Nah, sebelum anda melihat lebih lanjut tentang Contoh Kisi-kisi, Kartu Soal Uraian dan Pilihan Ganda pembuatan soal HOTS K13. Terlebih dahulu memahami KATA KERJA RANAH KOGNITIF (Cl – C6)
CONTOH KATA KERJA RANAH KOGNITIF (Cl – C6)
- Pengetahuan (Cl):Mengutip, Menyebutkan, Menelusuri, Menggambar, Menggambar, Membilang, Mengidentiflkasi, Mendaftar, Menunjukkan, Memberi label, Memberi indek, Memasangkan, Menamai, Menandai, Membaca, Menyadap, Menghafal, Menulis, Mencatat, Mengulang, Mereproduksi, Meninjau, Memilih, Menyatakan, Mempelajari, Mentabulasi, Memberi kode
- Pemahaman (C2):Memperkirakan, Menjelaskan, Mengkategorikan, Mencirikan, Merinci, i Mengasosiasikan, Membandingkan, Menghitung, Mengkontrasikan, Mengubah, Mempertahankan, Menguraikan, Menjalin, Membedakan, Mendiskusikan, Menggali, Mencontohkan, Menerangkan, Mengemukakan, Mempolakan, Memperluas, Menyimpulkan, Meramalkan, Merangkum, Menjabarkan;
- Penerapan (C3):Menugaskan, Mengurutkan, Menentukan, Menerapkan, Menyesuaikan, Mengkalkulasi, Memodifikasi, Mengklasifikasi, Menghitung, Membangun, Mengurutkan, Membiasakan, Mencegah, Menentukan, Menggambarkan, Menggunakan, Menilai, Melatih, Menggali, Mengemukakan, Mengadaptasi, Menyelidiki, Mengoperasikan, Mempersoalkan, Mengkonsepkan, Melaksanakan, Meramalkan, Memproduksi, Memproses, Mengaitkan, Mensuimulasikan, Memecahkan, Mel.akukan, Mentabulasi, Menyusun, Memproses, Meramalkan;
- Analisis (C4):Menganalisis, Mengaudit, Memecahkan, Menegaskan, Mendeteksi, Mendiagnosis, Menyeleksi, Memerinci, Menominasikan, Mendiagramkan, Mengkorelasikan, Merasionalkan, Menguji, Mencerahkan, Menjelajah, Membagankan, Menyimpulkan, Menemukan, Menelaah, Memaksimalkan, Memerintahkan, Mengedit, Mengaitkan, Memilih, Mengukur, Melatih, Mentransfer
- Sintesis (C5):
Mengabstraksi, Mengatur, Menganimasi, Mengumpulkan, Mengkategorikan, Mengkode, Mengkombinasikan, Menyusun, Mengarang, Membangun, Menanggulangi, Menghubungkan, Menciptakan, Mengkreasikan, Mengoreksi, Merancang, Merencanakan, Mendikte, Meningkatkan, Memperjelas, Memfasilitasi, Membentuk, Merumuskan, Menggeneralisasi, Menggabungkan, Memadukan, Membatasi, Mereparasi, Menampilkan, Menyiapkan, Memproduksi, Merangkum, Merekonstruksi;
- Penilaian (C6):Membandingkan, Menyimpulkan, Menilai, Mengarahkan, Mengkritik, Menimbang, Memutuskan, Memisahkan, Memprediksi, Memperjelas, Menugaskan, Menafsirkan, Mempertahankan, Memerinci, Mengukur, Merangkum, Membuktikan, Memvalidasi, Mengetes, Mendukung, Memilih, Memproyeksikan.
