- Pemberitahuan di SIM-PKB, akseptor mengisi form isian, menentukan bidang studi yg akan diikuti dalam PPG 2018 dan mengunggah Ijazah S1.
- Setelah mendaftar, data akan diverifikasi oleh LPMP untuk ditolak atau dijadikan calon akseptor seleksi PPG 2018.
- Peserta seleksi PPG 2018 harus mengikuti ujian seleksi (mulai tanggal 25, lokasi menyusul akan diinfokan GTK).
- Jika lolos seleksi, gres GTK pilah untuk diundang pelaksanaan PPG di tahun 2018
Pendataan ini hanya dilakukan dari tanggal 1 - 20 November 2017. Tahapan yang ada di tahun 2017 ini hanya merupakan seleksi guru-guru mana saja yang layak mengikuti PPG 2018 . Jika tidak layak, menunggu pendataan kembali ditahun depan.
Berdasarkan tahapan pada point ketiga "Peserta seleksi PPG 2018 harus mengikuti ujian seleksi", maka bapak/ibu guru yang telah mendaftar dan berkasnya telah diterima dan dijadikan calon akseptor seleksi PPG 2018 alangkah baiknya mempersiapkan diri dengan belajar, berguru dan berguru serta berlatih menjawab soal-soal kompetensi pedagogik (kalau kompetensi profesional, saya yakin bapak ibu sekalian sudah profesional di bidang keilmuannya).
Berikut ini saya share 100 SOAL PERSIAPAN SELEKSI PPG 2018 KOMPTENSI PEDAGOGIK yang saya peroleh dari seseorang yang baik hatinya untuk berbagi.
100 SOAL PERSIAPAN UJIAN SELEKSI PPG 2018 KOMPETENSI PEDAGOGIK
1. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi duduk kasus yang mereka hadapi, kemudian duduk kasus itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapat solusinya. Ilustasi ini berkaitan dengan perkembangan ....
A. kemampuan kognitif
B. kemampuan interaksional
C. kemampuan integrasi diri
D. kemampuan komunikatif
2. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
A. kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan untuk memecahkan masalah
C. kemampuan berinteraksi
D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri
3. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah nalar tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
A. 0 - 2 tahun
B. 2 -- 7 tahun
C. 7 -- 11/12 tahun
D. 11/12/ -- 14/15 tahun
4. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media yakni sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan
A. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan kaidah nalar yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)
5. Kemampuan akseptor didik untuk membina korelasi dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….
A. Kognitif
B. Sosial
C. Emosional
D. moral
6. Seorang akseptor didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika sahabat lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung berguru sendiri. Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan
A. sosial-emosional
B. kognitif
C. moral
D. spiritual
7. Peserta didik telah mempunyai yang mempunyai moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan sopan santun alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu instruksi sopan santun pribadi. Hal ini merupakan contoh sikap moral-spritual pada tahapan ...
A. budi budi pascakonvensional
B. budi budi konvensional
C. budi budi prakonvensional
D. budi budi interkonvensional
8. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung hukum social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga.
Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral
A. Prakonvensional
B. Konvensional
C. Pascakonvensional
D. Interkonvensional
9. Memaksimalkan aktivitas ekstrakurikuler, melaksanakan rekreasi dengan guru, dan melaksanakan aktivitas informal lainnya mempunyai fungsi untuk mengatasi kesulitan berguru dalam hal ….
A. mengemukakan gagasan
B. mengaktualisasikan diri
C. penciptaan korelasi yang baik
D. menformulasikan tindakan
10. Seorang akseptor didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih bahagia tinggal di sekolah hingga sore, petugas kebersihan sekolah hingga menyuruhnya pulang alasannya yakni matahari hampir tenggelam. Peserta didik tersebut dicurigai mempunyai hambatan pengembangan potensi berupa faktor ....
A. intelegensi dan kognitif
B. budaya dan pembiasaan
C. keluarga dan lingkungan masyarakat
D. emosional dan kepribadian
11. Seorang akseptor didik bisa mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada dikala ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan berguru dalam hal ....
