jawab:
A. Jawaban benar lantaran Menurut Weber, birokrasi tidak sama dengan demokrasi, di mana demokrasi ialah merupakan perwujudan orang-orang yang menjadi pejabat yang dipilih oleh orang banyak

3. Sesuai dengan konsep birokrasi sebagai organisasi, maka biar pekerjaan tidak menyimpang dibutuhkan adanya ….
A. anggaran
B. hasil kegiatan
C. kelompok kerja
D. standar kerja
Jawab:
D. Jawaban benar lantaran standar kerja dibutuhkan dalam birokrasi biar pekerjaan sesuai dengan tujuan serta tidak menyimpang dari ketentuan

4. E.Strauss memperlihatkan tanda-tanda birokrasi yang tidak efisien dalam hal ….
A. Kurang inisiatif dan lamban dalam mengerjakan urusan pekerjaan
B. tidak percaya preseden
C. Luas wilayah
D. Anggaran serta perencanaan yang tidak matang
Jawab:
A. Jawaban benar lantaran karena kurang inisiatif dan lamban dalam mengerjakan urusan pekerjaan berdasarkan E. Strauss memperlihatkan tanda-tanda birokrasi yang tidak efisien

5. De Gourney dan Mil menyatakan bahwa birokrasi sebagai kekuasaan yang dijalankan oleh pejabat, bahwasanya ialah ….
A. Birokrasi yang bahwasanya merupakan arti kekuasaan suatu kelas
B. Kekuasaan untuk kebaikan seluruh rakyat
C. Kekuasaan yang dicari-cari oleh pejabat
D. Kekuasaan yang diperoleh oleh rakyat
Jawab:
B. Jawaban yang benar lantaran Birokrasi bahwasanya ialah kekuasaan yang ditujukan untuk kebaikan seluruh rakyat


6. Yang termasuk ciri manajemen birokratik antara lain ialah ….
A. Struktur organisasi non formal
B. kerja tidak tetap
C. Impersonalitas
D. Non keahlian
Jawab:
C. Jawaban benar lantaran Impersonalitas merupakan ciri manajemen birokratik

7. Friedrich dan T. Cole dalam pandangannya menyampaikan bahwa eksistensi birokrasi bahwasanya terdapat ….
A. hanya dalam organisasi modern
B. di dalam konteks pemerintah daerah
C. di dalam maupun di luar organisasi pemerintahan
D. dalam keadaan tidak pernah stabil
Jawab:
C. Jawaban benar lantaran Birokrasi terdapat di instansi pemerintahan maupun non pemerintahan

8. Weber mengidentifikasi legitimasi otoritas yang dimiliki penguasa yaitu ….
A. otoritas karismatik, tradisi, dan legal
B. senioritas, otoriter, dan mutlak
C. tunggal, otoriter, dan legal
D. legal, otoriter, dan senioritas
Jawab:
A. Jawaban benar lantaran Weber mengidentifikasi legitimasi otoritas yang dimiliki penguasa yaitu otoritas karismatik, tradisi, dan legal

9. Birokrasi berdasarkan Weber ialah ....
A. pejabatnya dipilih
B. pejabatnya berasal dari masyarakat umum
C. pejabatnya diangkat dan haknya menempel pada dirinya
D. pejabatnya tidak punya hak
Jawab:
C. Jawaban benar lantaran Birokrasi berdasarkan Weber ialah pejabatnya diangkat dan haknya menempel pada dirinya

10. Jalur kemudian lintas perdagangan dimasa kerajaan Sriwijaya ialah selat ….
A. Sunda
B. Bali
C. Lombok
D Malaka
Jawab:
D. Jawaban benar lantaran jalur kemudian lintas perdagangan di masa Kerajaan Sriwijaya ialah Selat Malaka

11. Kemunduran kerajaan Majapahit dimulai pada kala ke ….
A. 15
B. 16
C. 17
D. 18
Jawab:
C. Jawaban benar lantaran memang Kemunduran kerajaan Majapahit dimulai pada kala ke 17

12. Apabila raja Kutai berhalangan dalam menjalankan tugasnya maka yang berhak mewakili ialah ….
A. majelis
B. Patih
C. Menteri
D. Mangkubumi
Jawab:
D. Jawaban benar lantaran apabila raja Kutai berhalangan dalam menjalankan tugasnya maka yang berhak mewakili ialah mangkubumi.

13. Pada masa kerajaan Mataram, pangkat seorang pegawai didasarkan atas ….
A. lamanya mengabdi kepada raja
B. jumlah bunyi yang diperoleh dalam pemilihan
C. kemampuan berperang dengan memakai senjata
D. jumlah orang yang ada dibawah yuridiksinya
Jawab:
D. Jawaban benar lantaran pada masa kerajaan Mataram, pangkat seorang pegawai didasarkan atas jumlah orang yang ada dibawah yuridiksinya

14. Istilah pangreh praja berarti orang pribumi yang berkuasa di wilayahnya, berdasarkan ….
A. sekelompok pemberontak kerajaan
B. orang yang mempunyai kedudukan khusus di kerajaan
B. orang yang mempunyai kedudukan khusus di kerajaan
D. orang yang memerintah dalam daerahnya secara otoriter
Jawab:
A. Jawaban salah lantaran istilah pangreh praja berarti orang pribumi yang berkuasa di wilayahnya, berdasarkan hirarki atasan-bawahan

15. Sikap para pejabat Hindia Belanda mengenai kebijakan etis yang dilakukan oleh para pembaru pada umumnya ….
A. membiarkan perbedaan antar pribumi dan eropa
B. tidak baiklah kebijakan etis
C. sangat baiklah kebijakan etis
D. mendorong kerajaan di Indonesia supaya membantu pelaksanaannya
Jawab:
A. Jawaban benar lantaran Sikap para pejabat Hindia Belanda mengenai kebijakan etis yang dilakukan oleh para pembaru pada umumnya membiarkan perbedaan antarpribumi dengan Eropa

16. Program jangka panjang dalam rangka melindungi serta berbagi hasil yang diperoleh dari pengambilalihan (misalnya harta benda atau kekayaan) yang dilakukan oleh kelompok strategis sanggup disebut sebagai….
A. tindakan strategis
B. misi strategis
C. jadwal terencana
D. jadwal nasional
Jawab:
A. Jawaban benar lantaran jadwal jangka panjang dalam rangka melindungi hasil yang diperoleh dari pengambilalihan yang dilakukan kelompok strategis disebut dengan tindakan strategis.

17. Kegiatan oleh sekelompok orang yang merupakan rujukan dari kelompok strategis ialah ….
A. kelompok arisan ibu-ibu RT
B. kelompok pengajian di masjid
C. kelompok paduan bunyi di gereja
D. Persatuan Guru Seluruh Indonesia (PGRI)
D Jawaban yang benar dimana Persatuan Guru Seluruh Indonesia (PGRI) merupakan rujukan dari kelompok strategis

18. Pembentukan kelas-kelas dalam kelompok strategis akan mengakibatkan solidaritas kelompok strategis dalam rangka penguatan kelompok akan menjadi ….
A. gampang diatur
B. terarah
C. terancam
D. disiplin
Jawab:
C. Jawaban yang benar dimana Solidaritas kelompok strategis dalam rangka penguatan kelompok akan menjadi terancam bila terjadi pembentukan kelas-kelas dalam kelompok strategis

19. Perubahan-perubahan kuantitatif atau kualitatif dalam kelompok strategis sanggup digunakan sebagai alat analis bagi kelompok strategis, dalam rangka ….
A. mengetahui jumlah kelompok strategis secara tepat
B. melaksanakan perbandingan terhadap banyak sekali macam tipe masyarakat
C. menghindari munculnya masalah
D. pimpinan sanggup mengambil keputusan secara cepat
Jawab:
B. Jawaban yang benar dimana perubahan2 kuantitatif atau kualitatif dalam kelompok strategis sanggup digunakan sebagai alat analis bagi kelompok strategis, dalam rangka melaksanakan perbandingan terhadap banyak sekali macam tipe masyarakat.

20. Tingkat mobilitas dari kelas yang dikuasai (Nai) ke kelas yang berkuasa (Phrai) di Bangkok, Thailand pada masa lampau ialah ….
A. sangat mudah
B. sangat sulit
C. tergantung penguasa
D. tergantung ketua adat
Jawab:
B. Jawaban yang benar dimana tingkat mobilitas dari kelas yang dikuasai ke kelas yang berkuasa di Bangkok, Thailand pada masa lampau sangat sulit

21. Kelompok strategis yang saling menguatkan satu sama lain di kala pertengahan di Eropa ialah kaum ….
A. kaum pendeta dan panglima perang
B. tuan tanah dan pendeta
C. kaum feodal dan pendeta
D. panglima perang dan kaum feodal
Jawab:
C. Jawaban yang benar dimana kelompok strategis yang saling menguatkan di kala pertengahan di Eropa ialah kaum feodal dan pendeta

22. Aspek-aspek yang terdapat dalam tindakan strategis antara lain ialah ….
A. koalisi antara pihak-pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pemerintahan
B. kegiatan oleh masyarakat umum
C. tindakan yang diarahkan untuk mencapai tujuan penting yang lebih kompleks
D. tindakan yang direncanakan untuk jangka pendek
Jawab:
C. Jawaban benar dimana aspek-aspek yang terdapat dalam tindakan strategis antara lain ialah tindakan yang diarahkan untuk mencapai tujuan penting yang lebih kompleks

23. Di Hohenlohe, Jerman pada tamat tahun 1960, jadwal tunjangan industri yang diberikan kepada para petani dianggap sangat menguntungkan lantaran bila para petani tetap bekerja di pabrik akan ….
A. penuh dengan polusi yang merusak paru-paru
B. penuh dengan polusi yang merusak paru-paru
C. tanpa ada kepastian bekerja, serta ada bahaya mengenai kelangsungan pekerjaannya
D. terdapat diskriminasi kerja yang sangat mengganggu konsentrasi bekerja
Jawab:
C. Jawaban benar dimana jadwal tunjangan industri yang diberikan kepada para petani dianggap sangat menguntungkan lantaran bila para petani tetap bekerja di pabrik akan tanpa ada kepastian bekerja, serta ada bahaya mengenai kelangsungan pekerjaannya

24. Pada masa kolonial, pada umumnya abdnegara manajemen negara berfungsi sebagai ….
A. pelayan masyarakat
B. biro pengambilalihan pendapatan
C. pedagang
D. pengusaha
Jawab:
B. Jawaban benar dimana Pada masa kolonial, pada umumnya abdnegara manajemen negara berfungsi sebagai biro pengambilalihan pendapatan

25. Suatu penemuan atau penemuan gres sanggup dianggap sebagai …..
A. kekayaan kekal bangsa
B. munculnya kemungkinan tragedi masyarakat
C. sumber perubahan sosial D. hasil kerja pimpinan negara
Jawab:
C. Jawaban benar lantaran suatu penemuan atau penemuan gres sanggup dianggap sebagai sumber perubahan sosial

