-->

Stop Hoax

 Hoax yakni kata yang berarti ketidakbenaran suatu informasi Stop Hoax

Arti kata HOAX

Berikut ini merupakan arti kata Hoax:
1. Hoax yakni kata yang berarti ketidakbenaran suatu informasi.
2. Hoax yakni informasi bohong.
3. Hoax yakni informasi bohong, tidak bersumber.

Jadi, Hoax adalah sebuah kata yang dipakai untuk menawarkan sebuah pemberitaan palsu atau perjuangan untuk menipu atau mengakali pembaca atau pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pembuat informasi palsu tahu bahwa informasi tersebut palsu.

Dengan menyebarkan hoax, sama saja artinya kita ikut mengembangkan kabar bohong. Yang diuntungkan di sini yakni sang pembuat hoax. Karena itu, sebelum memencet tombol Share, Retweet atau Forward, kita sebaiknya menyelidiki terlebih dahulu kebenaran informasi yang kita sanggup dari media sosial. Jangan eksklusif disebarkan.

Agar tidak tertipu dengan informasi palsu, ada beberapa cara yang sanggup kita lakukan. 

Pertama, cek dulu sumber beritanya dari mana. Lakukan cross check dengan mengunjungi eksklusif situs orisinil yang pertama kali memuat informasi tersebut. Lihat apakah situs media-media yang kredibel juga banyak yang memuat informasi tersebut. 

Berita-berita hoax yang beredar di internet biasanya cenderung bernada provokatif atau kontroversial, tujuannya memang untuk menggiring pandangan bahkan memancing emosi pembacanya. 

Kedua, cek URL situs yang digunakan. Sebuah instansi resmi tidak akan memakai layanan blog gratisan. Nama situsnya juga harus dicek. Tidak sedikit informasi hoax yang beredar memakai situs yang namanya seolah-olah dengan nama media yang kredibel. Karena itu jangan terkecoh dan cuma baca judulnya saja. 

Ketiga, gunakan kecerdikan atau kecerdikan sehat. Jangan gampang percaya begitu saja atau terpancing dikala membaca sebuah informasi yang beredar di media sosial. Cek dan ricek lagi kebenarannya. Pilah-pilah dan telaah isi beritanya sebelum menyebarkannya ulang. Tanyakan pada diri sendiri apakah informasi tersebut bermanfaat jikalau disebar atau justru sanggup merugikan orang atau kaum lain dan memecah belah. 

Perlu diketahui, dikala ini ada aneka macam informasi yang sengaja dibentuk biar menjadi viral di internet atau media sosial, tujuannya semata-mata alasannya uang. Si pembuat hoax membuatnya biar situsnya dikunjungi banyak orang dan ia mendapat uang dari iklan yang dipasang di situsnya.

Related Posts

Post a Comment