A. kesulitan akademis
B. gangguan simbolik
C. gangguan nonsimbolik
D. gangguan sosial
12. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....
A. Membantu siswa semoga sanggup memecahkan duduk kasus pribadinya
B. Menbantu siswa semoga sanggup melaksanakan penyesuaian diri dengan lingkungannya
C. Membantu siswa semoga sanggup mengatasi kesulitan belajar
D. Membantu siswa semoga memperoleh informasi tertentu
13. Teori ini memandang berguru sebagai hasil dari pembentukan korelasi antara rangsangan dari luar (stimulus) dan tanggapan dari siswa (response) yang sanggup diamati. Semakin sering korelasi (bond) antara rangsangan dan tanggapan terjadi, maka akan semakin kuatlah korelasi keduanya (law of exercise). Teori berguru yang dimaksud adalah…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme
14. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, menciptakan dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, mengambarkan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A. Sibernetik
B. Humannistik
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme
15. Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran yakni sebagai fasilitator, motivator, dan menunjukkan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori berguru ini berusaha memahami sikap berguru dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori berguru ini yakni ….
A. Humanistik
B. Konstruktivisme
C. kognitivisme
D. Nativisme
16. Pada masa sekarang siswa dituntut untuk sanggup berguru setiap dikala dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi alasannya yakni kemajuan teknologi yang memungkinkan berguru jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori berguru ….
A. Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme
17. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang gres sanggup terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang yakni teori belajar…
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Sibernatik
18. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil berguru yang diharapkan dicapai oleh akseptor didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL
19. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....
A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
C. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
20. Silabus dan RPP sama-sama sebagai planning proses pembelajaran, perbedaannya yakni sebagai berikut:
A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan aktivitas berguru untuk mencapai kompetensi dasar
B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C. RPP dibentuk oleh setiap guru, sedangkan silabus dibentuk oleh tim guru
D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.
21. Salah satu prinsip dalam penyusunan planning pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah
A. Materi atau materi didik berbasis kompetensi
B. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada akseptor didik
C. RPP bersumber dari silabus
D. Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan
22. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia yakni sebagai berikut ......
1) Kompetensi dasar :Mengenal aktivitas bermusyawarah
2) Indikator : menyebutkan dua ciri aktivitas bermusyawarah
3) Tujuan Pembelajaran : sehabis pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa sanggup menyebutkan dua ciri aktivitas musyawarah dengan benar
Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip dipakai adalah....
A. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
B. Mendorong partisipasi aktif akseptor didik
C. Memperhatikan perbedaan individu akseptor didik
D. Keterkaitan dan keterpaduan
23. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sÃntesis, dan evaluasi
C. ingatan, pemahaman, sÃntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, sÃntesis.
24. Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sÃntesis
C. ingatan, pemahaman, sÃntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan, mencipta.
25. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan duduk kasus yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menuntaskan duduk kasus yang dihadapi dengan tepat, adalah….
A. Role Playing
B. Inquiry
C. Problem Solving
D. Picture and Picture
26. Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan duduk kasus proses pembelajaran adalah:
A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B. Rumusan duduk kasus yang harus didiskusikan
C. Jumlah akseptor didik yang mengikti pembelajaran
D. Motivasi berguru siswa
27. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….
A. Pencapaian standar kompetensi
B. Pencapaian kompetensi dasar.
C. Pencapaian tujuan pembelajaran
D. Pencapaian standar kelulusan
28. Apa yang paling sempurna dilakukan guru, jikalau seorang akseptor didik tidak menunjukkan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?
A. Menunjuk akseptor didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut
B. Memberikan kritik semoga akseptor didik berusaha menjawab walaupun salah
C. Menyederhanakan isi pertanyaan semoga gampang dipahami akseptor didik
D. Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.
29. Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya ....
A. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual akseptor didik.
