-->

Rangkuman Bahan Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 1 Dan 2

K13 Bahasa Indonesia - Berikut ini admin sajikan mengenai rangkuman materi bahasa indonesia kelas 9 semester 1 dan 2 tahun pelajaran 2018/2019.



Perbedaan Teks Cerita Fantasi, Teks Cerita Fabel, dan Teks Cerpen.

Teks Cerita Fantasi, Teks Cerita Fabel, dan Teks Cerpen. tergolong dalam jenis teks nonfiksi. Ketiga teks tersebut juga merupakan cuilan dari genre narasi atau sama-sama berisi dongeng perihal suatu insiden yang sifatnya imajinasi atau imajinasi penulisnya. Struktur ketiga teks ini juga tidak jauh berbeda yaitu secara umum terdiri dari orientasi atau tahap perkenalan baik tokoh, peristiwa, maupun latar. Komplikasi atau masalah, dan resolusi atau penyelesaian dari duduk kasus dalam cerita. Di dalamnya juga terdapat peristiwa-peristiwa yang terjalin membentuk alur. Bahkan ciri kebahasaan dari ketiga teks juga hampir sama menggunakan majas, kata/kalimat emotif dan di dalamnya terdapat dialog antar tokoh. Ketiga teks ini juga mengandung pesan sopan santun untuk pembaca atau amanat. Tujuan komunikasi ketiganya yaitu untuk menghibur dan mendidik. Nah, di mana letak perbedaannya?

Masih sering dijumpai kesalahan-kesalahan yang dilakukan saat menulis ketiga teks tersebut. Saat ditugasakan menulis cerpen, masih banyak yang menulis teks dongeng fantasi ataupun teks fabel, dan sebaliknya. Agar kamu tidak salah dalam membedakan ketiga teks tersebut, berikut penjelasan perihal perbedaan dari ketiga teks tersebut.


Berikut ini admin sajikan mengenai rangkuman materi bahasa indonesia kelas  rangkuman materi bahasa indonesia kelas 9 semester 1 dan 2
Pembahasan Singkat Tentang Teks Cerita Fantasi
Teks Cerita Fantasi merupakan dongeng yang mengungkapkan hal-hal supranatural/kemisteriusan atau keghaiban yang tidak ditemui dalam dunia nyata. Pada dongeng fantasi hal yang tidak mungkin dijadikan biasa. Tokoh dan latar diciptakan penulis tidak ada di dunia konkret atau modifikasi dunia nyata. 
Berikut ini admin sajikan mengenai rangkuman materi bahasa indonesia kelas  rangkuman materi bahasa indonesia kelas 9 semester 1 dan 2
Ide dongeng dalam teks dongeng fantasi tidak dibatasi oleh realitas atau kehidupan nyata. Tema yang ditonjolkan dalam dongeng fantasi yaitu magic, supranatural atau futuristik. 

Tokoh utama dalam teks dongeng fantasi memiliki watak yang unik dan tidak ada dalam kehidupan sehari-hari, dan selalu memiliki kekuatan supranatural.

Latar dalam teks dongeng fantasi terjadi dalam dua latar yaitu latar yang masih ada dalam kehidupan konkret dan latar yang tidak ada dalam kehidupan nyata.

Contoh judul teks dongeng fantasi: Kekuatan Ekor Biru Nataga, Berlian Tiga Warna, Belajar Dengan Gajah Mada, dan sebagainya.

Pembahasan Singkat Tentang Teks Cerita Fabel
Teks dongeng fabel merupakan teks yang berisi dongeng perihal kehidupan binatang yang berprilaku seolah-olah manusia. dongeng dalam fabel bukan kisah perihal kehidupan nyata.
Berikut ini admin sajikan mengenai rangkuman materi bahasa indonesia kelas  rangkuman materi bahasa indonesia kelas 9 semester 1 dan 2
Tokoh-tokoh dalam teks dongeng fabel yaitu hewan yang memiliki sifat dan huruf insan ada yang baik dan ada juga yang buruk. Karena fabel merupakan dongeng binatang maka latar yang digunakan berupa hutan, kolam, sungai, alam bebas dan sebagainya.

Contoh judul teks dongeng fabel: Kancil dan Buaya, Rusa Yang Sombong, Gajah dan Kura-Kura Pembohong, Sahabat Pak Rusa, dan sebagainya.

