Nah, pada post kali ini admin khususkan untuk membahas mengenai DOWNLOAD LATIHAN SOAL DAN KUNCI JAWABAN SBMPTN 2019.
Tes Potensial Skolastik (TPS)
TPS SBMPTN 2019 ini dimaksudkan untuk mengukur kemampuan budi sehat dan pemahaman umum bagi seorang Calon Mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri yang dianggap penting untuk keberhasilan pendidikan formal.Adapun untuk persiapan, berikut prediksi latihan soal Tes Potensial Skolastik (TPS) SBMPTN 2019 silahkan simak pada ulasan dibawah ini!
Soal Tes Potensial Skolastik (TPS) SBMPTN 2019.Pdf
Tes Potensi Akademik (TPA)
Selain Tes Potensial Skolastik (TPS) ada lagi yang namanya Tes Potensi Akademik (TPA), yang dimaksudkan untuk mengukur untuk mengukur kegesitan mental seseorang saat berurusan dengan obyek kata (verbal), angka (numeris) dan gambar (figural). Secara psikologi dipercaya bahwa terdapat batas minimal tingkat kegesitan mental yang harus dimiliki seseorang sehingga ia berpeluang-besar berhasil menangani duduk kasus yang bersifat intelektual. Karena itulah, TPA kerap dipergunakan dalam penyeleksian mahasiswa gres dan penyeleksian karyawan atau pegawai baru, bahkan untuk penyeleksian pimpinan suatu institusi negeri/swasta. TPA dipakai dalam SMNPTN untuk S1 semenjak tahun 2009 dan dipakai dalam SNMPTN tertulis untuk S1 semenjak tahun 2012. Selain dipakai dalam penyaringan mahasiswa, TPA juga dipakai dalam penyeleksian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Di kalangan akseptor tes CPNS, TPA kerap disebut psikotest.
Untuk soal nomor 1-2 pilihlah kata yang merupakan pasangan paling sesuai untuk mengisi titik-titik.
1. MAKAN:LAPAR=LAMPU:
A. Padang
B. Terang
C. Pijar
D. Gelap
Pembahasan :
Lapar perlu makan menyerupai gelap perlu lampu
2. KEUNTUNGAN:PENJUALAN=KEMASYHURAN:
A.pembelian
B.keberanian
C.penipuan
D.jenderal
Pembahasan :
Keuntungan sebab penjualan ; Kemasyuran sebab keberanian
Untuk soal nomor 3-4 pilihlah sepasang kata yang hubungannya sama atau dekat
3. PESAWAT TERBANG:KABIN
A.laci:meja
B.gedung;eskalator
C.rumah:ruangan
D.roda:kursi
Pembahasan :
4. MENDOBRAK:MASUK
A.merampok:uang
B.telepon:telegram
C.mengaduk:semen
D.menyela:bicara
Pembahasan :
Mendobrak agar bisa masuk dan menyela agar sanggup berbicara
Untuk soal nomor 5-8 pilihlah alternatif balasan yang bermakna sama atau saling mendekati
5. TINPANG
A.kesal
B.ganjil
C.aneh
D.tak seimbang
Pembahasan :
TIMPANG : takseimbang
6. KREASI
A.kemampuan berfikir
B.rencana
C.kepandaian menari
D.ciptaan
Pembahasan :
KREASI : ciptaan
7. KULMINASI
A.tingkatan tertinggi
B.tempat mendinginkan sesuatu
C.keadaan emosi seseorang
D.panas terik matahari
Pembahasan :
KULMINASI : tingkatan tertinggi
Untuk nomor 8-9 pilihlah balasan yang merupakan lawan kata
8. MANDIRI
A.roboh
B.tegak
C.berdikari
D.bergantung
Pembahasan :
MANDIRI >< bergantung
9. SPORADIS
A.jamur
B.kerap
C.jarang
D.seperti
Pembahasan :
SPORADIS (jarang) >< kerap
Untuk soal nomor 10 pilihlah kata yang tidak memiliki kesamaan dengan kata-kata lainnya
10. Manakah berikut tidak memiliki kesamaan dengan lainnya?
A.Emas
B.Tembaga
C.Batu bara
D.Perak
Pembahasan :
Emas, Tembaga, Perak yaitu logam ; Batu bara bukan logam
Contoh Soal Prediksi Matematika SBMPTN TKD Saintek Soshum
1. Dari 6 siswa putra dan 5 siswa putri terbaik akan dibuat tim yg terdiri dari 6 siswa. Jika dalam tim diwakili sedikitnya 2 putra dan 2 putri, maka banyak cara membentuk tim tsb adalah…
