-->

Perbedaan Antara Kata Keterangan Dan Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris

Perbedaan Antara Kata Keterangan (ADVERB) dan Kata Sifat (ADJECTIVE) dalam Bahasa Inggris – Sobat Englishiana, terkadang memang sulit membedakan kata keterangan dengan kata sifat dalam bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan kemiripan bentuk ke duanya dalam bahasa Inggris. Bahkan dalam bahasa Inggris ada beberapa kata sifat yang berbentuk sama dengan dikala ia dipakai sebagai kata keterangan dalam kalimat tertentu.  Contoh kata-kata tersebut diantaranya yaitu kata ‘fast, bad,hard’ dan masih banyak lagi yang lain. Nah, di dalam bahasa Inggris, kata keterangan dikenal dengan (ADVERB) dan kata sifat dikenal dengan sebutan (ADJECTIVE). Agar sanggup membedakan Adjective dan Adverb dengan benar, dan sanggup mengingatnya dengan baik, mari kita lihat pembahasan di bawah ini. 
terkadang memang sulit membedakan kata keterangan dengan kata sifat dalam bahasa Inggris Perbedaan Antara Kata Keterangan dan Kata Sifat dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Antara Kata Keterangan Dan Kata Sifat dalam Bahasa Inggris

Perbedaan  Adjective dan Adverb dalam Bahasa Inggris

1. Kata Sifat (Adjective) menjelaskan kata benda (Noun) sedangkan kata keterangan (Adverb) menjelaskan kata kerja (Verb), kata sifat (Adjective), dan kata keterangan lainnya.

Anda sanggup mengenali kata keterangan (Adverb) dengan gampang alasannya yaitu banyak kata keterangan yang dibuat dengan menambahkan ahiran “-ly” pada kata sifat (Adjective). Berikut yaitu beberapa kalimat yang menunjukkan beberapa perbedaan antara kata sifat dan kata keterangan menurut pada kata apa yang dijelaskan pada masing-masing  kalimat. Dalam setiap kalimat di bawah ini, tanda panah menunjuk kata apakah yang dijelaskan.
Pada pola ini "beautifuladalah sebuah adjective yang menjelaskan kata benda "Ratna."
Pada pola ini "carelessly" adalah sebuah adverb yang menjelaskan kata kerja "talks."
Pada pola ini "happy" adalah sebuah adjective yang menjelaskan kata benda "Ratna" dan "extremely" adalah sebuah adverb yang menjelaskan kata sifat "happy."
Pada pola ini "quickly" adalah sebuah adverb yang menjelaskan kata kerja "runs" dan "very" adalah sebuah adverb yang menjelaskan adverb lain "quickly."
Catatan:
Adverb tidak sanggup menjelaskan kata benda menyerupai pola di bawah ini:
  1. He is a nicely guy. Kalimat yang benar yaitu “He is a nice guy.”
  2. I have a happily cat. Kalimat yang benar yaitu “I have a happy cat.”
Di sisi lain, terkadang kita sering menciptakan kesalahan dengan memakai ADJECTIVE (kata sifat) untuk menjelaskan VERB (kata kerja) menyerupai pada contoh-contoh kalimat berikut.
  1. Henree talks careless about your wife. Kalimat yang benar yaitu “Henree talks carelessly about your wife.”
  2. He is walking normal again. Kalimat yang benar yaitu “He is walking normally again.”
2. Sebuah Adjective biasanya mengikuti TOBE/kata kerja bantu (is, am, are, was, were, be, been, to be) dikala Adjective akan menjelaskan Noun atau Pronoun yang berposisi sebagai subjek.

Di bawah ini yaitu beberapa pola yang mengilustrasikan hukum ini. Tanda panah menggambarkan kata apakah yang dijelaskan oleh Adjective.





3. Seperti pada poin dua,sebuah adjective juga selalu mengikuti Verb of Senses (kata kerja yang merujuk pada panca indra) dikala kata kerja tersebut berfungsi sebagai Linking Verb (kata kerja sambung/ kata kerja yang berfungsi sebagai tobe)  seperti- feel, taste, smell, sound, look, appear, and seem – dikala ia menjelaskan kata benda sebagai subjek.

Di bawah ini yaitu beberapa pola yang mengilustrasikan hukum ini. Tanda panah menggambarkan kata apakah yang dijelaskan oleh Adjective.
Pada pola ini “delicious” adalah sebuah adjective yang menjelaskan kata benda "Soto".
Pada pola ini “beautiful adalah sebuah adjective yang menjelaskan kata benda "She".
Catatan:

Berhati-hatilah dalam memilih apakah sebuah kata harus menjelaskan (Noun) yang berposisi sebagai subjek atau (Verb) dalam sebuah kalimat. Jika sebuah kata mejelaskan subjek, maka kita harus memakai kata sifat. Jika sebuah kata menjelaskan kata kerja,maka kita harus memakai kata keterangan. Perbedaannya ditunjukkan pada pasangan kalimat berikut.


Pada pola ini “sweet” yaitu sebuah adjective yang menjelaskan kata benda "Banana" karena kata kerja "smells" pada pola ini berperan sebagai linking verb yang berarti beraroma. Menggunakan kata keterangan (Adverb) “sweetly” dalam konteks ini tidaklah sempurna alasannya yaitu akan merubah posisi kata kerja “Smells” menjadi kata kerja sebetulnya yang berarti mencium.


Pada pola ini “carefully” yaitu sebuah adverb yang menjelaskan kata kerja "smells" yang sedang berposisi sebagai kata kerja sebetulnya yang berarti mencium/menghirup aroma.

Nah, bagaimana teman Englishiana sekalia, gampang bukan membedakan antara kata keterangan (ADVERB) dan kata sifat (ADJECTIVE) dalam Bahasa Inggris? Intinya sekali lagi say ingatkan bahwa Adverb menjelaskan kata kerja (VERB), kata sifat (ADJECTIVE), dan kata keterangan yang lainnya sedangkan kata sifat (ADJECTIVE) tugasnya sangat mudah, yaitu menjelaskan kata benda (NOUN). Kalau prinsip ini kita ingat, maka kita akan dengan gampang memilih antara kata sifat atau kata benda yang harus kita pakai dalam sebuah kalimat. Untuk melihat bahan bahasa Inggris yang lainnya silahkan klik di sini.

Related Posts

Post a Comment