-->

Contoh Rpp Ips Smp Mts Kelas 7 Semester 2 Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019

Contoh RPP IPS Sekolah Menengah Pertama MTs Kelas 7 Semester 2 Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019


Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs https://soalterbaru.com/ ini akan membahas dan membagikan file wacana Contoh RPP IPS Sekolah Menengah Pertama MTs Kelas 7 Semester 2 Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Contoh RPP IPS Sekolah Menengah Pertama MTs Kelas 7 Semester 2 Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019

Kompetensi Inti

1. Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan daerah regional.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 
4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah ajaib sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori. 

TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan, akseptor didik diperlukan sanggup :
Mengidentifikasi kesultanan Islam yang ada di Indonesia
Mengidentifikasi kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
Mengelompokkan hasil kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa Islam

Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia
Kerajaan-kerajaan Islam dikenal dengan sebutan kesultanan dan rajanya disebut sultan. Kesultanan Islam di Indonesia diperkirakan mulai lahir semenjak kala ke-13 M.
a. Kesultanan Samudera Pasai
b. Kesultanan Aceh Darussalam
c. Kesulatan Demak
d. Kesultanan Banten
e. Kesultanan Makassar (Gowa-Tallo)
f. Kesultanan Mataram
g. Kesultanan Ternate dan Tidore
h. Kesultanan Banjar

Peninggalan Sejarah Masa Islam di Indonesia
a. Masjid
Masjid merupakan tempat ibadah orang-orang Islam. Masjid yang merupakan peninggalan masa Islam di Indonesia misalnya ialah mesjid Demak, mesjid Ampel Surabaya, dan mesjid Banten.
b. Keraton
Keraton ialah tempat kediaman raja atau istana raja.Di tempat ini seorang raja mengendalikan pemerintahan kerajaannya. Dengan demikian, keraton berfungsi  sebagai  pusat  pemerintahan  dan tempat  tinggal  raja.  Keraton yang termasuk peninggalan masa Islam antara lain yaitu: Keraton Surakarta, Keraton Yogyakarta, Keraton Kanoman di Cirebon, dan istana Maimun di Sumatra Utara.
c. Makam
Makam kuno peninggalan masa Islam umumnya terdiri atas jirat (kijing), nisan, dan cungkup. Jirat ialah bangunan yang terbuat dari kerikil atau tembok yang berbentuk persegi panjang.Nisan ialah tonggak pendek yang terbuat dari kerikil yang ditanam di atas gundukan tanah sebagai tanda kuburan. Cungkup ialah bangunan menyerupai rumah yang berada di atas jirat. Contoh makam kuno bercorak Islam, yaitu makam Maulana Malik Ibrahim di Gresik, makam Fatimah binti Maimun di Leran Gresik, makam Sultan Malik al-Saleh di Pasai Aceh, dan makam sultan-sultan Mataram di Imogiri.

d. Kaligrafi
Kaligrafi ialah menulis indah dan disusun dalam aneka bentuk menarik dengan memakai aksara Arab.Dalam dunia Islam, kaligrafi terdiri atas petikan  ayat-ayat  suci Al  Qur’an.Bentuknya  beraneka  macam,  dari  yang sederhana, berbentuk goresan pena mendatar, hingga bentuk yang rumit menyerupai sebuah lingkaran, segitiga atau membentuk suatu bangun tertentu menyerupai masjid. Beraneka ragam hias kaligrafi sanggup kita temukan pada dinding masjid atau kerikil nisan.

e. Karya Sastra
Berdasarkan corak dan isinya karya sastra peninggalan masa Islam di Indonesia ada beberapa jenis, yaitu: berupa, babad, hikayat, suluk, dan syair.
1) Babad ialah karya sastra berupa kisah berlatar belakang sejarah. Karya ini biasanya berupa kisah semata daripada uraian sejarah yang disertai bukti-bukti dan fakta. Contoh Babad Cirebon, Babad Tanah Jawi, dan Babad Giyanti. 
2) Hikayat ialah karya sastra berupa kisah atau dongeng yang dibentuk sebagai pelipur lara atau pembangkit semangat. Contoh Hikayat Hang Tuah, dan Hikayat Raja-Raja Pasai.
3) Suluk ialah kitab-kitab yang berisi duduk perkara gaib, ramalan wacana hari baik atau buruk, dan makna atau simbol tertentu yang dihadapi manusia. Suluk-suluk tersebut merupakan potongan dari pedoman tasawuf.Suluk merupakan karya sastra tertua peninggalan kesultanan Islam di Indonesia. Contoh Suluk Wijil, Suluk Malang Sumirang, dan Suluk Sukarsa.
4) Syair ialah puisi usang yang setiap baitnya terdiri atas empat baris yang berakhir dengan suara yang sama. Contohnya Syair Perahu dan Syair Si Burung Pingai karya Hamzah Fansuri.
5) Seni Tari
Salah satu tarian yang merupakan peninggalan dari masa Islam ialah tari seudati atau tari saman dari Aceh.Tarian ini dilakukan dengan iringan nyanyian yang sebetulnya ialah selawat atau kebanggaan kepada nabi.
6) Debus
Debus merupakan kesenian bela diri dari Banten.Dalam kesenian ini, pemain menusukkan benda tajam ke tubuhnya tanpa meninggalkan luka. Kesenian  Debus  berawal  pada  abad  ke-16  M,  pada  masa  pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin.Debus pernah dipakai sebagai sarana untuk memompa semangat juang rakyat Banten melawan Belanda pada masa pemerintahan Sultan Ageng Tirtayasa.
7) Sekaten dan Grebeg
Sekaten merupakan upacara peringatan kelahiran Nabi Muhammad saw. yang  diadakan  setiap  bulan  Rabiul  Awwal  tahun  Hijriyah  di Alun-Alun Surakarta dan Yogyakarta. Upacara ini dahulu dipakai oleh Sultan Hamengkubuwana I, pendiri keraton Yogyakarta untuk mengundang masyarakat mengikuti dan memeluk agama Islam.Pada perayaan Sekaten, dua gamelan, yaitu gamelan Kyai Nagawilaga dan gamelan Kyai Gunturmadu akan dimainkan secara bersamaan selama 7 (tujuh) hari berturut-turut.

Dan masih banyak Contoh RPP IPS Sekolah Menengah Pertama MTs Kelas 7 Semester 2 Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019 lainnya.

Berikut ini File Contoh RPP IPS Sekolah Menengah Pertama MTs Kelas 7 Semester 2 Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019 yang sanggup Guru Download Secara Gratis.

Selengkapnya anda sanggup eksklusif download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :

Related Posts

Post a Comment