A. 75
B. 150
C. 225
D. 425
E. 4753.
A. 75
B. 150
C. 225
D. 425
E. 4753.
3. Diketahui ABC segitiga. Jika AB = -2i + 5j – k, AC = 3i + 3j maka cosB = …
A. 9/10
B. 7/8
C. 7/10
D. 3/7
E. 3/85.
A. 9/10
B. 7/8
C. 7/10
D. 3/7
E. 3/85.
4. Jika nilai Integral(dari 7 ke 9) f(x) dx = 16 dan Integral(dr 1 ke 4) f(2x-1) dx = 20, maka nilai integral(dr 1 ke 9) f(x) dx yaitu …
A. 16
B. 36
C. 40
D. 56
A. 16
B. 36
C. 40
D. 56
E. 64
Soal TPA SBMPTN 2019.pdf
Prediksi Bahasa Inggris
Education is often viewed as school in a traditional, formal sense. Many people believe that true learning can only take place in a formal classroom setting. Others feel education occurs in many different forms and environments. There may not be a definitive answer to the question of, ‘What is education?’ However, we can start thinking about the purpose of education. Is it to educate youth to be responsible citizens? Is it to develop individuals, as well as society, in order to ensure a society’s economic success? Or is it to simply focus on developing individual talents and intelligence? Perhaps it is the balance of all three that defines education? While our answers may differ, we can perhaps agree that education is a basic human right. When that right is granted growth and development, the society as a whole is more likely to improve in areas such as health, nutrition, general income and living standards and population fertility rates.
As global citizens it is our responsibility to critically think about the issues and attempt to come up with solutions to the problems plaguing education. In 1990 UNESCO launched EFA, the movement to provide quality education for all children, youth, and adults by the year 2015. The unfortunate reality is that for many countries, larger issues some before improving the quality of education. How can we achieve the goals of EFA when numerous countries around the world are faced with challenges that seem far too impossible to overcome? The answer lies in attempting to bridge some of the gaps that prevent developing nations to compete with developed nations. One example is that of providing greater access to technology and narrowing the ever widening digital divide. In many ways the most basic access to technology can serve as a valuable educational tool. Individuals who are not afforded this access are at a disadvantage when trying to grasp opportunities to make life better for themselves, their families, and their community.
1. The author’s main concern in the first paragraph of the passage is that....
A. there is no exact definition about education.
B. education is a mendasar individual’s right.
C. everyone has the right to get quality education.
D. education occurs in any place not just schools.
E. development can be gained through education.
2. If the author is right concerning the role of education, the following might be predicted to take place, EXCEPT…
A. longer life expectation
B. lesser birth rates
C. improved welfare
D. better quality living
E. more job opportunities
3. The following sentences reflect the author’s opinions in the passage, EXCEPT …
A. everyone has the right to get education.
B. education cannot be easily defined.
C. EFA provides quality education by 2015.
D. education is basic to human development.
E. The EFA goals are faced with serious challenges.
4. The situation the author shows in the passage is best described as a follows …
A. quality education fundamentally ensures quality living in all sectors.
B. education is essentially everyone’s right yet it still has its challenges.
C. there are problems in education in spite of its significant role.
D. as long as nations compete, education cannot progress.
E. absence of an exact definition causes problems in education.
5. The part following the passage above would likely discuss …
A. lack of access to technology in developing countries to support educational practices.
B. needs of modem digital technology to back up the implementation of EFA in education.
C. roles of technology in providing individuals with cheap and accessible quality education.
D. inability of developing nations to compete with developed countries in technology.
E. government’s roles and responsibilities in managing education for their citizens.
1. Kalimat-kalimat dibawah ini tersusun secara terperinci sehingga merupakan kalimat efektif
A. Walaupun hujan turun dengan lebatnya tiba juga temanku
B. Temanku tiba juga meskipun hujan turun dengan lebatnya.
C. Meskupun lebat sekali hujan turun, tiba juga temanku
D. Hujan turun dengan sangat lebatnya, walaupun dengan demikian temanku tiba juga
E. Meskipun turun hujan lebat sekali namun tiba juga temanku.
2. Kalimat tersebut yang menyatakan kalimat beragam setara yaitu …
A. Dia tidak ragu sedikitpun dalam memilih pasangan hidupnya
B. Jikalau nanti perekonomian Indonesia kembali bangkit, secara otomatis kesejahteraan rakyatnya pun akan meningkat
C. Anak itu rajin berguru bahkan beliau menjadi juara umum di sekolahnya
D. Terbukti teori darwin justru mengacaukan seluruh ilmu dasar dalam IPTEK
E. Apabila perekonomian Indonesia kembali bangkit, secara otomatis kesejahteraan rakyatnya pun akan meningkat.
3. Penulisan yang berikut ni sesuai dengan peraturan EYD ialah …
A. Ayah belum bisa memastikan siapa si pencuri itu.
B. Setiap malam Si Ahmad selalu menatap sang Rembulan
C. Walaupun terik, Sang Mentari pun tetap menyinari bumi
D. Andai Kita tahu siapa Si pengirim surat kaleng itu
E. Pada siang hari, Sang Paus menampakkan diri di danau
4. Bagi akseptor yang belum mengatakan kartu pengenal tidak diperbolehkan memasuki ruangan ujian, kalimat diatas tidak benar sebab …
A. Tidak bersubjek
B. Subjeknya didahului oleh preposisi
C. Tidak berpredikat
D. Tidak memakai kata penghubung
E. Tidak ada keterangan
5. Penulisan nama dengan gelar kesarjanaan yang sesuai EYD adalkah sebagai berikut …
A. Dr. Valentino Woworuntu, MBA.
B. DR. Lajnah Latifah, M.Pd.
C. Ir. Luis Lou, MA
D. I.R. Cordova Aridho, M.M.
E. DRS. Saddam Husein, SH.
Post a Comment
Post a Comment