B. Adanya korelasi yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
C. Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
D. Komponen-komponen silabus saling berafiliasi secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
30. Ciri-ciri kelas yang memakai pembelajaran CTL yakni sebagai berikut, kecuali....
A. Sharing dengan teman
B. Guru kreatif
C. Pengalaman nyata
D. Menggunakan satu sumber
31. Dalam menentukan dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan menunjukkan bantuan untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…
A. Sahih
B. Kebermanfaatan
C. Layak dipelajari
D. Menarik minat
32. Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal gres dan dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Rossa mengikuti pola....
A. Kausal
B. Spiral
C. Kronologis
D. inquiri
33. Memilih media pembelajaran hendaknya dihentikan sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk berguru individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal.
Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam kriteria...
A. tujuan
B. sasaran didik
C. ketersediaan
D. konteks penggunaan
34. Pada dikala mempersiapkan pembelajaran seorang guru sanggup menyusun seni administrasi pembelajaran dan menentukan media yang akan dipakai dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan menentukan media pembelajaran adalah…
A. Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah
B. Pendidik harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.
C. Pendidik harus beradaptasi dengan kemampuan sekolah.
D. Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.
35. Pada dikala mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus sanggup menentukan jenis media yang sempurna sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media sanggup dibagi ke dalam..
A. media yang mempunyai daya liput yang luas dan media yang mempunyai daya liput terbatas
B. media yang dpat didengar saja dan media yang sanggup dilihat
C. media tradisional dan media berbasis TIK
D. media dua dimensi dan media tiga dimensi
36. Di ruang media tersedia aneka macam macam media yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya sanggup memanfaatkan media dan menentukan media mana yang akan digunakan. Dia mempunyai beberapa pertimbangan dalam hal ini.
Pertimbangan dalam menentukan media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah...
A. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis.
B. Sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan.
C. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan
D. Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media
37. Seorang guru harus bisa memanfaatkan media pembelajaran dan sumber berguru untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah:
A. media pembelajaran yang paling baik yakni media yang berbasis TIK
B. sebuah media sanggup dipakai untuk semua aktivitas pembelajaran
C. media sanggup dipakai sebagai pembawa pesan dalam suatu aktivitas pembelajaran
D. menentukan media tidak perlu banyak pertimbangan semoga tidak merepotkan
38. Setiap materi pembelajaran mempunyai tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan akseptor didik memahami materi yang mempunyai tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.
Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah:
A. Menampilkan objek yang terlalu besar
B. Membuat konkrit konsep yang abstrak
C. Menampilkan objek yang tidak sanggup diamati dengan mata telanjang.
D. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
39. Media mempunyai fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya dikala guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, beliau tinggal memakai medianya saja.
Berikut ini yakni salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut:
A. Menampilkan objek yang terlalu besar, contohnya pasar, candi.
B. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
C. Membuat konkret konsep yang abstrak, contohnya untuk menjelaskan peredaran darah.
D. Menampilkan objek yang tidak sanggup diamati dengan mata telanjang.
40. Seorang guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat langsung atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang sanggup dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah…
A. book
B. forum
C. blog
D. e-portofolio
41. Seorang guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi mengenai pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Pengertian googling dalam istilah internet tersebut adalah…
A. jadwal mencari informasi
B. program desktop publishing
C. program untuk menjelajahi laman
D. jadwal penciptaan laman
42. Saat kita akan informasi wacana suatu topik atau judul sanggup memakai aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine).
Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah...
A. www.yahoo.com
B. www.gmail.com
C. www.hotmail.com
D. www.cari-data.com
43. Seorang guru akan menciptakan media untuk menampilkan contoh surat, tabel, gambar dan aneka macam dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang sanggup dipakai untuk memfasilitasi aktivitas guru tersebut adalah...
A. Microsoft Database
B. Microsoft PowerPoint
C.Microsoft Desktop Publishing
D. Microsoft Word
44. Seorang guru sanggup menampilkan materi tayang yang menarik perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program tampilan materi tayang ini difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang sanggup dipakai untuk menciptakan materi presentasi adalah....