Pembahasan Singkat Tentang Teks Cerita Pendek (Cerpen)
Teks Cerpen merupakan teks yang berisi cerita perihal kehidupan insan secara khusus. Atau dongeng perihal duduk kasus dalam kehidupan sehari-hari. Dalam cerpen diceritakan satu babak dalam kehidupan seseorang dan biasanya tidak menyebabkan perubahan nasib tokoh. 
Berikut ini admin sajikan mengenai rangkuman materi bahasa indonesia kelas  rangkuman materi bahasa indonesia kelas 9 semester 1 dan 2
Dalam teks cerpen tema yang diangkat yaitu duduk kasus dalam kehidupan insan misalnya percintaan, keluarga, persahabatan, pendidikan, dan sebagainya.

Contoh judul teks cerpen: Rahasia Ridu, Dilarang Mencintai, Jalan Lain Ke Roma, Panen Terakhir, dan sebagainya.

Meskipun secara umum Teks Cerita Fantasi, Teks Cerita Fabel, dan Teks Cerpen memiliki banyak kesamaan lantaran merupakan jenis narasi, ketiga teks tersebut memiliki ciri khas yang berbeda-beda jikalau ditelaah dari segi unsur pembangunnya.


Contoh Soal Teks Tanggapan dan Kunci Jawaban Terbaru

Teks 1
Buku pengkajian Puisi karya Rahmad Joko Pradopo ini pembahasannya sangat manis lantaran dilengkapi dengan contoh-contoh analisis semiotik maupun kekerabatan intertekstualnya. Analisis yang cukup rinci akan menambah pengetahuan pembaca untuk memahami puisi. Buku ini pantas dimiliki pembaca yang ingin belajar memahami puisi.

Teks 2
Buku Kesenian Indonesia pada Era Global mengupas konsep budaya dan bagian-bagiannya serta jenis dan bentuk budaya Indonesia. Buku Kesenian Indonesia pada Era Global juga menjelaskan keunikan dan potensi budaya Indonesia di dunia internasional hingga realisasi diplomasi budaya Indonesia di dunia internasional. Namun, bentuk budaya Indonesia yang ditampilkan pada buku Kesenian Indonesia pada Era Global kurang mewakili budaya daerah setiap wilayah di Indonesia.