26. Krisis ekonomi yang berlangsung pada sekitar tahun 1950 an di Indonesia, pada umumnya menyangkut ….
A. Penurunan kinerja birokrat
B. inflasi tinggi
C. penurunan ekspor komoditas karet
D. peningkatan jumlah pegawai negeri sipil atau tentara
B. balasan benar penurunan ekspor komoditas karet

27. Contoh dari keterbukaan atau kebebasan yang terjadi di Yogyakarta antara tahun 1946 – 1957 ialah ….
A. eksistensi dewan perwakilan rakyat desa
B. dibukanya kesempatan berdemonstrasi secara bebas
C. kebebasan berdagang di jalan utama
D. hubungan yang serasi antara raja dengan pemerintah daerah
Jawab:
A. Jawaban benar dimana rujukan dari keterbukaan atau kebebasan yang terjadi di Yogyakarta antara tahun 1946 – 1957 ialah eksistensi dewan perwakilan rakyat desa

28. Pada awal kemerdekaan, Indonesia mengadopsi pemikiran barat dengan memakai sistem ….
A. demokrasi parlementer
B. demokrasi terpimpin
C. komunisme
D. Pancasila
Jawab:
A. Jawaban benar dimana pada awal kemerdekaan, Indonesia mengadopsi pemikiran barat dengan memakai sistem demokrasi parlementer

29. Penyelenggaraan jadwal transmigrasi dari Jawa ke Lampung mengakibatkan terjadinya percampuran bentuk kegiatan pekerjaan pada kedua masyarakat. Namun warga transmigrasi tetap menyenangi budaya dan selalu mengadakan pertunjukan budayanya sendiri. Hal tersebut memperlihatkan ….
A. pemerintah bisa menyelenggarakan jadwal transmigrasi
B. jadwal transmigrasi sanggup mempererat persatuan
C. jadwal transmigrasi sangat gampang dilaksanakan
D. bentuk masyarakat transmigrasi berubah, namun nilai sosial yang usang masih melekat
Jawab:
D. Jawaban yang benar yaitu walau terjadi percampuran nilai sosial masyarakat transmigrasi dengan warga asli, namun warga transmigrasi tetap menyenangi budayanya yang ditunjukkan dengan perubahan bentuk masyarakat transmigrasi namun nilai sosial yang usang masih melekat

30. Yang berperan aktif sebagai pelaksana keputusan-keputusan yang dirumuskan oleh pemimpin politik ialah ….
A. pengusaha
B. partai politik
C. militer
D. birokrasi
Jawab:
D. Jawaban yang benar lantaran Birokrasi merupakan unsur yang berperan aktif sebagai pelaksanan keputusan yang dirumuskan pemimpin politik

31. Pembangunan yang manusiawi harus memperhatikan konsep ….
A. padat modal , sistem , teknologi maju
B. industri, padat modal, mesin
C. Kebebasan, persamaan, dan partisipasi
D. Pertumbuhan tinggi, budaya barat, dan kapitalisme
Jawab:
C. Jawaban benar , lantaran pembangunan yang manusiawi menyangkut kekebasan, persamaan. dan partisipasi

32. Penerapan demokrasi didasarkan pada nilai-nilai dan martabat manusia, di mana dari nilai-nilai yang ada tersebut, nilai yang dianggap mempunyai nilai tertinggi ialah ….
A. kebaikan
B. keindahan
C. kekayaan
D. kemiskinan
A Jawaban yang benar lantaran kebaikan merupakan nilai tertinggi dalam penerapan demokrasi lantaran berafiliasi dengan nilai dan martabat kemanusiaan

33. Reformasi birokrasi merupakan upaya untuk memperlancar pelayanan publik dengan memperbaiki kondisi birokrasi yang meliputi aspek ….
A. kelembagaan maupun kerjasama
B. kelembagaan maupun kultural
C. perencanaan maupun teknologi maju
D. informasi maupun penganggaran
Jawab:
B. Jawaban yang benar dimana kelembagaan dan kultural merupakan kondisi birokrasi dalam upaya reformasi birokrasi untuk memperlancar pelayanan publik

34. Setiap pegawai yang mempunyai kecakapan dan keahlian diberi kesempatan untuk menduduki jabatan yang kosong dalam suatu unit organisasi, di dalam sistem kepegawaian diartikan sebagai ….
A. sistem karir tertutup
B. jenjang kepangkatan
C. prospek berkarir
D. sistem karir terbuka
Jawab:
D. Jawaban yang benar dimana sistem karir terbuka merupakan sistem kepegawaian yang menyangkut kesempatan pegawai untuk menduduki jabatan yang kosong dalam suatu unit organisasi

35. Penerapan good governance sebagai konsep gres sangat tergantung ….
A. pimpinan pemerintahan
B. komitmen moral para pelaksana
C. tunjangan asing
D. kemauan pengusaha
Jawab:
B. Jawaban benar dimana penerapan good governance sebagai konsep gres sangat tergantung pada komitmen moral para pelaksana

36. Model kognitif yang didasarkan pada birokrasi tradisional pada umumnya ….
A. selalu bersumber pada budaya asing
B. tidak mempedulikan keselarasan sosial
C. mentabukan konflik
D. mengikuti arus modernisasi barat
Jawab:
C. Jawaban yang benar dimana model kognitif yang didasarkan pada birokrasi tradisional pada umumnya mentabukan konflik

37. Orientasi birokrasi yang selalu melihat ke pimpinan atas, mengakibatkan ….
A. praktek patrimonialisme pada birokrasi di segala bidang
B. pemerintah tidak sanggup menjangkau seluruh wilayah
C. partisipasi masyarakat menjadi kurang
D. penguasa tidak tahan kritik
Jawab:
A. Jawaban yang benar dimana orientasi birokrasi yang selalu melihat ke pimpinan atas, mengakibatkan praktek patrimonialisme pada birokrasi di segala bidang

38. Salah satu syarat untuk mencegah munculnya neotradisionalisme birokrasi berdasarkan Priyo Budi Santosa ialah ….
A. melarang segala bentuk budpekerti budaya yang sudah tidak sesuai
B. mentrasfer nilai demokrasi barat
C. dibutuhkan transformasi nilai birokrasi modern yang organis-adaptif
D. menggali nilai-nilai budaya sendiri
Jawab:
C. Jawaban yang benar dimana untuk mencegah munculnya neotradisionalisme birokrasi berdasarkan Priyo Budi Santosa dibutuhkan transformasi nilai birokrasi modern yang organis-adaptif

39. Menurut E.Strauss, tanda-tanda birokrasi yang terlalu banyak memakai formulir memberi kesan bahwa birokrasi ….
A. mempunyai pimpinan yang tidak komunikatif
B. sama dengan urusan yang gampang dan lancar
C. berafiliasi dengan uang jasa pelayanan
D. sangat tergantung dengan kertas
Jawab:
C. Jawaban benar dimana berdasarkan E.Strauss, tanda-tanda birokrasi yang terlalu banyak memakai formulir memberi kesan bahwa birokrasi berafiliasi dengan uang jasa pelayanan

40. Terjadinya korupsi dan nepotisme terdapat di….
A. negara industri
B. negara agraris
C. negara maju
D. negara berkembang dan negara maju
Jawab:
D. Jawaban yang benar dimana terjadinya korupsi dan nepotisme terdapat di negara berkembang dan negara maju

41. Faktor utama yang menjadi penyebab tindakan korupsi pada umumnya adalah….
A. kecemburuan sosial
B. ahlak pegawai yang buruk
C. sikap atasan yang kasar
D. faktor ekonomi
Jawab:
B. Jawaban yang benar dimana budbahasa pegawai yang jelek merupakan faktor utama penyebab tindakan korupsi

42. Myrdal membahas permasalahan uang pelicin ditinjau dari aspek….
A. penyebab terjadinya uang pelicin
B. besarnya uang pelicin
C. siapa yang mendapatkan uang pelicin
D. siapa yang memperlihatkan uang pelicin
Jawab:
A. Jawaban yang benar dimana Myrdal membahas permasalahan uang pelicin ditinjau dari aspek penyebab terjadinya uang pelicin

43. Seorang pegawai yang mengubah angka pada kuitansi pembayaran dengan nilai lebih tinggi dari yang seharusnya termasuk tindakan….
A. korupsi
B. kolusi
C. nepotisme
D. substitusi
Jawab:
A. Jawaban yang benar dimana seorang pegawai yang mengubah angka pada kuitansi termasuk tindakan korupsi

44. Di negara sedang berkembang pada umumnya …..
A. banyak memakai teknologi maju
B. tidak banyak lapangan pekerjaan
C. ekonomi sangat maju
D. banyak tenaga terdidik
Jawab:
B. Jawaban benar dimana di negara sedang berkembang pada umumnya tidak banyak lapangan pekerjaan

45. Birokrasi di negara berkembang terkait dengan aspek tradisional di mana yang masih sering digunakan dalam pengangkatan jabatan ialah alasan….
A. pendidikan
B. anggaran
C. patrimonial
D. kondisional
Jawab:
C. Jawaban benar dimana birokrasi di negara berkembang terkait dengan aspek tradisional di mana yang masih sering digunakan dalam pengangkatan jabatan ialah alasan patrimonial


Selengkapnya, untuk mendapatkan file .doc dokumen .pdf nya klik disini


Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan IPEM4427

1. Konsep kesosialan insan diartikan sebagai ketergantungan dan keterlibatan individu insan dengan….
a. pekerjaan
b. kesenian
c. masyarakat
d. individu
Jawab:
c. benar

2. Sosiologi pemerintahan penting untuk dipelajari oleh insan karena....
a. pemerintah sanggup bertindak sendiri untuk mencapai kemajuan masyarakat
b. masyarakat mempunyai kebutuhan yang harus dipenuhi
c. impian pemerintah tidak perlu disinkronkan dengan kepentingan masyarakat
d. masyarakat mempunyai karakteristik yang gampang diketahui
Jawab:
b. benar

3. Selain aspek lembaga sosial dan masyarakat, maka ilmu sosiologi mempelajari aspek interaksi sosial, terutama menyangkut tentang....
a. sikap masyarakat yang berada dalam lingkungan wilayah pemerintah lokal
b. hubungan yang terjadi dalam masyarakat contohnya kerja sama, akomodasi, persaingan, dan konflik
c. tujuan hidup dan kehidupan sosial masyarakat
d. masyarakat yang masih dianggap belum modern
Jawab:
b. benar

4. Unit analisis sosiologi pemerintahan adalah....
a. negara dan partai politik
b. negara dan budpekerti istiadat
c. masyarakat dan kelompok
d. masyarakat dan pemerintahan
Jawab:
d. benar