Dalam ranah kognitif itu terdapat enam aspek atau jenjang proses berkir, mulai dari jenjang terendah hingga dengan jenjang yang paling tinggi. Keenam jenjang atau aspek yang dimaksud adalah:
- Pengetahuan/hafalan/ingatan (knowledge) Adalah kemampuan seseorang untuk mengingat-ingat kembali (recall) atau mengenali kembali ihwal nama, istilah, ide, rumus-rumus, dan sebagainya, tanpa mengharapkan kemampuan untuk menggunkannya. Pengetahuan atau ingatan ialah merupakan proses berkir yang paling rendah;
- Pemahaman (comprehension) Adalah kemampuan seseorang untuk mengerti atau memahami sesuatu sesudah sesuatu itu diketahui dan diingat. Dengan kata lain, memahami ialah mengetahui ihwal sesuatu dan sanggup melihatnya dari banyak sekali segi. Seseorang penerima didik dikatakan memahami sesuatu apabila ia sanggup menawarkan klarifikasi atau memberi uraian yang lebih rinci ihwal hal itu dengan memakai kata-katanya sendiri. Pemahaman merupakan jenjang kemampuan berkir yang setingkat lebih tinggi dari ingatan atau hafalan;
- Penerapan (application) Adalah kesanggupan seseorang untuk menerapkan atau memakai ide-ide umum, tata cara ataupun metode-metode, prinsip-prinsip, rumus-rumus, teori-teori dan sebagainya, dalam situasi yang gres dan kongkret. Penerapan ini ialah merupakan proses berkir setingkat lebih tinggi ketimbang pemahaman;
- Analisis (analysis) Adalah kemampuan seseorang untuk merinci atau menguraikan suatu materi atau keadaan berdasarkan bagianbagian yang lebih kecil dan bisa memahami hubungan di antara bagian-bagian atau faktor-faktor yang satu dengan faktor-faktor lainnya. Jenjang analisis ialah setingkat lebih tinggi ketimbang jenjang aplikasi;
- Sintesis (syntesis) Adalah kemampuan berkir yang merupakan kebalikan dari proses berkir analisis. Sisntesis merupakan suatu proses yang memadukan bagian-bagian atau unsur-unsur secara logis, sehingga bermetamorfosis menjadi suatu pola yang yang berstruktur atau bebrbentuk pola baru. Jenjang sintesis kedudukannya setingkat lebih tinggi daripada jenjang analisis.
perbedaan soal hots dengan soal bukan hots
Contoh Soal Hots Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 K13
Muatan Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : 4/2
Kompetensi Dasar : Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup
serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.
Materi : Pertumbuhan binatang
Kelas/Sem : IV/2
Indikator Soal : Disajikan siklus daur hidup binatang tertentu, siswa sanggup menyimpulkan kejadian yang akan terjadi jikalau suatu fenomena acara insan mempengaruhi siklus tersebut.
Level Kognitif : 3 (menganalisis-C4)
Soal :
Apa yang akan terjadi terhadap siklus pertumbuhan kupu-kupu apabila kebutuhan kain sutra meningkat dengan tajam?
Kunci Jawaban : Kebutuhan kain sutra yang meningkat menjadikan kebutuhan ulat sutra meningkat sehingga menjadikan menurunnya jumlah populasi kepompong dan kupu-kupu. Lambat laun kupu-kupu bisa punah.
Contoh Soal Hots Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 K13
Muatan Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : 5/1
No | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator Soal | Level Kognitif | Bentuk Soal | No Soal |
3.2 | Menjelaskan dan melaksanakan perkalian dan pembagian pecahan dan desimal | perkalian dan pembagian pecahan dan decimal | Siswa sanggup menghitung operasi pembagian pada pecahan bentuk biasa, campuran, desimal, dan persen | C4 | pilgan | 1 |
3.5 | Menjelaskan, dan memilih volume bangkit ruang dengan memakai satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga | volume bangkit ruang dengan memakai satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga | Siswa sanggup memilih volume bangkit ruang | C4 | uraian | 2 |
Kompetensi Dasar | : 3.5 Menjelaskan, dan memilih volume bangkit ruang dengan memakai satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga |
Materi | : volume bangkit ruang dengan memakai satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga |
Indikator Soal | : siswa sanggup memilih volume bangkit ruang |
Level Kognitif | : C4 |
| |
Soal: | |
Sinta ingin menciptakan kolam ikan berbentuk balok. Ia menginginkan lebar kolam ikan tersebut 30 cm, dengan panjang 3/2 kali lebarnya dan tinggi kolam ikan 4 lebihnya dari ukuran lebar.
Berapa banyak air yang dibutuhkan untuk mengisi 2/3 bab kolam ikan milik Sinta?