A. Microsoft Database
B. Microsoft Spread Sheet
C. Microsoft powerpoint
D. Microsoft Desktop Publishing
45. pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan aneka macam teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan pecahan dari model pembelajaran…
A. portofolio
B. saintifik
C. penemuan
D. autentik
46. Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan memakai duduk kasus sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan gres berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing akseptor didik berkolaboratif yang mengintegrasikan aneka macam subjek (materi) dalam kurikulum.
Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ....
A. projek based learning
B. discovery Learning
C. Problem Based Learning
D. Inquiry learning
47. Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul aneka macam macam alternatif pendapat.
Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ....
A. Project based learning
B. inquiry learning
C. Discovery learning
D. problem based learning
48. Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning :
1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2) Mendesain Perencanaan Proyek,
3) Menyusun Jadwal (Create a Schedule),
4) Memonitor akseptor didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),
5) Menguji Hasil (Assess the Outcome),
6) Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).
Urutan yang benar yakni ....
A. 1-2-3-4-5-6
B. 1-3-2-4-5-6
C. 1-3-2-5-6-4
D. 1-2-3-5-4-6
49. Perhatikan langkah-langkah aktivitas pembelajaran yang masih acak berikut ini!
1) Mengorganisasi siswa dalam belajar
2) Orientasi siswa pada masalah
3) Membimbing penyelidikan siswa secara berdikari atau kelompok
4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang sempurna yakni ....
A. 1-2-3-4
B. 2-3-1-4
C. 3-2-1-4
D. 2-3-1-4
50. Kriteria keberhasilan berguru siswa ditentukan dengan memakai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM yakni rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM dibutuhkan faktor-faktor….
A. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru
B. Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
C. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa
D. Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa
51. Fungsi KKM yakni sebagai berikut, kecuali....
A. sebagai pola akseptor didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
B. merupakan sasaran satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
C. dapat dipakai sebagai pecahan dari komponen dalam melaksanakan penilaian jadwal pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
D. Sebagai aktivitas pengambilan keputusan yang sanggup dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.
52. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….
A. Pencapaian standar kompetensi
B. Pencapaian kompetensi dasar.
C. Pencapaian tujuan pembelajaran
D. Pencapaian standar kelulusan
53. Untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran, tindakan yang perlu dilakukan guru adalah;
A. Menilai tingkat pencapaian hasil berguru siswa
B. Menambah materi pelajaran baru
C. Mengetahui jumlah siswa yang tidak akan mengikuti jadwal tindak lanjut
D. Memilih waktu yang sempurna untuk melaksanakan jadwal tindak lanjut
54. Instrumen yang diguanakan untuk menilai sikap siswa dalam proses pembelajaran adalah:
A. Pedoman observasi
B. Kuesioner
C. Pedoman wawancara
D. Tes hasil belajar
55. Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil berguru akseptor didik, manakah yang pertama kali harus dipelajari:
A. Buku sumber yang digunakan
B. Kurikulum dan silabus
C. Indikator pencapaian kompetensi
D. Kemampuan awal siswa
56. Salah satu prinsip dalam penilaian hasil berguru akseptor didik yakni penilaian harus terpadu artinya:
A. penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan yang harus diukur
B. penilaian merupakan pecahan yang tak terpisahkan dari aktivitas pembelajaran
C. penilian berdasarkan kriteria yang terang wacana kompetensi yang harus dicapai
D. penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi
57. Instrumen penilaian hasil berguru yang dipakai pendidik harus memenuhi persayaratan berikut, kecuali:
A. Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan
B. Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang dinilai
C. Bahasa yang dipakai komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan akseptor didik
D. Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan final semester
58. Untuk mengetahui prestasi berguru yang dicapai oleh semua akseptor didik pada satu rombongan berguru sanggup dilakukan dengan menghitung nilai;
A. Mean
B. Modus
C. Median
D. Simpangan baku
59. Standar penilaian pendidikan merupakan pola bagi guru dalam melaksanakan
A. Penilaian hasil berguru akseptor didik
B. Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru
C. Penilaian silabus dan RPP
D. Penilaian standar kompetensi lulusan
60. Penilaian yakni penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian sanggup berupa hasil berguru akseptor didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan korelasi emosional. Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian….