5. Menurut pendekatan pluralis, kekuasaan dipandang sebagai....
a. medium yang sah dalam memperebutkan kekuasaan
b. mekanisme yang tidak sah dan cenderung mengutamakan kelompok tertentu
c. terpusat di tangan kelompok-kelompok tertentu yang tidak sanggup dipertanggungjawabkan
d. bersifat polisentris dan tersebar di antara banyak sekali kelompok kepentingan
Jawab:
d. benar

6. Yang dimaksud pemerintahan dalam arti sempit adalah....
a. legislatif
b. eksekutif
c. yudikatif
d. federatif
Jawab:
b. benar

7. Civil society yang baik dan tangguh sanggup terealisasi pada suatu....
a. pemerintahan negara yang otoriter
b. pemerintahan yang stabil dan demokratis
c. negara yang dipimpin oleh sekelompok elit yang berkuasa
d. kerajaan kecil dengan jumlah penduduk sedikit
Jawab:
b. benar

8. Sumber kewenangan yang dimiliki Kaisar Hirohito dalam memerintah Jepang berasal dari....
a. tradisi
b. dewa
c. kualitas pribadi
d. konstitusi
Jawab:
b. benar

9. Dalam hubungan aliansi bersama antara pemerintah-bisnis-nirlaba maka pemerintah bertindak sebagai....
a. pemain utama yang mendominasi hubungan yang ada
b. penengah bagi pemain-pemain yang terlibat dalam aliansi
c. tubuh yang berwenang membuat kebijakan publik yang aspiratif
d. pengikut aliansi sehingga tidak mengganggu kegiatan kerja sama yang ada
Jawab:
c. benar

10. Masyarakat sipil (civil society) mempunyai posisi yang kuat ketika berhadapan dengan negara apabila masyarakat memiliki....
a. pasukan bersenjata
b. lembaga yang mempunyai kekuasaan
c. kemampuan melobi pemerintah
d. kemandirian yang tinggi di bidang finansial dan sarana/prasarana
Jawab:
d. benar

11. Bentuk lunak dari kekuasaan sanggup berupa....
a. kewenangan
b. kekerasan
c. manipulasi
d. pengaruh
Jawab:
d. benar

12. Tipe kekuasaan yang memperlihatkan kesempatan pada semua orang untuk mendapatkan kesempatan naik ke lapisan kekuasaan yang lebih tinggi dengan ditentukan oleh faktor kemampuan dan keberuntungan, ialah tipe....
a. demokrasi
b. kasta
c. oligarki
d. pluralis
Jawab:
a. benar

13. Seseorang yang mempunyai kekuasaan namun tidak mempunyai hak untuk mengeluarkan perintah atau kebijakan tertentu, ialah lantaran ia tidak mempunyai....
a. kharisma
b. wewenang
c. kekuasaan
d. keahlian
Jawab:
b. benar

14. Kekuasaan substansial antara lain diperoleh melalui mekanisme ….
a. pemilihan umum
b. kharisma
c. paksaan
d. keturunan
Jawab:
b. benar

15. Kekuasaan politik seseorang telah menerima legitimasi bila ia telah menerima akreditasi dan penerimaan dari....
a. pemerintah
b. pejabat
c. individu
d. masyarakat
Jawab:
d. benar

16. Tipe legitimasi yang memakai pendekatan primordial dengan mengatasnamakan impian leluhur dalam melanggengkan legitimasi, ialah legitimasi ….
a. prosedural
b. ideologis
c. personal
d. tradisional
Jawab:
d. benar

17. Pendekatan yang digunakan untuk mendapatkan atau memperhatikan legitimasi dengan cara memanipulasi moral, kepercayaan, tradisi dan nilai-nilai budaya dalam bentuk upacara kenegaraan, parade tentara, atau pemberian penghargaan, ialah pendekatan ….
a. material
b. prosedural
c. ideologis
d. simbolis
Jawab:
d. benar

18. Situasi konflik dimana pihak yang berkonflik masih mengadakan kompromi dan bekerja sama ialah termasuk jenis situasi konflik....
a. menang-kalah
b. menang-menang
c. kalah-kalah
d. kalah-menang-kalah
Jawab:
b. benar

19. Dalam organisasi negara, konflik vertikal ialah mengenai hubungan antara....
a. rakyat dengan rakyat
b. pemerintah tempat yang satu dengan pemerintah tempat lainnya
c. organisasi yang satu dengan organisasi yang lainnya
d. pemerintah dengan rakyat
Jawab:
d. benar

20. Konflik yang tidak mengancam eksistensi sistem politik yang biasanya disalurkan lewat mekanisme penyelesaian konflik yang disepakati bersama dalam konstitusi termasuk konflik....
a. positif
b. negatif
c. khusus
d. umum
Jawab:
a. benar

21. Apabila intensitas interaksi sosial tinggi maka kemungkinan konflik....
a. semakin dihindari
b. tak sanggup dihindari
c. sulit diatasi
d. sanggup ditekan
Jawab:
d. benar

22. Kendatipun birokrasi di Indonesia sebelumnya sudah mengenal sistem birokrasi kerajaan, namun proses pertumbuhan dan perkembangan birokrasi di Indonesia banyak dipengaruhi oleh birokrasi....
a. Portugal
b. Jepang
c. Belanda
d. Inggris
Jawab:
c. benar

23. Menurut Haque, Pang, Norris dan Long, salah satu langkah dalam reformasi birokrasi ialah transisi dalam standar normatif. Dalam konteks ini, langkah yang dilakukan adalah....
a. pembiasaan tata aturan aturan yang berkaitan dengan birokrasi dan pembenahan perangkat institusi birokrasi
b. mengubah fungsi dan kiprah birokrasi yang dibentuk
c. menggeser nilai normatif birokrasi dari semboyan netralitas, dedikasi, dan perwakilan, ke arah semboyan produktivitas, efisiensi, dan pelayanan
d. perubahan sikap dan fokus perhatian dari institusi dan pegawai birokrasi
Jawab:
c. benar

24. Kepemimpinan yang memperlihatkan kesempatan kepada bawahan untuk berpartisipasi merupakan gaya kepemimpinan....
a. otokratis
b. demokratis
c. kendali bebas
d. partisipatif
Jawab:
b. benar

25. Siklus kebijakan publik dimaksudkan untuk....
a. membatasi ruang lingkup kebijakan publik
b. membatasi mekanisme kebijakan dan kreativitas atau inovasi
c. memahami dan menyederhanakan kompleksitas permasalahan kebijakan
d. memahami implementasi kebijakan publik
Jawab:
c. benar

26. Pengertian pokok dari perencanaan kebijakan publik berafiliasi dengan....
a. segala macam persoalan-persoalan
b. problem yang tidak harus terkait dengan masalah-masalah publik
c. Iingkup problem yang sangat spesifik dan sempit
d. proses merumuskan keputusan yang diambil untuk mengatasi perkara publik
Jawab:
d. benar

27. Menurut David Held, prinsip demokrasi dengan kekuasaan berlebihan dan negara yang tidak responsif, terkandung dalam model demokrasi….
a. pluralisme
b. partisipatif
c. protektif
d. deliberatif
Jawab:
a. benar

28. Kesetaraan politik lokal yang muncul akhir pelaksanaan desentralisasi disebabkan....
a. kedudukan pemain film politik lokal yang setara
b. pertanggungjawaban publik yang jelas
c. partisipasi masyarakat luas
d. kekuasaan politik lokal terdistribusi
Jawab:
a. benar

29. Mekanisme sosiologis dalam pelaksanaan otonomi tempat yang dianggap kurang penting, ditunjukkan dengan adanya....
a. fokus implementasi yang berorientasi pada institusi formal
b. kurangnya dukungan lembaga-lembaga pemerintahan
c. tidak adanya undang-undang yang mengaturnya
d. tunjangan dana yang tidak mencukupi dari pusat
Jawab:
a. benar

30. Untuk masa mendatang kiprah pemerintah harus sudah bergeser dari fungsi menjalankan segala macam fungsi pemerintah menjadi fungsi....
a. kewenangan
b. otoriter
c. fasilitas dan pelayanan masyarakat
d. legalitas
Jawab:
c. benar

31. Program Keluarga Berencana (KB) pada masa kemudian merupakan rujukan yang baik dengan memakai pendekatan sosiologis terutama dalam aspek....
a. partisipasi masyarakat
b. penggunaan anggaran yang kecil
c. kemauan pemerintah untuk membuat suatu jadwal pembangunan
d. pendekatan pemerintah kepada masyarakat kelas bawah
Jawab:
a. benar

32. Peristiwa yang mempunyai andil besar terhadapa kelahiran sosiologi ialah Revolusi
1. Industri di Inggris
2. Moral di Afganistan
3. Sosial di Perancis
a. balasan 1 dan 2 benar
b. balasan 1 dan 3 benar
c. balasan 2 dan 3 benar
d. balasan 1, 2, dan 3 benar
Jawab:
b. benar

33. Yang menjadi subunit analisis dari sosiologi adalah....
1. keluarga
2. keuangan keluarga
3. lembaga politik
a. balasan 1 dan 2 benar
b. balasan 1 dan 3 benar
c. balasan 2 dan 3 benar
d. balasan 1, 2, dan 3 benar
Jawab:
b. benar

34. Salah satu cara pengendalian sosial dalam masyarakat ialah diberlakukannya....
1. hukuman aturan oleh institusi
2. hukuman sosial oleh masyarakat
3. peraturan hukum
a. balasan 1 dan 2 benar
b. balasan 1 dan 3 benar
c. balasan 2 dan 3 benar
d. balasan 1, 2, dan 3 benar
Jawab:
a. benar

35. Menurut Miriam Budiardjo, cakupan kekuasaan politik ialah kekuasaan yang sanggup mempengaruhi....
1. tingkah laris orang secara pribadi
2. kebijakan umum
3. ketaatan masyarakat
a. balasan 1 dan 2 benar
b. balasan 1 dan 3 benar
c. balasan 2 dan 3 benar
d. balasan 1, 2, dan 3 benar
Jawab:
c. benar

36. Tipe-tipe konflik yang mungkin terjadi di dalam masyarakat ialah konflik....
1. pribadi
2. rasial dan kebudayaan
3. antarkelas sosial
a. balasan 1 dan 2 benar
b. balasan 1 dan 3 benar
c. balasan 2 dan 3 benar
d. balasan 1, 2, dan 3 benar
Jawab:
d. benar

37. Menurut para ahli, terdapat mainstream pemikiran wacana lahirnya birokrasi, yaitu birokrasi sebagai alat....
1. kekuasaan
2. kepentingan
3. kebutuhan rakyat
a. balasan 1 dan 2 benar
b. balasan 1 dan 3 benar
c. balasan 2 dan 3 benar
d. balasan 1, 2, dan 3 benar
Jawab:
b. benar

