-->

Aplikasi Kartu Soal Untuk 5 Opsi Pilihan Ganda Dan Soal Essay Terbaru 2017

Aplikasi Kartu Soal untuk 5 Opsi Pilihan Ganda dan Soal Essay Terbaru 2017


Dalam kesempatan kali ini materipendidikan.net akan memposting kebutuhan guru-guru yaitu perihal Aplikasi Kartu Soal untuk 5 Opsi Pilihan Ganda dan Soal Essay sebagai berikut.
Tes penilaian merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk mengetahui tingkat pemahaman dan kemampuan siswa untuk menguasai konsep, maupun proses pembelajaran yang telah dipelajarinya. Agar suatu tes penilaian sanggup berhasil memantau perkembangan anak didik maka tes tersebut harus mempunyai validitas dari segi kurikulum yang mencakup SK-KD yang harus dikuasai siswa yang telah dilaksanakan selama proses pembelajaran.

Untuk mengetahui bahwa tes penilaian yang dibentuk benar- benar bisa mengukur kecakapan siswa, maka dalam pembuatan tes harus dibentuk dulu desain tes penilaian yaitu pembuatan kisi-kisi soal yang telah terencana. Kisi-kisi soal dibentuk bukan untuk mempersulit guru dalam pembuatan soal itu sendiri, tapi dengan menciptakan kisi-kisi soal yang sudah bersiklus yang sesuai dengan SK, KD, Materi, dan Indikator pencapaian maka dalam pembuatan soal akan sangat mudah, dan tentujuga akan sangat membantu dalam penyebaran soal dan bahkan semua aspek sanggup diukur dengan baik dan dengan akurat.

Kisi-kisi yaitu suatu format atau matriks yang memuat informasi / kriteria yang sanggup dijadikan pedoman untuk menulis / merakit tes Kisi-kisi disusun berdasar tujuan penggunaan tes Melalui kisi-kisi sanggup diketahui arah dan tujuan setiap soal.
Kisi-kisi juga sanggup diartikan test blue-print atau table of specification merupakan deskripsi kompetensi dan materi yang akan diujikan yang bertujuan untuk memilih ruang lingkup dan sebagai petunjuk dalam menulis soal. Adapun fungsi dari penyusunan kisi-kisi soal yaitu sebagai berikut:
  • Panduan/pedoman dalam penulisan soal yang hendak disusun
  • Pedoman penulisan soal meurupakan aspek tepenting saat guru hendak menawarkan soal kepada siswa, pedoman tersebut akan menjadi pola bagi guru dalam penulisan soal sehingga akan memudahkan dalam pembuatan soal.
  • Penulis soal akan menghasilkan soal-soal yang sesuai dengan tujuan tes.
  • Tes merupakan materi penilaian guru terhadap keberhasilan akseptor didik dalam pembelajaran yang disampaikan, guru dalam mengevalusi akseptor didik akan menawarkan soal tes penilaian yang majemuk sesuai dengan tujuan pencapaian evalusi terhadap pembelajaran tertenu. Dalam pembuatan soal yang memakai kisi-kisi, penulis akan menghasilkan soal-soal yang sesuai dengan tujuan tes.
  • Penulis soal yang berbeda akan menghasilkan perangkat soal yang relatif sama, dari segi tingkat kedalamannyas segi cakupan materi yang ditanyakan.
  • Penulisan kisi-kisi berfungsi untuk menselaraskan perangkat soal, sehingga hal ini juga akan mempermudah dalam proses evaluasi.
Kisi-kisi yang baik harus memenuhi persyaratan berikut ini:
  • Kisi-kisi harus sanggup mewakili isi silabus/kurikulum atau materi yang telah diajarkan secara sempurna dan proporsional.
  • Komponen-komponennya diuraikan secara terperinci dan gampang dipahami.
  • Materi yang hendak ditanyakan sanggup dibuatkan soalnya.
Salah satu kiprah pokok guru yaitu melaksanakan penilaian sehabis melaksanakan aktivitas berguru mengajar pada satu atau lebih Kompetensi Dasar.

Berikut ini Aplikasi Kartu Soal untuk 5 Opsi Pilihan Ganda dan Soal Essay Terbaru 2017 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Tugas rutin ini kadang-kadang membutuhkan banyak waktu dan tenaga untuk menyusun perangkat penilaian pembelajaran, nah mungkin keterangan di atas yang bersangkutan dengan judul Aplikasi Kartu Soal untuk 5 Opsi Pilihan Ganda dan Soal Essay Terbaru 2017 tersebut cukup terperinci dan kami juga menyajikan beberapa file Aplikasi Kartu Soal untuk 5 Opsi Pilihan Ganda dan Soal Essay Terbaru 2017 yang bisa anda download secara gratis di link yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :


Related Posts

Post a Comment