Penyelesaian:
Diketahui:
Lebar kolam sampah (l) = 30 cm
Panjang kolam sampah (p) = 3/2 x (l) = 3/2 x 30 = 45 cm
Tinggi kolam sampah (t) = l + 4 = 30 cm + 4 cm = 34 cm
Ditanya : 2/3 volume balok (v)
Jawab:
V = p x l x t
V = 30 cm x 45 cm x 34 cm
V = 45.900 cm3
2/3 volume balok = 2/3 x 45.900 = 30.600 cm3
Jadi, volume kolam sampah sinta adalah 30.600 cm3
PEDOMAN PENSKORAN
No. | Uraian Jawaban / Kata Kunci | Skor |
1. | Jika kosong atau tanggapan salah | 0 |
2 | Menentukan salah satu panjang/ lebar kolam benar | 1 |
3 | Menentukan panjang dan lebar kolam benar | 2 |
4 | Menentukan volume keseluruhan benar | 3 |
5 | Menentukan 2/3 volumen dengn benar | 4 |
Total Skor | 4 |
Keterangan:
Soal ini termasuk soal HOTS karena:
- Critical thinking & Problem Solving :
- Keterampilan yang sangat esensial pada era ke -21
- Critical thinking sanggup dilatih berbasis pembelajaran di kelas
- Critical problem solving meliputi :
Menganalisis situasi yang tidak familiar
Mengevaluasi seni administrasi pemecahan duduk kasus
Menciptakan metode gres pemecahan duduk kasus
Contoh Soal Hots Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 K13
KISI-KISI SOAL HOTS
Kelas/Semester : 1/1
Tema/Sub tema : Kegemaranku/ Gemar Bernyanyi dan Menari
Pembelajaran : 6 (enam)
No | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator Soal | Level Kognitif | Bentuk Soal | No Soal |
1. | 3.11 Mengenal puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengantujuan untuk kesenangan. | BAHASA INDONESIA Lagu "Ruri Abangku" | 3.11.1 Mengidentifikasi ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat | C4 | URAIAN | 1-2 |
2. | 4.4 Menyelesaikan duduk kasus kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan melibatkan bilangan cacah hingga dengan 99 | MATEMATIKA Pengurangan bilangan cacah hingga dengan 99 | 4.4.2 Menyelesaikan duduk kasus dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan | C3 | URAIAN | 3-4 |
3. | 3.2 Memahami hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah | PPKn Aturan dan tata tertib | 3.2.12 Menyebutkan hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan adik di rumah | C1 | URAIAN | 5 |
...
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas
............................... ...................................
KARTU SOAL NOMOR 1-2
URAIAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 1/1
Tema/Sub tema : Kegemaranku/ Gemar Bernyanyi dan Menari
Pembelajaran : 6 (enam)
Kompetensi Dasar | 3.11 Mengenal puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan. |
Materi | Puisi dan Lagu |
Indikator Soal | 3.11.1 Mengidentifikasi ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat |
Level Kognitif | C4 |
Soal :
1. Bercerita ihwal apa lagu "Ruri Abangku" ?
2. Menurutmu bagaimana perasaan adik terhadap Ruri?
Pedoman Penskoran
nomor | Uraian Jawaban / Kata Kunci | Skors |
1. | Tentang seorang kakak/abang | 20 |
2. | Adik bangga, ingin ibarat Ruri. | 20 |
Total Skors | 40 |
Keterangan :
Soal ini termasuk Hots karena :
1.kemampuan berpikir tingkat tinggi
2.Berbasis permasalahan kontekstual
...
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas
............................... ...................................
KARTU SOAL NOMOR 3-4
URAIAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : 1/1
Tema/Sub tema : Kegemaranku/ Gemar Bernyanyi dan Menari
Pembelajaran : 6 (enam)
Kompetensi Dasar | 4.4 Menyelesaikan duduk kasus kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan melibatkan bilangan cacah hingga dengan 99 |
Materi | Operasi hitung pengurangan |
Indikator Soal | 4.4.2 Menyelesaikan duduk kasus dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan |
Level Kognitif | C 3 |
Soal :
3. Paman memetik 10 mangga, tapi sayang, 3 mangga jatuh dari pohon.Berapa sisa mangga paman?
4. Lani merawat 6 ekor angsa. demam isu hujan lalu, 3 bebek mati. Berapa sisa bebek Lani?
Pedoman Penskoran
nomor | Uraian Jawaban / Kata Kunci | Skors |
3. | 10 – 3 = 7 | 20 |
4. | 6 – 3 = 3 | 20 |
Total Skors | 40 |
Keterangan :
Soal ini termasuk Hots karena :
1.kemampuan berpikir tingkat tinggi
2.Berbasis permasalahan kontekstual
...