38. Menurut Howlett dan Ramesh, implementasi kebijakan dipengaruhi oleh....
1. pangkal tolak permasalahan
2. ukuran kelompok sasaran kebijakan
3. tingkat keakutan perkara pemerintah
a. balasan 1 dan 2 benar
b. balasan 1 dan 3 benar
c. balasan 2 dan 3 benar
d. balasan 1, 2, dan 3 benar
Jawab:
d. benar

39. Elemen-elemen penting dalam praktek penyelenggaraan good governance adalah....
1. negara donor
2. masyarakat sipil
3. sektor publik
a. balasan 1 dan 2 benar
b. balasan 1 dan 3 benar
c. balasan 2 dan 3 benar
d. balasan 1, 2, dan 3 benar
Jawab:
c. benar

40. Korupsi yang dilakukan oleh aparatur pemerintah pada umumnya berbentuk....
1. pungutan
2. korupsi waktu
3. penyuapan
a. balasan 1 dan 2 benar
b. balasan 1 dan 3 benar
c. balasan 2 dan 3 benar
d. balasan 1, 2, dan 3 benar
Jawab:
c. benar

41. Menurut Webler, Kastenholz dan Renn, keuntungan dari partisipasi publik dalam proses pengambilan keputusan adalah....
1. peningkatan kopetensi pembuat keputusan melalui pengembangan pembuatan kebijakan yang berkualitas
2. memperlihatkan legitimasi yang lebih besar terhadap keputusan yang dibuat
3. memperlihatkan gambaran yang positif sebagai masyarakat yang demokratis
a. balasan 1 dan 2 benar
b. balasan 1 dan 3 benar
c. balasan 2 dan 3 benar
d. balasan 1, 2, dan 3 benar
Jawab:
d. benar

42. Paradigma usang manajemen pemerintahan meliputi aspek-aspek antara lain ......
1)hirarki
2)prosedur yang kaku
3)permanen dan stabilitas
a. balasan 1 dan 2 benar
b. balasan 1 dan 3 benar
c. balasan 2 dan 3 benar
d. balasan 1, 2, dan 3 benar
Jawab:
d. benar

43. Secara sosiologis, implikasi negatif dari pengelolaan pemerintahan melalui e-government antara lain....
1. keterkaitan emosi antara pihak yang melayani dengan pihak yang dilayani mengalami penurunan
2. profesionalisme pelayanan publik akan menurun
3. tingkat pengetahuan masyarakat terhadap pihak-pihak yang melayani akan menurun
a. balasan 1 dan 2 benar
b. balasan 1 dan 3 benar
c. balasan 2 dan 3 benar
d. balasan 1, 2, dan 3 benar
Jawab:
b. benar

44. Unsur pokok dalam modal sosial antara lain....
1. norma sosial
2. kepercayaan
3. tindakan proaktif
a. balasan 1 dan 2 benar
b. balasan 1 dan 3 benar
c. balasan 2 dan 3 benar
d. balasan 1, 2, dan 3 benar
Jawab:
d. benar

45. Dari segi sosiologi pemerintahan, lembaga-lembaga yang sanggup mendorong demokratisasi, antara lain lembaga....
1. pendidikan
2. sosial
3. keluarga
a. balasan 1 dan 2 benar
b. balasan 1 dan 3 benar
c. balasan 2 dan 3 benar
d. balasan 1, 2, dan 3 benar
Jawab:
d. benar

Selengkapnya, silahkan anda klik disini

Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan EKMA4214

1. Jika sebuah perusahaan ingin mencegah pengelolaan SDM yang secara mekanis hanya akan menghasilkan output yang seragam maka dalam mengelola SDM harus memperhatikan prinsip ….
A. berorientasi pada tujuan
B. berorientasi pada layanan
C. menaati segala peraturan perundangan yang berlaku
D. melibatkan sebanyak mungkin staf
Jawab:
B. Jawaban Anda benar

2. Pada tahun 1900-an terjadi perubahan teknologi secara drastis, perkembangan organisasi, dan munculnya serikat buruh yang berusaha memperjuangkan kepentingan dan kesejahteraan buruh mengakibatkan ….
A. dibentuknya serikat Pekerja Seluruh Indonesia
B. dibentuknya serikat Buruh Seluruh Indonesia
C. dibentuknya departemen personalia
D. campur tangan pemerintah dalam pengelolaan perusahaan
Jawab:
C. Jawaban Anda benar

3. Peran manajer sumber daya insan pada awal perkembangan manajemen SDM pada umumnya bersifat ….
A. lintas departemen
B. jamak
C. lintas fungsi
D. Tunggal
Jawab:
D. Jawaban Anda benar

4. Sinkroniasi taktik dan praktek SDM dengan taktik bisnis perusahaan harus dilakukan oleh profesional SDM. Hal ini sesuai dengan kiprah .….
A. manajer SDM strategik
B. manajer operasional
C. manajemen Penelitian dan pengembangan
D. manajemen profesional
Jawab:
A. Jawaban Anda benar

5. Ketentuan pemerintah yang mewajibkan perusahaan melaporkan lowongan pekerjaan akan melindungi calon tenaga kerja terhadap….
A. informasi yang simpang siur
B. diskriminasi peluang kerja
C. percaloan tenaga kerja
D. penerimaan tenaga kerja dengan cara nepotisme
Jawab:
B. Benar

6. Berdasarkan ketentuan Pasal 35 ayat (1) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003, wacana Ketenagakerjaan, lembaga swasta sanggup melaksanakan penempatan tenaga kerja perusahaan asal memenuhi syarat ….
A. minimal berbentuk CV dan menerima ijin Bupati/Walikota
B. berbadan aturan dan menerima rekomendasi Menteri Tenaga Kerja
C. menerima ijin dari kepala tempat atau instansi terkait di bidang ketenagakerjaan
D. berbadan aturan dan menerima ijin dari instansi terkait di bidang ketenagakerjaan
Jawab:
D. Jawaban Anda benar

7. Sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dibangun perusahaan terutama untuk ….
A. memenuhi persyaratan waktu mengajukan ijin perusahaan
B. memenuhi tuntutan lembaga buruh intenasional
C. mewujudkan produktivitas kerja yang optimal
D. memenuhi himbauan pemerintah
Jawab:
C. Jawaban Anda benar

8. Lembaga pembinaan kerja yang menyelenggarakan pembinaan kerja perusahaan harus memenuhi syarat….
A. mempunyai ijin dari instansi yang berwenang di bidang ketenagakerjaan
B. harus lembaga non pemerintah
C. harus mempunyai reputasi tingkat nasional
D. harus lembaga resmi
Jawab:
A. Jawaban Anda benar

9. Hubungan kerja berakhir bila habis masa waktu yang ditetapkan dalam perjanjian termasuk dalam jenis pemutusan hubungan kerja ….
A. tidak bersyarat
B. demi hukum
C. demi pengadilan
D. berdasarkan kontrak
Jawab:
B. Jawaban Anda benar

10. Yang dimaksud pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh pengadilan ialah PHK yang diputuskan oleh ….
A. hakim pengadilan negeri
B. hakim pengadilan tata usaha
C. Lembaga bipartit
D. hakim pengadilan hubungan industrial
Jawab:
D. Jawaban Anda benar

11. Jika pekerja/buruh di PHK dengan masa kerja 5 tahun 6 bulan akhir dari penutupan perusahaan yang disebabkan lantaran perusahaan mengalami kerugian selama dua tahun secara terus-menerus, maka berhak atas uang pesangon sebesar ….
A. enam bulan upah
B. lima tahun enam bulan upah
C. lima tahun upah
D. satu tahun enam bulan upah
Jawab:
A. Jawaban Anda benar

12. Tindakan PNS diluar jam kerja yang melanggar ketentuan kewajiban dan larangan dikategorikan sebagai….
A. tanggungjawab pribadi
B. bukan pelanggaran disiplin Pegawai Negeri
C. pelanggaran disiplin Pegawai Negeri
D. pelanggaran etika dan moral
Jawab:
C. Jawaban Anda benar

13. Pada hakekatnya proses Analisis Jabatan dilakukan untuk ...
A. memperlihatkan peluang perkembangan karir
B. memahami apa tanggung jawab setiap jabatan dan kontribusi hasil jabatan tersebut terhadap pencapaian hasil atau tujuan organisasi
C. membuat job description
D. mencari pegawai yang akan dipromosi naik jabatan.
Jawab:
B. Jawaban Anda benar

14. Hasil dari analisis jabatan ialah ….
A. deskripsi jabatan dan spesifikasi jabatan
B. nama-nama pegawai yang bisa menempati
C. deskripsi jabatan dan problematika jabatan
D. taktik peningkatan kinerja pegawai
Jawab:
A. Jawaban Anda benar


15. Pada hakekatnya deskripsi jabatan merupakan ...
A. Tugas manajer personalia
B. suatu statement yang teratur, dari banyak sekali kiprah dan kewajiban suatu jabatan tertentu
C. catatan tertulis harus dilaksanakan untuk suatu jabatan
D. proses sosialisasi kiprah pada jabatan tersebut
Jawab:
B. Jawaban Anda benar

16. Inti dari spesifikasi jabatan ialah ….
A. adanya kehalian spesifik yang dibutuhkan perusahaan
B. pernyataan mengenai hal-hal yang berafiliasi dengan pekerjaan yang harus dimiliki oleh seseorang sebelum menduduki jabatan tertentu
C. rincian tugas-tugas yang harus dilaksanakan untuk jabatan tersebut
D. daftar catatan kemampuan seseorang yang dipercaya memegang jabatan
Jawab:
B. Jawaban Anda benar

17. Salah satu manfaat dari adanya spesifikasi jabatan, yaitu ….
A. sebagai jalur memindahkan pegawai yang tidak kompeten
B. sebagai dasar pengukuran kinerja
C. sebagai dasar untuk menyusun jalur promosi
D. biar setiap pegawai bekerja sesuai bidang masing-masing
Jawab:
C. Jawaban Anda benar

18. Desain jabatan itu merupakan ….
A. taktik mencapai tujuan khusus
B. informasi lengkap wacana tugas-tugas yang harus dilaksanakan untuk jabatan tersebut
C. catatan atas hal-hal yang berafiliasi dengan pekerjaan yang harus dimiliki oleh seseorang
D. proses pembuatan acara spesifik dari seorang individu atau sekelompok individu untuk mencapai tujuan organisasional tertentu
Jawab:
D. Jawaban Anda benar

19. Jika perusahaan ingin menjaga keunggulan kompetitifnya (competitive adventage) sekaligus mempertahankan pegawai berkualitas tinggi, maka manajemen sumber daya insan harus membuat kebijakan ….
A. melengkapi planning strategik organisasi
B. mengubah planning strategik secara berkesinambungan
C. memperlihatkan dukungan teknologi informasi yang terbaik
D. memperlihatkan fasilitas khusus bagi pegawai
Jawab:
A. Jawaban Anda benar