A. Objektivitas.
B. Transparan
C. Bermakna
D. Menyeluruh
61. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan berguru optimal tampak dalam aktivitas guru sebagai berikut:
A. Memberikan pemanis materi berupa sumber didik dari pengarang yang berbeda
B. memberikan test pemanis dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C. memberikan pemanis sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D. diberikan materi materi didik yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang mempunyai kesulitan tinggi
62. Dasar rancangan jadwal remidi bagi akseptor didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan berguru ….
A. proses pengajaran remedial intinya yakni proses berguru mengajar biasa
B. tujuan pengajaran remedial yakni sama dengan test diagnostik
C. sasaran terpenting pengajaran remidial yakni peningkatan kecerdasan siswa
D. seni administrasi yang dipilihhanya berbentuk test ulang
63. Salah satu prinsip merancang jadwal remidial bagi akseptor didik tampak dalam aktivitas guru ….
A. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa akseptor remedial
B. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibentuk dengan memperhatikan hasil temuan analisis penilaian berguru siswa
C. Menggunakan rancangan pembelajaran gres yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan klarifikasi materi
64. . Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria ketuntasan berguru yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan:
A. Nilai batas ambang kompetensi
B. Nilai minimal yang dicapai akseptor didik
C. Nilai maksimal yang dicapai akseptor didik
D. Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah
65. Penilaian portofolio sanggup dilaksanakan dengan cara ….
A. Memberikan penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa
B. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
C. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
D. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial
66. Penilaian hasil berguru siswa didasarkan pada karya siswa dan kiprah siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post test disebut ....
A. Konstruktivisme
B. Authentic assesment
C. Efektif
D. kondusif
67. Pendekatan tes ini memakai norma yang disusun secara relatif berdasarkan distribusi skor yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor standar yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini (PAN) mencerminkan status individu di dalam kelompok.
Pendekatan tes yang dimaksud adalah….
A. Penilaian berkelanjutan
B. penilaian menyeluruh
C. penilaian pola patokan
D. penilaian pola norma
68. Kurikulum 2013 memakai pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian pola kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan berguru minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik akseptor didik. Dengan demikian, Kurikulum 2013 memakai pendekatan penilaian yang didasarkan pada pendekatan ....
A. Penilaian berkelanjutan
B. Penilaian autentik
C. Penilaian pola patokan
D. Penilaian pola norma
69. Menggambarkan sejauh mana seorang akseptor didik telah menguasai suatu kompetensi, merupakan…
A. tujuan penilaian
B. prinsip penilaian
C. fungsi penilaian
D. hasil penilaian
70. Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok akseptor didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran remidial dan jadwal pengayaan merupakan….
A. prinsip penilaian
B. tujuan penilaian
C. fungsi penilaian
D. bentuk penilaian.
71. Assesment hasil berguru akseptor didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:
A. objektif
B. adil
C. kooperatif
D. terpadu.
72. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:
A. adil
B. objektif
C. valid
D. sistematis
73. Penilaian yang sanggup dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A. adil
B. akuntabel
C. valid
D. sistematis
74. Penilaian yang dilakukan secara berencana dan sedikit demi sedikit dengan mengikuti langkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A. adil
B. objektif
C. valid
D. sistematis
75. Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan assesmen hasil berguru akseptor didik, kecuali….
A. ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi
B. menggunakan pola kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi
C. ditindaklanjuti dengan jadwal remedial dan pengayaan
D. dilakukan pengulangan jikalau ternyata akhirnya banyak yang jelek
76. Program pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan akseptor didik untuk berguru sesuai dengan kecepatan, kesempatan, dan gaya berguru masing-masing. Pembelajaran remedial harus mengakomodasi perbedaan individual akseptor didik.Pernyataan di atas termasuk salah prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial, yaitu...
A. Fleksibilitas
B. Interaktif
C. Adaptif
D. Kesinambungan
77. Berdasarkan data hasil penilaian pembelajaran wacana memahami teks anekdot ternyata akhirnya tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti jadwal remidial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti jadwal pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa sanggup dilakukan oleh guru dengan cara...
A. Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD tersebut
B. Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial
C. Melanjutkan materi pada KD selanjutnya
D. Memberi kiprah mengerjakan lembar kerja siswa
78. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan berguru optimal tampak dalam aktivitas guru sebagai berikut:
A. Memberikan pemanis materi berupa sumber didik dari pengarang yang berbeda
B. memberikan test pemanis dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C. memberikan pemanis sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D. diberikan materi materi didik yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang mempunyai kesulitan tinggi
79. Dasar rancangan jadwal remidi bagi akseptor didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan berguru ….
A. proses pengajaran remedial intinya yakni proses berguru mengajar biasa
B. tujuan pengajaran remedial yakni sama dengan test diagnostik
C. sasaran terpenting pengajaran remidial yakni peningkatan kecerdasan siswa
D. seni administrasi yang dipilihhanya berbentuk test ulang
80. Salah satu prinsip merancang jadwal remidial bagi akseptor didik tampak dalam aktivitas guru ….
A. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa akseptor remedial
B. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibentuk dengan memperhatikan hasil temuan analisis penilaian berguru siswa
C. Menggunakan rancangan pembelajaran gres yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan klarifikasi materi
81. Agar sanggup menyusun hipotesis tindakan dengan tepat, Anda sanggup melaksanakan kegiatan-kegiatan. Salah satu aktivitas itu yakni pengkajian teoretik di bidang pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut merupakan aktivitas PTK pada langkah ...
A. merumuskan masalah
B. mengidentifikasi masalah
C. Merancang PTK dengan mengajukan hipotesis tindakan
D. menyusun proposal penelitian
82. Mengetahui proses tindakan, efek tindakan (yang disengaja dan tak sengaja), (c) keadaan dan hambatan tindakan, (d) bagaimana keadaan dan hambatan tersebut menghambat atau mempermudah tindakan dan pengaruhnya merupakan aktivitas PTK pada langkah ….
A. refleksi
B. observasi
C. perencanaan
D. pelaksanaan
83. Model rancangan PTK terletak pada alur pelaksanaan tindakan yang dilakukan. Hal ini sekaligus menjadi penanda atau ciri khusus yang membedakan PTK dengan jenis penelitian lain. Adapun alur penelitian tindakan yang dimaksud yakni ….
A. A. observasi --> refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan
B. refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi
C. perencanaan --> observasi --> pelaksanaan tindakan --> refleksi
D. perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi --> refleksi
84. Rumusan duduk kasus dalam PTK berikut, yang mana paling sempurna disebut sebagai rumusan duduk kasus PTK?
A. Apakah efek permainan kiprah sanggup meningkatkan keaktifan siswa kelas XI Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali?
B. Bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IPA 2?
C. Mengapa siswa Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali selalu menjadi juara dalam aneka macam perlombaan nasional?
D. Bagaimana cara memakai alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah?
85. Dalam Penelitian tindakan kelas, duduk kasus yang diteliti berasal dari ....
A. kerisauan guru akan kinerjanya di kelas yang diajar
B. keriasauan pendidik akan mutu pendidikan
C. keinginan untuk membantu guru
D. kepedulian peneliti akan kinerja guru
86. Di bawah ini yakni prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK) berdasarkan Suharsimi Arikunto, kecuali….
A. Kesadaran diri untuk memperbaiki kinerja
B. Kegiatan yang direkayasa
C. Perencanaan
D. Upaya empiris dan sistematis
87. Pola perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara sedikit demi sedikit dan terus-menerus merupakan karakteristik PTK dalam hal….
A. Pengumpulan data
B. Menganalisis masalah
C. Mencapai tujuan
D. Menentukan ruang lingkup
88. Peran guru dalam PTK yakni sebagai…
A. Guru
B. Peneliti
C. Guru dan Peneliti
D. Objek Penelitian
89. Berikut ini aktivitas PTK pada tahap pertengahan tindakan, kecuali….
A. Pelaksanaan tindakan
B. Observasi dan intepretasi
C. Diskusi balikan
D. Analisis data
90. Tujuan PTK adalah…
A. Perbaikan KBM
B. Menyusun teori baru
C. Memperbaiki teori
D. Menyusun generalisasi
91. Merenungkan kembali tindakan perbaikan dan dampaknya serta mencari jalan keluar untuk tindak lanjut PTK merupakan…
A. Analisis
B. Refleksi
C. Observasi
D. Diskusi
92. Latar belakang, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian harus menjadi pecahan dari PTK khususnya pada bagian….