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas
............................... ...................................
KARTU SOAL NOMOR 5
URAIAN
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas/Semester : 1/1
Tema/Sub tema : Kegemaranku/ Gemar Bernyanyi dan Menari
Pembelajaran : 6 (enam)
Komponen Dasar | 3.2 Memahami hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah |
Materi | Aturan dan Tata Tertib |
Indikator Soal | 3.2.12 Menyebutkan hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan adik di rumah |
Level Kognitif | C 1 |
Soal
Sebutkan hal-hal apa saja yang harus kau lakukan ketika bermain dengan adik dirumah?
Pedoman Penskoran
nomor | Uraian Jawaban / Kata Kunci | Skors |
5. | Berbagi dengan adik dirumah, tidak bertengkar | 20 |
Total Skors | 20 |
Keterangan :
Soal ini termasuk Hots karena :
1.kemampuan berpikir tingkat tinggi
2.Berbasis permasalahan kontekstual
...
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas
............................... ...................................
Contoh Soal Hots Kurikulum 2013 K13 Matematika
PENGERTIAN HOTS
Satu istilah gres di kalangan guru k13 ketika ini ialah HOTS. Hots ialah istilah yang digunakan oleh guru kurikulum 2013 untuk mendesain soal yang akan disajikan bagi penerima didiknya dalam tahapan penilaian yang akan dilaksanakan, baik PH, PTS, PAS, maupun PAT.
Satu istilah gres di kalangan guru k13 ketika ini ialah HOTS. Hots ialah istilah yang digunakan oleh guru kurikulum 2013 untuk mendesain soal yang akan disajikan bagi penerima didiknya dalam tahapan penilaian yang akan dilaksanakan, baik PH, PTS, PAS, maupun PAT.
HOTS itu sendiri merupakan abreviasi dari Higher Order Thingking Skills, yang artinya Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Kaprikornus kesimpulannya, soal-soal Hots itu merupakan sekumpulan instrumen pengukuran yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggai, yaitu kemampuan berpikiir yang tidak sekedar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), dan merujuk tanpa melaksanakan pengolahan (recite).
Sebagaimana soal hots digunakan untuk semua muatan pelajaran, demikian juga berlaku untuk mata pelajaran matematika k13. Katakanlah soal hots matematika itu ialah sekumpulan soal matematika berpikir tingkat tinggi yang tidak sekedar hanya mengingat, menyebutkan, dan menjelaskan, tetapi melaksanakan pemecahan duduk kasus dengan menuangkan isu dan ide-ide yang kritis.
Meskipun demikian soal-soal yang berbasis HOTS tidak berarti soal yang lebih sulit daripada soal mengingat (recall). Lantas bagaimana menciptakan soal-soal matematika yang berbasis HOTS. OK, sabar teman-teman, damai saja, admin blog pendidikan terbaru akan jelaskan dan contohkan model soal hots sebagaimana judul artikel pada halaman ini.
Model soal Hots, secara umum dikelompokan dalam 3 level kognitif. Berikut admin blog pendidikan terbaru jelaskan dan contohkan dalam pelajaran matematika :
1. Level kognitif 1 : Pengetahuan dan Pemahaman;
Level kognitif 1, ialah level kognitif pengetahuan dan pemahaman yang meliputi dimensi proses berpikir mengetahui (C1) dan memahami (C2). Ciri-ciri soal pada level 1 ialah mengukur pengetahuan faktual, konsep, dan procedural. Contoh KKO yang sering digunakan adalah: menyebutkan, menjelaskan, membedakan, menghitung, mendaftar, menyatakan, dan lain-lain.
Contoh hots level 1 C1 :
Soal :
Sudut perigon ialah sudut yang mempunyai .........
Kunci : Ukuran sempurna 3600
Skor : 1 (jika benar) atau 0 (jika salah)
Penjelasan :
Soal tersebut termasuk level kognitif 1 (mengingat-C1) alasannya mengukur pengetahuan yang relevan dari ingatan.
Contoh hots level 1 C2 :
Soal :
Berikut ini pola segi banyak beraturan, kecuali....