20. Alasan utama yang ingin dicapai dalam perencanaan sumber daya insan pegawai ialah ….
A. sesuai dengan situasi mutakhir
B. memuluskan pergantian manajemen perusahaan
C. memudahkan distribusi pegawai sesuai bidang pekerjaan
D. menjamin pelaksanaan operasi organisasi
Jawab:
D. Jawaban Anda benar

21. Dengan mempunyai karyawan yang bersedia melaksanakan kerja lembur, maka perusahaan sanggup menghindari ….
A. teguran dari Dinas Tenaga Kerja
B. biaya perekrutan
C. berhentinya proses produksi
D. pengangguran mesin produksi
Jawab:
B. Jawaban Anda benar

22. Manajer sumber daya insan mempunyai kiprah dalam perekrutan karyawan, terutama dalam hal ….
A. pengumuman lowongan pekerjaan
B. mengambil keputusan wacana sumber karyawan
C. memutuskan syarat-syarat calon karyawan baru
D. rekrutmen karyawan antar kota antar daerah
Jawab:
B. Jawaban Anda benar

23. Dalam sistem patronage proses pemilihan dan pengangkatan karyawan lebih dipengaruhi oleh faktor ….A. Hubungan baik dengan manajer
B. Etika karyawan selama di perusahaan
C. pengabdian kepada pejabat organisasi
D. hubungan yang luas karyawan dengan sesamanya
Jawab:
C. Jawaban Anda benar

24. Uang penghargaan masa kerja bagi karyawan yang mempunyai masa kerja 3 tahun tapi kurang dari 6 tahun adalah…
A. 2 bulan Upah
B. 6 bulan upah
C. 7 bulan upah
D. 1 tahun upah
Jawab:
A. Jawaban Anda benar

25. Salah satu jenis uang penggantian hak yang seharusnya diterima pekerja/buruh yang di PHK perusahaan ialah ….
A. Penggantian perumahan
B. Pemberian hak membeli kendaraan dinas yang dipakainya
C. Uang tolak
D. Biaya hidup selama mencari pekerjaan gres
Jawab:
B. Jawaban Anda benar

26. Kompensasi intinya merupakan penghargaan yang berupa ….A. Finansial
B. promosi jabatan
C. non finansial
D. finansial dan nonfinansial
Jawab:
D. Jawaban Anda benar

27. Untuk mencapai efektivitas kompensasi, salah satunya kompensasi harus memenuhi kriteria layak, yaitu setiap orang harus dibayar ….
A. Secara adil dan merata
B. memenuhi persyaratan minimum berdasarkan pemerintah
C. Sesuai besaran honor dan upah standar
D. Melebihi kebutuhan karyawan sehingga sisanya bisa ditabung
Jawab:
B. Jawaban Anda benar

28. Sistem pengupahan harus mendorong sikap karyawan dalam kontribusinya terhadap ….A. Keuntungan finansial dan non finansial perusahaan
B. Pencapaian keuntungan perusahaan jangka pendek
C. pencapaian keuntungan perusahaan jangka pendek dan jangka panjang
D. Keberhasilan perusahaan jangka panjang
Jawab:
C. Jawaban Anda benar

29. Pada dasarnya, serikat pekerja akan mendukung pelaksanaan tarif rata (flat rate) di perusahaan, bila serikat buruh mengetahui bahwa ….
A. suatu pekerjaan dikerjakan secara kelompok
B. manajemen subjektif dalam pengupahan
C. ada jaminan karyawan dibayar lebih besar
D. ada jaminan kinerja diukur secara adil
Jawab:
D. Jawaban Anda benar

30. Pemberian tunjangan kepada karyawan oleh perusahaan merupakan penghargaan yang diberikan berkaitan dengan ….A. kinerja satu departemen dalam perusahaan
B. loyalitas kepada perusahaan
C. keanggotaannya dalam perusahaan
D. kehadiran yang selalu sempurna waktu (on time)
Jawab:
C. Jawaban Anda benar

31. pengangguran pada umumnya diberikan kepada karyawan yang tidak sanggup bekerja sebagai dampak dari ….A. kesalahan pihak lain
B. adanya jadwal jaminan sosial nasional
C. belum adanya lowongan pekerjaan baru
D. makin banyaknya perusahaan asuransi
Jawab:
A. Jawaban Anda benar

32. Penilaian kinerja yang mengharuskan karyawan dan atasannya memutuskan tujuan organisasi dan melaksanakannya disebut pendekatan ….
A. Management by Objectives
B. Management by subjectives
C. Behavioral Observation Scales/BOS
D. Paired Comparison
Jawab:
A. Jawaban Anda benar

33. Sistem penghargaan yang secara langsung dikontrol dan disampaikan oleh organisasi (pihak ketiga) dan bersifat lebih kasat mata disebut ….
A. Sistem penghargaan ekstrinsik
B. Sistem penghargaan intrinsik
C. Sistem penghargaan subjektif
D. Sistem penghargaan objektif
Jawab:
A. Jawaban Anda benar

34. Fungsi dari perencanaan dan pengembangan karier bagi karyawan ialah ….
A. Menimbulkan persaingan sehat diantara karyawan
B. Meningkatnya kinerja organisasi
C. Memberikan informasi wacana jalur karier yang tersedia
D. Memberikan kenaikan upah dan tunjangan berkala
Jawab:
C. Jawaban Anda benar

35. Urutan-urutan jabatan secara vertikal maupun serangkaian peluang secara horizontal yang disusun organisasi disebut jalur karier ….
A. rangkap
B. tradisional
C. Jaringan
D. Lateral
Jawab:
C. Jawaban Anda benar

36. Memadukan pengetahuan konseptual dan teoritis dalam proses pendidikan jangka panjang secara umum ialah pemahaman dari definisi...
A. Pelatihan
B. Pengembangan
C. analisis kebutuhan
D. analisis tugas
Jawab:
B. Jawaban Anda benar

37. Penentuan kebutuhan pembinaan perlu dilakukan melalui beberapa analisis kebutuhan, diantaranya ialah sebagai berikut, kecuali...
A. analisis ruang kerja
B. analisis jabatan
C. analisis orang
D. analisis tugas
Jawab:
A. Jawaban Anda benar

38. Berikut ini merupakan perbedaan antara pembinaan dan pengembangan, kecuali…
A. materi
B. jangka waktu
C. tujuan
D. Sasaran
Jawab:
D. Jawaban Anda benar

39. Proses pendidikan jangka panjang yang secara umum mempelajari pengetahuan konseptual dan teoritis ialah pemahaman dari definisi...
A. Pengembangan
B. Pelatihan
C. analisis kebutuhan
D. analisis pekerjaan
Jawab:
A. Jawaban Anda benar

40. Alasan utama mengapa pembinaan perlu segera dilakukan adalah...
A. meningkatnya tuntutan serikat buruh
B. meningkatnya kebutuhan pasar
C. meningkatnya ketidakhadiran dan pergantian karyawan
D. meningkatnya tuntutan pemegang saham
Jawab:
C. Jawaban Anda benar

41. Aplikasi pengembangan organisasi didasarkan pada pencapaian karyawan dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan dan membuat serta mengimplementasikan solusi, aplikasi tersebut ialah sebagai berikut, kecuali…
A. human process application
B. intervensi secara teknostruktur
C. team building
D. aplikasi manajemen sumber daya manusia
Jawab:
C. Jawaban Anda benar

42. Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan perjuangan khususnya yang bersifat…
A. Pencegahan terjadinya kecelakaan kerja
B. Pengobatan terhadap penyakit
C. Rehabilitasi korban kecelakaan
D. Pemberantasan penyakit menular
Jawab:
A. Jawaban Anda benar

43. Kepemimpinan merupakan inti manajemen lantaran kepemimpinan ialah motor pelopor bagi sumber daya insan dan sumber daya alam lainnya, definisi kepemimpinan ini dikemukakan oleh …
A. George R.Terry
B. Gibson
C. Robert Dubin
D. Siagian
Jawab:
D. Jawaban Anda benar

44. Wibawa kepemimpinan salah satunya dibuat oleh faktor .....
A. Pendidikan
B. Kekayaan
C. Ketegasan Sikap
D. Pengalaman+
Jawab:
C. Jawaban Anda benar

45. Dalam praktek, orang yang melaksanakan produktivitas disebut "orang produktif" yang mempunyai salah satu ciri-ciri sebagai berikut …
A. Sportif
B. Memegang amanah
C. Agamis
D. Cerdas
Jawab:
B. Jawaban Anda benar

Selengkapnya, silahkan anda dapatkan file doc dokumen pdf nya disini


Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan IPEM4309 Manajemen Konflik Beserta Kunci Jawaban

Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan IPEM4323

1. Dalam konsep perwakilan politik, istilah parliament mempunyai pengertian sebagai....
a. tempat bicara atau merundingkan masalah-masalah kenegaraan
b. tempat memperebutkan imbas atas kekuasaan politik
c. wadah masyarakat dalam menyalurkan aspirasi
d. wadah negara dalam menyediakan banyak sekali keperluan publik
Jawab:
a. benar

2. Perbedaan antara sistem presidensial dan parlemen terletak pada....
a. hubungan antara direktur dan legislatif
b. hubungan antara direktur dan lembaga peradilan
c. sistem pemilihan umum legislatif
d. susunan keanggotaan kabinet
Jawab:
a. benar

3. Dalam struktur parlemen, joint committee merupakan pembidangan kamar dalam parlemen. Dalam parlemen di Indonesia berubah menjadi menjadi....
a. dewan perwakilan rakyat dan DPD
b. Komisi dan Badan Musyawarah
c. Panitia Khusus dan Komisi
d. Panitia anggaran dan persidangan
Jawab:
a. benar

4. Kadar kekuasaan parlemen dalam menjalankan fungsi legislasi pada negara yang menganut sistem presidensial adalah....
a. Parlemen lebih secara umum dikuasai dalam menyusun undang-undang dibandingkan dengan eksekutif
b. Eksekutif lebih mendominasi dalam menyiapkan rancangan undang-undang dibandingkan dengan parlemen
c. Parlemen mempunyai otonomi yang lebih besar dalam menyusun peraturan pemerintah dibandingkan dengan eksekutif
d. Eksekutif mempunyai otonomi yang lebih besar dalam menyusun peraturan pemerintah dibandingkan parlemen
Jawab:
b. benar

5. Setiap tindakan yang diambil wakil rakyat tidak perlu menerima persetujuan masyarakat yang diwakilinya, lantaran masyarakat sudah mempercayakan kekuasaan tersebut kepada wakil rakyat. Hal ini ialah prinsip dari teori....
a. Kebebasan
b. Perwakilan
c. Mandat
d. Kepemerintahan
Jawab:
a. benar