A. Kesimpulan
B. Prosedur penelitian
C. Pendahuluan
D. Metodologi penelitian
93. Persiapan awal dalam PTK adalah…
A. Menyiapkan cara wawancara
B. Membuat analisis kelayakan hipotesis
C. Membuat planning (perbaikan) pembelajaran dan skenarionya
D. Menyiapkan fasilitas dan sarana
94. Proposal penelitian dalam PTK adalah….
A. Usulan untuk mendapat dana penelitian
B. Uraian wacana komponen-komponen yang harus dilakukan guru
C. Uraian projek penelitian pendidikan
D. Perencanaan sistematik untuk melaksanakan PTK
95. Berikut ini langkah-langkah dalam tahap perencanaan tindakan dalam PTK, kecuali…
A. Formulasi solusi dalam bentuk hipotesis tindakan
B. Analisis kelaikan hipotesis tindakan
C. Persiapan tindakan
D. Observasi dan inperetasi.
96. Kegiatan yang harus dilakukan sehabis pembelajaran adallah melaksanakan refleksi. Refleksi ini tidak hanya dilaksanakan pendidik saja, tetapi juga oleh akseptor didik. Tujuan dilakukannya refleksi pembelajaran bagi akseptor didik adalah....
A. untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalam pembelajaran
B. untuk mencapai kepuasaan diri akseptor didik memperoleh wadah yang sempurna dalam menjalin komunikasi positif dengan pendidik.
C. untuk meningkatkan motivasi berguru akseptor didik dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya
D. untuk mencapai kepuasaan diri pendidik memperoleh wadah yang sempurna dalam menjalin komunikasi positif dengan akseptor pendidik.
97. Kegiatan yang harus dilakukan sehabis pembelajaran yakni melaksanakan refleksi. Tujuan dilakukan refleksi pembelajaran bagi pendidik antara lain yakni ….
A. Untuk menganalisis tingkat keberhasilan proses dan hasil berguru akseptor didik
B. Untuk melaksanakan penilaian diri terhadap hasil berguru yang telah dilakukan
C. untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pembelajaran
D. Untuk mengembangkan model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
98. Kegiatan refleksi merupakan aktivitas terakhir dari pelaksanaan pembelajaran. Pada aktivitas inilah guru akan sanggup mengetahui berhasil tidaknya planning pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan dengan memperhatikan beberapa prinsip, diantaranya yakni ....
A. Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
B. Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian dilaksanakan di final pembelajaran
D. Penilaian dilaksanakan semenjak awal pembelajaran hingga final pembelajaran
99. Refleksi terhadap pembelajaran mutlak harus dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya sendiri dengan memperhatikan beberapa prinsip, di antaranya yakni ….
A. Penilaian dilaksanakan di final pembelajaran
B. Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian oleh akseptor didik dilakukan dengan sangat kritis
D. Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
100.Untuk mengetahui keberhasilan berguru akseptor didik, baik selama maupun sehabis akseptor didik mengikuti pembelajaran tertentu sanggup dilihat melalui pengamatan keaktifan akseptor didik dalam bekerjasama atau wawancara wacana kesulitan-kesulitan yang dihadapi akseptor didik selama mengikuti pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang sanggup menjelaskan menunjukkan klarifikasi tetang hasil wawancara atau pengamatan diantaranya yakni ...
A. Mengapa akseptor didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran?
B. Bagaimanakah proses pembelajaran yang dilakukan semoga efektif?
C. Apakah kompetensi awal akseptor didik untuk mengikuti pembelajaran memadai?
D. Mengapa akseptor didik kita menunjukkan respon negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang kita lakukan
Post a Comment
Post a Comment