-->

Pembahasan Soal Perihal Iklan Tema 3 Subtema 1 Kelas 5 Sd/Mi 2018/2019

Post a Comment

Kurikulum 2013 K13 di SD - Selamat tiba di blog Kurikulum 2013 revisi Pada Post kali ini admin bakal share mengenai Pembahasan Soal Tentang Iklan Tema 3 Subtema 1  Kelas 5 SD/MI Tahun Pelajaran 2018/2019. Perlu Bapak/Ibu guru pahami bersama bahwa pada Kurikulum 2013 hasil revisi terbaru. Pembelajaran tematik di kelas 5 memasuki tema 3 dengan judul Makanan Sehat, dan subtema 1 dengan judul Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan Sehat? Membelajarkan siswa perihal banyak hal terkait dengan bagaimana kita mempersiapkan kuliner sehat.

Pada Post kali ini admin bakal share mengenai Pembahasan Soal Tentang Iklan Tema  Pembahasan Soal Tentang Iklan Tema 3 Subtema 1  Kelas 5 SD/MI 2018/2019

Pada pembelajaran 1 memadukan muatan pelajaran (mupel) Bahasa Indonesia dan IPA.  Kemudian untuk bahan Bahasa Indonesia lebih banyak menekankan perihal iklan. Sedangkan untuk mupel IPA membahas perihal pencernaan hewan.

Pada pembelajaran 1 perihal iklan, siswa kelas 5 diperkenalkan perihal jenis-jenis iklan dan media penyampaian iklan. Iklan yakni sebuah gosip atau pesan yang disampaikan pada khalayak ramai yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca atau pendengar untuk tertarik membeli barang atau jasa yang ditawarkan.

Terkait perihal jenis-jenis iklan, iklan mempunyai jenis iklan layanan masyarakat dan iklan niaga. Media dalam penyampaian iklan tersebut terdiri dari media cetak dan elektronik.  Media cetak terdiri dari koran, majalah, baliho, pamflet dan spanduk. Sedangkan iklan media elektronik, berupa iklan televisi, radio dan elektronik.

Di pembelajaran 1 kelas 5, pada buku siswa terdapat kiprah yang melatih siswa untuk peka dalam mengamati iklan media cetak.

Tugas 1.
Disajikan gambar beberama macam buah-buhan yang sering dikonsumsi secara rutin di beberapa kalangan masyarakat.

Setelah siswa mengamati gambar buah-buahan tersebut, selanjutnya siswa menuntaskan kiprah yang tertera pada buku siswa.

1. Sebutkan contoh-contoh kuliner yang menurutmu sehat.
Jawab: kuliner sehat berdasarkan gambar iklan tersebut yakni pisang, apel, paprika, brokoli, nanas, mentimun dan banyak sekali jenis sayuran dan buah-buahan lainnya.

2. Apakah kreteria kuliner sehat?
Jawab : Kreteria kuliner sehat yakni kuliner yang hegienis, kuliner terbebas dari kuman, kuliner mengandung banyak gizi.


Kegiatan selanjutnya disajikan pola iklan media cetak ibarat gambar dibawah ini.


Siswa mengamati iklan tersebut, selanjutnya mengerjakan beberapa kiprah berikut ini.

1. Apakah gambar yang terdapat pada iklan tersebut?
Jawaban : gambar iklan 1 berisikan gambar buah strowbery dan buah jeruk. Gambar iklan 2 berisikan gambar anak yang sedang mengkonsumsi buah semangka. Sedangkan gambar 3 beriksikan gambar buah yang dibuat menjadi sebuah jantung hati.

2. Apakah kalimat iklan yang terdapat pada iklan tersebut?
Jawaban : kalimat iklan yang terdapat pada iklan tersebut yakni sebagai berikut :
Iklan 1 = Makanan sehat dan bergizi
Iklan 2 = Makanan sehat dan bergizi penting untuk pertumbuhan otak anak anda.
Iklan 3  = Cintai jantung anda, konsumsi sayur dan buah segar


Selanjutnya melengkapi peta pikiran :
Kata Kunci yakni kata inti yang terdapat pada iklan media cetak.

Ciri-ciri kata kunci yakni menciptakan bab dari iklan yang ditayangkan pada media cetak.

Kata kunci pada iklan 1 yakni Makanan, sehat dan bergizi.
Kata kunci pada iklan 2 yakni makanan, sehat, pertumbuhan


Akhirnya final juga artikel Kurikulum 2013 K13 Revisi terbaru, perihal alternatif penyelesaian untuk soal-soal yang terdapat pada buku siswa pembelajaran 1 tema 3 subtema 1 kelas 5 SD/MI Tahun Pelajaran 2018/2019.

Demikian artikel Kurikulum 2013 revisi terbaru, terkait dengan Pembahasan Soal Tentang Iklan Tema 3 Subtema 1  Kelas 5 SD/MI 2018/2019

Related Posts

Post a Comment