6. Bagi kelompok kooperatif, eksistensi Volksraad sebagai lembaga perwakilan bentukan Pemerintah Belanda disikapi sebagai....
a. upaya mencari keuntungan pribadi
b. upaya mencapai kemerdekaan Indonesia
c. sarana menyeimbangkan kekuatan dalam parlemen
d. sarana menyalurkan aspirasi masyarakat Indonesia
Jawab:
b. benar

7. Aspirasi yang dibawa kelompok cowok terkait pembentukan KNIP adalah....
a. KNIP diubah sebagai tubuh perwakilan rakyat
b. KNIP diubah menjadi penasihat Presiden
c. Keanggotaan KNIP biar dipilih langsung oleh rakyat
d. Keleluasaan dalam pengaturan keuangan KNIP
Jawab:
a. benar

8. Salah satu hak anggota DPRS ialah hak kekebalan yang muncul sebagai reaksi atas usulan dibentuknya lembaga privelegiatum bagi anggota DPRS, mengandung pengertian....
a. seluruh anggota dewan sanggup diadili setelah mereka berhenti bila terbukti melaksanakan kejahatan dalam masa pekerjaannya
b. seluruh anggota dewan sanggup diadili semasa mereka masih aktif berkaitan dengan pernyataan politiknya
c. adanya kebersamaan dan kekeluargaan yang serasi dalam melaksanakan pekerjaan
d. adanya sikap saling menghormati dan menghargai pendapat masing-masing anggota dewan
Jawab:
a. benar

9. Fakta yang terjadi pada konstelasi politik tahun 1955 ialah terdapat beberapa partai politik yang mempunyai bangku cukup banyak di DPRS, namun tidak mempunyai dukungan kasatmata di dalam Pemilu 1955. Hal ini disebabkan oleh....
a. kekuatan politik sebelum diadakan pemilu tidaklah sesuai dengan impian dan menerima dukungan dari masyarakat
b. kekuatan politik sebelum diadakan pemilu sebagian besar berasal dari kekuatan pemerintah
c. kondisi sosial budaya kurang mendukung terbentuknya partai-partai baru
d. kondisi sosial ekonomi besar lengan berkuasa pada kepedulian masyarakat terhadap politik
Jawab:
a. benar

10. Dalam struktur organisasi dewan perwakilan rakyat hasil pemilu tahun 1955, pendistribusian keanggotaan Konstituante adalah....
a. membentuk fraksi tersendiri
b. bergabung dengan fraksi-fraksi yang ada
c. menyusun struktur tersendiri
d. membuat kelompok langsung di parlemen
Jawab:
b. benar

11. Kekuatan yang merepresentasikan jargon Nasakom yang diimplementasikan pada masa demokrasi terpimpin adalah....
a. kelompok Nasionalis, Islam dan Komunis
b. kelompok Nasionalis, komunis dan budayawan
c. Partai PNI, ulama dan ekonom
d. Golongan etnis keturunan Cina, Islam dan komunis
Jawab:
a. benar

12. Bukti yang memperlihatkan keterbatasan dan kegagalan DPR-GR dalam melaksanakan hak-haknya sebagai anggota tubuh legislatif antara lain bila DPR-GR gagal mengambil keputusan secara musyawarah mufakat, maka yang berhak mengambil keputusan tersebut adalah....
a. tubuh musyawarah
b. presiden
c. konstituante
d. pansus
Jawab:
b. benar

13. Tugas panitia ekonomi yang dibuat oleh DPR-GR periode 1965-1966 adalah....
a. menuntaskan permasalahan pertikaian Indonesia Malaysia
b. mengikuti perkembangan politik sesuai dengan amanat Tritura
c. menuntaskan permasalahan perekonomian Indonesia yang defisit
d. mengikuti perkembangan ekonomi dan membuat konsepsi penyelesaiannya
Jawab:
d. benar

14. Pada era orde baru, rancangan Undang-Undang umumnya berasal dari inisiatif....
a. Pemerintah
b. Legislatif
c. Partai politik
d. Ormas
Jawab:
a. benar

15. Interpelasi yang diajukan oleh pengusul pada era orde gres selalu kandas di tengah jalan dikarenakan....
a. Kalah voting dengan partai penguasa
b. Pengusul mundur sebelum waktunya
c. Pemerintah senantiasa mendukung keberlangsungan interpelasi
d. Pemerintah kalah dalam negosiasi
Jawab:
a. benar

16. Situasi ekonomi yang menghipnotis situasi sosial dan politik yang tidak menentu pada masa tamat rezim Orde Baru adalah...
a. Naiknya nilai rupiah terhadap kurs dolar AS
b. Merosotnya nilai rupiah terhadap kurs dolar AS
c. Naiknya angka kemiskinan dibandingkan pendapatan rata-rata masyarakat
d. Menurunnya partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum 1997
Jawab:
b. benar

17. Menanyakan kepada presiden Soeharto mengenai kebijakan perekonomian yang dilaksanakan pada masa Orde Baru merupakan pelaksanaan fungsi dewan perwakilan rakyat yakni fungsi....
a. Penyalur aspirasi masyarakat
b. Pengawasan
c. Rekrutmen
d. Legislasi
Jawab:
b. benar

18. Menurut Undang-Undang Dasar 1945 yang telah diamandemen, MPR terdiri dari dua kamar, yaitu DPD dan DPR, dewan perwakilan rakyat mencerminkan perwakilan....
a. Politik
b. Ekonomi
c. Nasional
d. Internasional
Jawab:
a. benar

19. Mendistribusikan anggaran pembangunan secara adil dan merata kepada setiap tempat merupakan salah satu kiprah dewan perwakilan rakyat yang berkaitan dengan fungsi....
a. Pembangunan
b. Penganggaran
c. Pengawasan
d. Perimbangan
Jawab:
b. benar

20. Konsep utusan tempat dalam MPR yang kemudian berubah menjadi menjadi Dewan Perwakilan Daerah intinya ialah menyuarakan kepentingan masyarakat tempat dengan berbasis pada wilayah....
a. Provinsi
b. Kabupaten
c. Kota
d. Kecamatan
Jawab:
a. benar

21. Alasan pentingnya mewujudkan perwakilan tempat dalam parlemen di Indonesia adalah....
a. dalam negara yang berbentuk kesatuan unsur tempat sudah terwadahi dalam banyak sekali asosiasi daerah
b. menghindari monopoli dalam proses pembuatan undang-undang dari sebuah lembaga
c. karakteristik keterwakilan tempat kurang bisa menjawab permasalahan yang ada di tempat
d. parlemen di Indonesia lebih cocok menganut monokameral
Jawab:
b. benar

22. Mengajukan rancangan undang-undang perimbangan keuangan pusat dan tempat merupakan salah satu fungsi DPD yaitu fungsi....
a. legislasi
b. inisiatif
c. pertimbangan
d. konsultasi
Jawab:
a. benar

23. Alat kelengkapan Dewan Perwakilan Daerah yang bertugas menjaga etika anggota DPD adalah....
a. tubuh musyawarah
b. tubuh kehormatan
c. pusat kerohanian
d. pusat kekeluargaan
Jawab:
b. benar

24. Mekanisme yang mmbuat anggota DPRD merasa ketakutan untuk dipecat dari keanggotaan DPRD oleh pimpinan partai pada era orde gres disebut....
a. Rename
b. Recycle
c. Recall
d. Reorientation
Jawab:
c. benar

25. Menurut UU No 22 tahun 1999, DPRD sanggup meminta pertanggungjawaban bupati dalam menyelenggarakan pemerintahan kabupaten yang dipimpinnya. Hal tersebut merupakan pelaksanaan fungsi....
a. Akuntabilitas
b. Transparansi
c. Pengawasan
d. Profesionalitas
Jawab:
c. benar

26. Menurut UU No 32 tahun 2004, hak angket sanggup dilaksanakan dengan persyaratan....
a. Adanya persetujuan pimpinan dan anggota tubuh kehormatan
b. Adanya persetujuan dan komitmen dari seluruh fraksi dan komisi yang ada di DPRD
c. Adanya persetujuan hak interpleasi oleh 2/3 dari jumlah anggota DPRD yang hadir dalam sidang paripurna
d. Tidak memberatkan pekerjaan tubuh musyawarah
Jawab:
c. benar

27. Tahap pertama pada mekanisme rancangan peraturan tempat (Raperda) yang usulannya berasal dari legislatif adalah....
a. Pembahasan dalam fraksi
b. Pembahasan dalam komisi
c. Penjelasan umum pihak legislatif dalam rapat paripurna
d. Penjelasan dinas terkait dalam rapat paripurna
Jawab:
c. benar

28. Ditinjau dari teori perwakilan, terbitnya Perda kenaikan tarif pajak dan retribusi setiap tahun yang menyengsarakan masyarakat sebagai upaya direktur menaikkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang tidak diimbangi dengan pelayanan yang memadai disebabkan oleh....
a. Anggota DPRD cenderung memainkan kiprah sebagai wakil rakyat
b. Anggota DPRD cenderung memainkan kiprah sebagai wali rakyat
c. Kalangan direktur lebih memahami kepentingan masyarakat
d. Kalangan direktur lebih bisa menyuarakan aspirasi masyarakat
Jawab:
b. benar

29. Program legislasi nasional (Prolegnas) intinya berisi tentang....
a. Daftar planning penyusunan undang-undang di DPR
b. Daftar penilaian penyusunan undang-
c. Program kerja dewan perwakilan rakyat dalam satu tahun anggaran
d. Program tahunan pemerintah yang dilaksanakan secara rutin
Jawab:
a. benar

30. Mekanisme Konsultasi Publik dalam penyusunan peraturan perundang-undangan dilaksanakan dengan cara....
a. Membahas materi dalam sidang paripurna
b. Menjaring aspirasi masyarakat
c. Berkonsultasi dengan direktur selaku pemrakarsa
d. Berkolaborasi dengan fraksi-fraksi selaku miniatur perwakilan masyarakat
Jawab:
c. benar

31. Prasyarat penarikan kembali usulan rancangan undang-undang oleh pihak pengusul sanggup dilakukan jika....
a. Setiap ketika dan setiap waktu kapan pun pengusul sanggup menarik kembali usulan rancangan undang-undang
b. Pemerintah telah menyetujui prinsip pengaturan sebuah permasalahan
c. Belum diputuskan menjadi rancangan undang-undang
d. Setelah disahkan menjadi undang-undang oleh Presiden
Jawab:
c. benar

32. Jangka waktu yang diberikan kepada Presiden untuk menandatangani rancangan undang-undang semenjak disetujuinya secara bersama antara dewan perwakilan rakyat dengan pemerintah adalah....
a. 15 hari
b. 20 hari
c. 30 hari
d. 40 hari
Jawab:
c. benar

33. Menurut persepsi Presiden Soekarno, salah satu jenis peraturan perundang-undangan ialah Penetapan Presiden, yakni peraturan yang dimaksudkan untuk melaksanakan....
a. Proklamasi 17 Agustus 1945
b. Dekrit Presiden 5 Juli 1959
c. Rapat Dewan Menteri 10 Juli 1960
d. Supersemar 11 Maret 1966
Jawab:
b. benar