Kunci : d
Skor : 1 (jika benar) atau 0 (jika salah)
Penjelasan :
Soal tersebut termasuk level kognitif 1 (memahami-C2) alasannya mengukur pemahaman siswa ihwal konsep tertentu
2. Level kognitif 2 : Aplikasi;
Level kognitif 2, ialah level kognitif aplikasi yang mebutuhkan kemampuan yang lebih tinggi daripada level pengetahuan dan pemahaman. Level kognitif 2 meliputi dimensi proses berpikir menerapkan atau mengaplikasikan (C3). Contoh KKO yang sering digunakan pada level ini adalah: menerapkan, menggunakan, menentukan, menghitung, membuktikan, dan lain-lain.
Contoh rancangan hots level 2 C3 :
Soal :
Hitunglah keliling dan luas bangkit berikut :
Kunci :
Diketahui: p = 16cm, l = 8cm. Ditanya: K = .....? dan, L = .....?
K = 2 x (p+l) = 2 x (16+8) = 2 x 24
K = 48
L = p x l = 16 x 8
L = 128
Jadi, keliling bangkit persegi panjang itu 48 cm, dan luasnya 128 cm2
Skor :
Jika kosong : tidak isi
Jika urutan penerapan salah, tanggapan salah : skor 2
Jika urutan benar, tanggapan salah : skor 3
Jika urutan benar, tanggapan benar : skor 4
Penjelasan :
Soal tersebut termasuk level kognitif 2 (menerapkan-C3) alasannya siswa menerapkan pengetahuan dan pemahaman yang mereka miliki dari rumus persegi panjang untuk menuntaskan soal tersebut.
3. Level kognitif 3 : Penalaran.
Level kognitif 3, ialah level kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS), alasannya untuk menjawab soal-soal pada level 3 penerima didik harus bisa mengingat, memahami, menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, dan procedural serta mempunyai logika dan pikiran sehat yang tinggi untuk memecahkan masalah-masalah kontekstual (situasi nyata yang tidak rutin). Contoh KKO yang sering digunakan pada level ini adalah: menguraikan, mengorganisir, membandingkan, menyusun hipotesis, mengkritik, memprediksi, menilai, menguji, menyimpulkan, merancang, membangun, merencanakan, memproduksi, menemukan, memperbaharui, menyempurnahkan, memperkuat, memperindah, menafsir, dan mengubah.
Contoh rancangan hots level 3 :
Soal :
Tafsirkan data pada diagram batang berikut :
Kunci :
Jawaban diadaptasi (kebijakan guru). Berikut pola tafsiran sesuai data pada diagram:
- Pada diagram terlihat bahwa tinggi tubuh paling tertinggi siswa kelas V SDN ... itu sebanyak 5 siswa, sedangkan tinggi tubuh paling rendah sebanyak 10 siswa;
- Paling banyak siswa kelas V SDN ... mempunyai tinggi tubuh rata-rata 143 cm;
- Rentang tinggi tubuh siswa kelas V SDN ... antara 140 cm hingga 145 cm.
Skor :
Tidak isi atau kosong : skor 0
Jika diisi, tapi tanggapan tidak sesuai data atau salah : skor 2
Hasil penafsiran mendekati data pada diagram : skor 4 – 6
Hasil penafsiran sesuai data pada diagram : skor 8 – 10
Penjelasan :
Soal tersebut termasuk level kognitif 3 (menganalisis-C4) alasannya siswa harus menganalisis dengan menafsir dan menggabungkan beberapa konsep serta isu gres yang diperoleh dari penyajian sebuah data.
Nah! Sudah tahu kan teman-teman, berikut beberapa screnshort soal matematika yang sudah admin bikin, sebagai persiapan untuk penyajian soal PAS 2 Tahun Pelajaran 2018/2019.
Contoh Kisi-kisi, Kartu Soal Uraian dan Pilihan Ganda pembuatan soal HOTS K13 |
Contoh Kisi-kisi, Kartu Soal Uraian dan Pilihan Ganda pembuatan soal HOTS K13 |
kata kunci :
contoh soal hots smp
contoh soal hots unbk
contoh soal hots adalah
contoh soal hots bahasa indonesia
karakteristik soal hots
contoh soal hots ipa sd
langkah-langkah menyusun soal hots
soal hots bahasa inggris
Demikian artikel blog Pendidikan terbaru, terkait dengan Kurikulum 2013 K13 dengan judul Contoh Kisi-kisi, Kartu Soal Uraian dan Pilihan Ganda pembuatan soal HOTS K13
Post a Comment
Post a Comment