1. Pernyataan yang benar perihal bentuk teks tanggapan di atas yaitu ...
a. Teks 1 berbentuk kritikan dan teks 2 berbentuk pujian
b. Teks 1 berbentuk kebanggaan dan teks 2 berbentuk kritikan
c. Teks 1 dan teks 2 berbentuk pujian
d. Teks 1 dan teks 2 berbentuk kritikian
2. Kalimat kebanggaan yang baik terhadap sebuah patung yaitu ...
a. Patung tersebut memiliki detail yang menarik, sayang gesekan patung tersebut tidak rata
b. Patung tersebut memiliki bentuk yang unik, tetapi bentuk tangan patung tidak  proporsional
c. Patung yang sangat indah akan menarik untuk dinikmati oleh masyarakat.
d. Perpaduan unsur modern dan tradisional membuat patung ini begitu istimewa
Sebuah karya seni kelas tinggi dari sang pelukis maestro Affandi, melukiskan sebuah pemandangan alam perkebunan cengkeh, area perkebunan berbukit yang masih alami tampak terlukis apa adanya dari alam, untuk menghidupkan suasana pada lukisan, dihadirkannya figur insan sebagai objek pendukung, tetapi inti dari lukisan, yang memberikan adanya program kehidupan yang menyatu dengan alam.
3. Kalimat di atas bertujuan untuk ...
a. Menunjukkan kelebihan karya
b. Menunjukkan kekurangan karya
c. Memuji karya seni lukisan Affandi
d. Mendeskripsikan karya
Dalam rangka memperingati ulang tahun SMP Negeri 1 Tompasobaru, OSIS SMP Negeri 1 Tompasobaru mengadakan pementasan teater. Pementasan tersebut dihadiri beberapa tamu undangan, guru, pegawai dan siswa siswi SMP Negeri 1 Tompasobaru. Beberapa tamu seruan memberikan bahwa pementasan tersebut sangat bagus. sementara itu beberapa siswa memberikan bahwa pementasan tersebut sangat jelek dan tidak pantas untuk dipertunjukkan di depan tamu undangan.
4. Kalimat kritikan santun yang mampu digunakan untuk mengkritik pementasan teater tersebut adalah...
a. Pementasan teater tadi hanya ibarat orang ribut saja. Cerita dalam pertunjukan tadi sulit untuk dipahami. Murid SD pun saya kira mampu melakukannya.
b. Tidak sepantasnya pementasan ibarat itu dipertontonkan di hadapan banyak tamu undangan. Apakah panitia tidak merasa malu menampilkan pementasan ibarat itu.
c. Tetater dari SMP Negeri 1 Tompasobaru masih perlu berlatih secara intensif lagi semoga penampilannya lebih meyakinkan. Jika pembenahan terhadap latihan dilakukan, saya ayakin penampilan selanjutnya akan lebih baik.
d. Kelompok teater Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tompasobaru bergotong-royong memiliki bakat dalam seni pementasan. akan tetapi, kelompok teater tersebut kurang diperhatikan dan dibiarkan terbengkalai. 
Judul      : Student Hidjo
Penulis   : Marco Kartodikmoro
Penerbit : NV Boel handel en Drukkerij Masman & Stroink, Semarang (1919), Yayasan Aksara
                Indonesia (2000), Yayasan Bentang Budaya(2000)
Tebal     : 133 halaman (versi Masman&Stroink)
5. Kutipan di atas merupakan cuilan struktur teks tanggapan yaitu konteks lantaran berisi perihal ...
a. Apa yang ditanggapi, di mana, kapan insiden terjadi, insiden apa, politik, sosial, budaya.
b. Bagaimana sesuatu terealisasi/diciptakan atau dihasilkan.
c. Apa yang kita pikirkan perihal sesuatu itu.
d. Identitas buku dan pengarang
Setelah sukses membesut Rindu (terbitan republika, 2014) yang mencetak best seller, Tere Liye hadir kembali dengan novel barunya, Pulang. Penulis yang telah menghasilkan lebih dari 20 buku ini menghadirkan novel dengan tema dan genre yang berbeda dibanding novel-novel sebelumnya. Tema yang dihadirkan yaitu prihal perjalanan sang tokoh utama mengarungi kehidupan melewati satu pertarungan ke pertarungan berikutnya demi memeluk bersahabat kesedihan dan kebencian lantas menuju ujung yakni pulang ke hakikat kehikdupan.
6. Kutipan teks di atas merupakan cuilan struktur teks tanggapan berupa...
a. Penilaian terhadap karya
b. Konteks pengarang dan karyanya
c. Deskripsi pengarang dan karyanya
d. Penilaian terhadap penerbit
Lukisan Ary Prins Karya Raden Saleh (wikipedia)
7. Kalimat kebanggaan yang santun terhadap lukisan di atas yaitu ...
a. Lukisan Ary Prins karya Raden Saleh sangat bagus. Lukisan tersebut tampak hidup ibarat dalam foto. Tidak ibarat lukisan-lukisan yang lain.
b. Lukisan Ary Prins karya Raden Saleh sangat bagus. Lukisan tersebut tampak hidup ibarat dalam foto. Sayang lukisannya tidak jelas.
c. Lukisan itu terkesan gelap. Sebaiknya latar belakang lukisan agak terang semoga lukisan tersebut terang
d. Lukisan Ary Prins karya Raden Saleh sangat bagus. Lukisan tersebut tampak hidup ibarat dalam foto. Orang yang melihat akan terkecoh melihat foto asli. Padahal gambar tersebut merupakan lukisan.
8. Kalimat kritikan yang santun terhadap lukisan tersebut yaitu ...
a. a. Lukisan Ary Prins karya Raden Saleh sangat bagus. Lukisan tersebut tampak hidup ibarat dalam foto. Namun, latar belakang gelap membuat lukisan tidak terang lantaran baju yang digunakan model juga berwarna gelap
b. Lukisan Ary Prins karya Raden Saleh sangat bagus. Lukisan tersebut tampak hidup ibarat dalam foto. Sayang lukisannya tidak jelas.
c. Lukisan itu terkesan gelap. Sebaiknya latar belakang lukisan agak terang semoga lukisan tersebut terang
d. Lukisan Ary Prins karya Raden Saleh sangat bagus. Lukisan tersebut tampak hidup ibarat dalam foto. Orang yang melihat akan terkecoh melihat foto asli. Padahal gambar tersebut merupakan lukisan.

Kisi-kisi Soal PAS/UAS Bahasa Indonesia Kelas 9 K13 Revisi 2018/2019

Untuk soal-soal berdasarkan jabaran kisi-kisi soal di atas lihat di bawah ini.

Contoh Soal Teks Laporan Percobaan
Contoh Soal Teks Pidato Persuasif
Contoh Soal Teks Cerpen
Contoh Soal Teks Tanggapan

Untuk Kisi-Kisi Soal Pas/Uas Bahasa Indonesia Kelas 9 K13 Revisi 2018, unduh disini

Demikian yang terbaru, terkait dengan rangkuman materi bahasa indonesia kelas 9 semester 1 dan 2

Related Posts

Post a Comment