34. Menurut Tap MPR No XX/MPRS/1966, peraturan perundang-undangan yang tidak termasuk dalam tata urutan peraturan perundang-undangan negara RI adalah....
a. Ketetapan MPR
b. Undang-Undang Dasar 1945
c. Peraturan Menteri
d. Peraturan Daerah
Jawab:
d. benar

35. Fungsi utama dari Peraturan Pemerintah (PP) sebagai salah satu peraturan perundang-undangan negara RI adalah....
a. Membatasi dan membagi kewenangan para penyelenggara negara
b. Menyelenggarakan pengaturan lebih lanjut dari peraturan yang diatasnya
c. Mengatur pendelegasian kewenangan pemerintahan di bidangnya
d. Menyelenggarakan pengaturan lebih lanjut dalam undang-undang yang tegas-tegas menyebutnya
Jawab:
a. benar

36. Alasan-alasan atau pertimbangan mengapa sebuah peraturan perundang-undangan dibuat dituangkan pada bagian....
a. konsideran
b. dasar hukum
c. dictum
d. batang tubuh
Jawab:
a. benar

37. Pencantuman urutan peraturan perundang-undangan yang menjadi dasar aturan sebuah Peraturan Daerah (Perda) didasarkan pada....
a. siapa penandatangan aturan perundang-undangan
b. masa kadaluwarsa peraturan perundang-undangan
c. tanggal pengundangan peraturan perundang-undangan
d. tingkatan peraturan tersebut dalam tata urutan peraturan perundang
Jawab:
d. benar

38. Peraturan perundang-undangan yang tercabut bila ketentuan pencabutan undang-undang pendidikan nasional diletakkan pada pecahan epilog digantikan dengan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional yang gres adalah....
a. Undang-undang pendidikan nasional yang lama
b. Peraturan Pemerintah
c. Peraturan Menteri
d. Peraturan Dirjen
Jawab:
c. benar

39. Pemberitahuan secara formal suatu peraturan negara dengan penempatannya pada penerbitan resmi yang khusus ialah pengertian dari....
a. Pengesahan
b. Penetapan
c. Pengundangan
d. Pengumuman
Jawab:
c. benar

40. Pada masa berlakukanya Undang-Undang Dasar 1945 Periode Kedua, instansi yang berkewajiban melaksanakan pengundangan sebuah peraturan negara adalah....
a. Kementerian Kehakiman
b. Kementerian Dalam Negeri
c. Sekretaris Negara
d. Sekretaris DPR
Jawab:
c. benar

41. Terkait situasi politik dan dampak dari insiden G30S, DRP GR 1966-1971 merekomendasikan kepada MPRS untuk mengambil tindakan....
1)Memberhentikan Presiden Soekarno dari jabatannya
2)Memilih/mengangkat Pejabat Presiden
3)Memerintahkan tubuh kehakiman untuk mengadakan pengusutan, investigasi dan penuntutan secara aturan pihak yang terlibat dalam insiden G30S
a. balasan 1 dan 2 benar
b. balasan 1 dan 3 benar
c. balasan 2 dan 3 benar
d. balasan 1, 2, dan 3 benar
Jawab:
d. benar

42. Pertanyaan Petisi 50 yang menyangkut disakralkannya Pancasila oleh penguasa orde gres nyaris tidak menerima tanggapan pemerintah dan dewan perwakilan rakyat periode 1977-1982 karena.... 1)Pemerintah menguasai semua komisi yang ada di dewan perwakilan rakyat periode tersebut
2)Presiden berhasil menjelaskan kepada masyarakat hakikat perwakilan rakyat
3)Jumlah pendukung pemerintah dalam parlemen lebih dari 70% sehingga kritik masyarakat tidak ada artinya
a. balasan 1 dan 2 benar
b. balasan 1 dan 3 benar
c. balasan 2 dan 3 benar
d. balasan 1, 2, dan 3 benar
Jawab:
b. benar

43. Pada setiap pasal dalam undang-undang yang mengalami pencabutan tanpa penggantian akan memuat tentang:
1)judul undang-undang yang dicabut
2)ketentuan pencabutan
3)ketentuan mulai berlakunya undang-undang
a. balasan 1 dan 2 benar
b. balasan 1 dan 3 benar
c. balasan 2 dan 3 benar
d. balasan 1, 2, dan 3 benar
Jawab:
c. benar

44. Apabila suatu undang-undang dinyatakan berlaku pada tanggal diundangkan dan berlaku surut hingga tanggal tertentu, hal ini mengundang arti bahwa peraturan tersebut....
1)daya lakunya semenjak tanggal diundangkan
2)daya ikatnya berlaku surut hingga tanggal yang ditetapkan
3)daya surutnya sesuai dengan ketentuan pembukaan
a. balasan 1 dan 2 benar
b. balasan 1 dan 3 benar
c. balasan 2 dan 3 benar
d. balasan 1, 2, dan 3 benar
Jawab:
a. benar

45. Berikut ialah metode yang sanggup digunakan untuk melaksanakan sosialisasi sebuah peraturan perundang-undangan yaitu....
1)Seminar
2)Konferensi
3)Dialog
a. balasan 1 dan 2 benar
b. balasan 1 dan 3 benar
c. balasan 2 dan 3 benar
d. balasan 1, 2, dan 3 benar
Jawab:
d. benar

Selengkapnya, klik disini


Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan IPEM4214

1. Jika pemerintahan tempat diartikan sebagai pemerintahan lokal, maka pemerintahan tempat ialah …
A. Organisasi penyelenggaraan pemerintahan daerah
B. Kegiatan pemerintahan yang dilaksanakan pemerintahan daerah
C. Organisasi yang memimpin pelaksanaan kegiatan pemerintahan
D. Wilayah pemerintahan atau tempat otonom dalam konteks Indonesia
Jawab:
B. benar, merupakan pengertian pemerintahan tempat sebagai pemerintahan lokal

2. Karakteristik local state government antara lain …
A. Hubungan pusat dengan tempat hanya hubungan pengawasan
B. Penyelenggaraan pemerintahan dilaksanakan pegawai daerah
C. Penyelenggaraan urusan didanai dari sumber keuangan sendiri
D. Kewenangan pejabat pemerintah pusat terbatas
Jawab:
D. benar, merupakan karakteristik local state government

3. Penyerahan kekuasaan untuk mengatur tempat dalam lingkungannya sebagai perjuangan untuk mewujudkan demokrasi dalam pemerintahan negara merupakan…
A. Desentralisasi fungsional
B. Desentralisasi jabatan
C. Desentralisasi kenegaraan
D. Desentralisasi teritorial
Jawab:
C. benar, merupakan penyerahan kekuasaan untuk mengatur tempat dalam lingkungannya

4. Jika penanganan urusan pemerintahan dilaksanakan berdasarkan tugas, wewenang, dan kewajiban yang senyatanya ada, maka prinsip otonomi yang digunakan ialah …
A. nyata
B. luas
C. bertanggung jawab
D. desentralisasi
Jawab:
A. benar, untuk menangani suatu urusan pemerintahan dilaksanakan berdasar tugas, wewenang, dan kewajiban yang senyatanya ada.

5. Jika urusan yang diserahkan kepada tempat diperinci secara tegas, maka aliran rumah tangga yang digunakan ialah …
A. riil
B. luas
C. formil
D. materiil
Jawab:
D. benar, urusan yang diserahkan kepada tempat diperinci secara tegas

6. Maksud dan tujuan penyerahan kewenangan kepada pemerintah di tempat secara operasional ialah …
A. menjaga keutuhan Negara kesatuan Republik Indonesia
B. melaksanakan ketentuan dan amanat Undang-Undang Dasar 1945
C. meningkatkan efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan
D. menertibkan pelaksanaan tata pemerintahan menuju good governance
Jawab:
C. benar, merupakan tujuan secara operasional

7. Dalam konteks otonomi daerah, kewajiban vertikal mengandung pengertian sebagai …
A. kekuasaan untuk mengatur dan mengelola sendiri pemerintahan
B. kekuatan untuk menjalankan pemerintahan sebagaimana mestinya
C. kekuatan untuk menjalankan pemerintahan dalam ikatan negara
D. kemampuan untuk memaksakan kehendak
Jawab:
C. benar, merupakan kewajiban vertikal

8. Jika pemerintah tempat mempunyai suatu tingkat kebebasan tertentu untuk melaksanakan pilihan tindakan, maka model hubungan antara pemerintah pusat dengan pemerintah tempat yang digunakan ialah model …
A. agensi
B. interaksi
C. otonomi relatif
D. partnership
Jawab:
D. benar, dalam model ini pemerintah tempat mempunyai kebebasan tertentu untuk melaksanakan pilihan tindakan

9. Kriteria internal dalam pembagian urusan pemerintahan antar susunan pemerintahan antara lain …
A. akuntabilitas pemerintah daerah
B. potensi daerah
C. perimbangan antardaerah
D. eksternalitas antardaerah
Jawab:
D. benar, merupakan kriteria internal


10. Jika urusan tempat ditentukan secara limitatif, maka pendekatan pembagian kewenangan yang digunakan adalah…
A. agency
B. ultravires
C. general competence
D. open en arrangement
Jawab:
B. benar, pada pendekatan ini, urusan tempat ditentukan secara limitatif

11. Agar organisasi pemerintah tempat sanggup dibedakan antara satuan organisasi yang melaksanakan kiprah pokok dengan kiprah penunjang, maka asas yang digunakan dalam penyusunan organisasi pemerintah tempat ialah …
A. akordion
B. keluwesan
C. pendelegasian wewenang
D. jalur dan staf
Jawab:
D. benar, asas ini memilih bahwa dalam penyusunan organisasi harus dibedakan antara satuan organisasi pelaksana kiprah pokok dan kiprah penunjang

12. Unsur pelaksana otonomi tempat pada pemerintah tempat ialah …
A. sekretariat daerah
B. inspektorat daerah
C. dinas daerah
D. lembaga teknis daerah
Jawab:
C. benar, merupakan unsur pelaksana otonomi daerah

13. Jenis analisis jabatan yang bertujuan untuk memilih nilai masing-masing jabatan dalam suatu organisasi ialah …
A. job analysis for setting rates
B. job analysis for training purposes
C. job analysis for personnel spesification
D. job analysis for method improvements
Jawab:
A. benar, untuk memilih nilai masing-masing jabatan

14. Gaji dan tunjangan pegawai negeri sipil tempat dibebankan pada APBD yang bersumber dari…
A. dana alokasi umum
B. dana alokasi khusus
C. dana perimbangan
D. dana darurat
Jawab:
A. benar, honor dan tunjangan pegawai negeri sipil tempat bersumber dari dana alokasi umum

15. Pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan sikap PNS Daerah biar bisa melaksanakan kiprah pemerintahan dan pembangunan dilakukan melalui …
A. Diklat dalam Jabatan
B. Diklat Prajabatan
C. Diklat Fungsional
D. Pengembangan melalui Transfer
Jawab:
A. benar, Diklat ini untuk pengembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap PNS Daerah

16. PNS Daerah antara lain bertugas pada instansi …
A. Kantor Pelayanan Pajak
B. Kantor Urusan Agama
C. Dinas Pendidikan
D. Pengadilan Negeri
Jawab:
C. benar, merupakan PNS Daerah

17. Jabatan structural eselon IIa pada perangkat tempat provinsi antara lain…
A. Kepala biro
B. Kepala dinas
C. Kepala kantor
D. Direktur RSUD
Jawab:
B. benar, merupakan eselon II a

18. Setiap penerimaan tempat yang perlu dibayar kembali dan/atau pengeluaran yang akan diterima kembali merupakan …
A. Penerimaan daerah
B. Pendapatan daerah
C. Pembiayaan daerah
D. Pembelanjaan daerah
Jawab:
C. benar, merupakan peneimaan tempat yang perlu dibayar kembali

19. APBD merupakan alat politik, bila digunakan untuk …
A. mengendalikan efisiensi pengeluaran
B. memilih indicator kinerja dan tingkat pencapaian strategi
C. menstabilkan ekonomi dan mendorong pertumbuhan ekonomi
D. memutuskan prioritas dan kebutuhan keuangan terhadap prioritas tersebut
Jawab:
D. benar, APBD merupakan alat politik

20. Aktivitas yang dilakukan pada tahap budget preparation dalam proses penyusunan APBD ialah …
A. mengumpulkan system informasi akuntansi
B. membuat taksiran pengeluaran atas dasar taksiran pendapatan
C. mencari argumen yang rasional wacana pendapatan dan pengeluaran daerah
D. mengukur kinerja pemerintah tempat dalam melaksanakan anggaran yang direncanakan
Jawab:
B. benar, merupakan tahap budget preparation

21. Fungsi DPRD untuk membuat peraturan tempat bersama kepala tempat merupakan fungsi ...
A. angket
B. budget
C. kontrol
D. legislasi
Jawab:
D. benar,merupakan fungsi DPRD untuk membuat Perda bersama kepala daerah

22. Hak anggota DPRD untuk mengajukan rancangan Peraturan Daerah merupakan hak ......
A. angket
B. inisiatif
C. kontrol
D. legislasi
Jawab:
B. benar, merupakan hak DPRD untuk mengajukan rancangan Perda

23. Alat kelengkapan DPRD yang bertugas membahas problem besar yang akan diputuskan DPRD ialah ...
A. Komisi DPRD
B. Panitia Musyawarah
C. Fraksi DPRD
D. Badan Kehormatan
Jawab:
B. benar, antara lain bertugas membahas problem yang akan diputuskan DPRD

24. Fraksi DPRD antara lain mempunyai kiprah ...
A. mendapatkan dan menyalurkan aspirasi masyarakat
B. mengamati etika dan moral anggota DPRD
C. memperlihatkan saran dan pendapat kepada pimpinan DPRD
D. mengkaji dan membahas APBD yang diajukan kepala daerahJawab:
A. benar, merupakan kiprah fraksi

25. Fungsi yang dilakukan oleh Pemda dalam rangka memandirikan masyarakat, antara lain ...
A. membantu perkreditan
B. memperlihatkan penyuluhan
C. menata lingkungan
D. mengurus fakir miskin
Jawab:
B. benar, merupakan fungsi pemberdayaan

26. Bentuk pelayanan publik yang dilakukan oleh Pemda antara lain ialah ...
A. pengaturan pedagang kaki lima
B. proteksi dari banjir
C. pemeliharaan hutan
D. pasar
Jawab:
C. benar, merupakan fungsi pelayanan publik

27. Metode pelayanan masyarakat yang sanggup digunakan unruk pelayanan yang bersifat unik menyerupai pencemaran ialah metode ...
A. monopoli
B. mandiri
C. terpadu
D. kontrak
Jawab:
D. benar, untuk pelayanan yang bersifat unik

28. Metode sistem terpadu dalam pelaksanaan pelayanan masyarakat sanggup digunakan untuk jenis pelayanan ...
A. penerbitan surat ijin mendirikan bangunan
B. pembuatan taman rekreasi
C. pembangunan pembangkit listrik
D. pemberian tanah untuk bangunan sekolah
Jawab:
A. benar, memakai sistem terpadu

29. Kendala dalam memperlihatkan pelayanan kepada masyarakat yang bersumber dari imbas lingkungan birokrasi antara lain ...
A. kesenjangan pemerintah dan masyarakat
B. keterampilan birokrat
C. kepekaan birokrat
D. keterbukaan pemerintah
Jawab:
D. benar, hambatan yang bersumber dari imbas lingkungan birokrasi

30. Pengawasan yang efektif antara lain mempunyai karakteristik edukatif, maksudnya ialah ...
A. mencegah terjadinya penyimpangan dan penyelewengan dari planning semula
B. memperlihatkan proteksi bagi yang tidak salah
C. membimbing biar pelaksana meningkatkan kemampuan untuk melaksanakan tugasnya
D. menindak terhadap hal-hal yang negatif
Jawab:
C. benar, merupakan ciri pengawasan yang bersifat edukatif

31. Pengawasan dalam bentuk supervisi dan inspeksi merupakan pengawasan ...
A. internal
B. eksternal
C. langsung
D. tidak langsung
Jawab:
C. benar, merupakan pengawasan dengan meninjau langsung

32. Wujud pengawasan represif terhadap penyelenggraan pemerintahan tempat antara lain ...
A. ratifikasi pejabat berwenang terhadap peraturan daerah
B. penghapusan peraturan daerah
C. pemberlakuan standar pelayanan minimal
D. penilaian laporan penyelenggaraan pemerintah daerah
Jawab:
B. benar, merupakan pengawasan represif

33. Inspektorat kabupaten merupakan unsur pengawas penyelenggaraan pemerintahan tempat yang bertugas melaksanakan pengawasan dalam hal ...
A. pelaksanaan urusan pemerintahan di tempat kabupaten
B. pembinaan atas penyelenggaraan pemerintahan tempat kabupaten
C. pelaksanaan pembinaan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah
D. pelaksanaan dekonsentrasi dan kiprah pembantuan
Jawab:
A. benar, merupakan kiprah inspektorat kabupaten

34. Out put investigasi keuangan yang dilakukan oleh BPK ialah ...
A. kesimpulan
B. rekomendasi
C. temuan
D. opini
Jawab:
D. benar, merupakan out put investigasi keuangan

35. Lembaga perwakilan rakyat yang bertugas menyalurkan aspirasi dalam kaitan dengan hak orang orisinil Papua ialah ...
A. Majelis Rakyat Papua
B. Dewan Perwakilan Rakyat Papua
C. Lembaga Adat
D. dewan perwakilan rakyat Kabupaten
Jawab:
A. benar, merupakan penyalur aspirasi hak orang orisinil Papua

36. Lembaga yang berfungsi sebagai wahana partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan Aceh dan pemerintah kabupaten/kota di bidang kerukunan masyarakat ialah ...
A. Majelis Permusyawaratan Ulama
B. Mahkamah Syariah
C. Lembaga Wali Nanggroe
D. Lembaga Adat
Jawab:
D. benar, lembaga ini berfungsi sebagai wahana partisipasi masyarakat Aceh

37. Otonomi Khusus DKI Jakarta lebih difokuskan pada tingkat ...
A. kota
B. kabupaten
C. kabupaten/kota administratif
D. provinsi
Jawab:
D. benar, provinsi mempunyai hak otonomi

38. Menurut Undang-undang Nomor 17 Tahun 1950, pembentukan DPRD di Daerah spesial Jogjakarta dilakukan melalui mekanisme...
A. pengangkatan oleh sultan
B. pengangkatan langsung
C. pemilihan umum
D. permufakatan rakyat
Jawab:
C. benar,Undang-undang ini memilih bahwa pembentukan DPRD dilakukan melalui Pemilu

Petunjuk Pilihlah:
A. bila balasan 1 dan 2 benar
B. bila balasan 1 dan 3 benar
C. bila balasan 2 dan 3 benar
D. bila balasan 1, 2, dan 3 benar

39. Pembagian urusan pemerintahan kepada pemerintah tempat dilakukan melalui mekanisme …
1. penyerahan
2. pengakuan
3. pembantuan
Jawab:
A. benar, pembagian urusan dilaksanakan melalui mekanisme penyerahan atau pengakuan

40. Urusan wajib pemerintah tempat kabupaten antara lain …
1. pertanian
2. pendidikan
3. perumahan
Jawab:
C. benar, pendidikan dan perumahan merupakan urusan wajib

41. Faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pembentukan organisasi pemerintah tempat berdasarkan Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 ialah …
1. keuangan
2. kebutuhan daerah
3. cakupan tugas
Jawab:
D. benar, faktor yang perlu dipertimbangkan keuangan, kebutuhan tempat dan cakupan tugas

42. Tujuan pembuatan struktur organisasi pemerintah tempat antara lain …
1. mengorganisasikan sumber daya
2. menunjang taktik organisasi
3. menyiapkan suksesi
Jawab:
D. benar, tujuan pembuatan struktur organisasi bukan hanya mengorganisasikan sumber daya dan menunjang taktik organisasi tetapi juga menyiapkan suksesi

43. Aktivitas yang dilaksanakan dalam sistem kepegawaian tempat meliputi ...
1. perencanaan
2. penggajian
3. pemberhentian
Jawab:
D. benar, sistem kepegawaian tempat bukan hanya melaksanakan perencanaan dan penggajian tetapi juga pemberhentian

44. Lain-lain pendapatan tempat yang sah berdasarkan jenis pendapatannya terdiri dari ...
1. dana alokasi khusus
2. dana darurat
3. hibah
Jawab:
C. benar, lain-lain pendapatan tempat yang sah terdiri dari pendapatan hibah, dana darurat,sedangkan dana alokasi khusus merupakan dana perimbangan

45. Bentuk pengawasan DPRD terhadap penyelenggaraan pemerintah tempat meliputi pengawasan atas pelaksanaan ...
1. peraturan daerah
2. anggaran daerah
3. kebijakan pemerintah daerah
Jawab:
D. benar, pengawasan DPRD bukan hanya terhadap peraturan tempat dan anggaran tempat tetapi juga terhadap kebijakan pemerintah daerah

Selengkapnya, silahkan langsung saja anda klik disini

Demikian yang terbaru, terkait dengan Soal Ujian UT Ilmu Pemerintahan Semester 4 dengan Kunci Jawaban


Related Posts

Post a Comment