-->

Download Juknis Penyusunan Rpp Dan Silabus Kurikulum 2013 Terbaru 2017

Download Juknis Penyusunan RPP dan Silabus Kurikulum 2013 Terbaru 2017

Halo Rekan-rekan semua ketemu lagi dengan kami di materipendidikan.net, pada kesempatan kali ini kami akan sedikit merangkum/membahas perihal Juknis Penyusunan RPP dan Silabus Kurikulum 2013 Terbaru 2017 sebagai berikut.
Pada dasarnya pembelajaran meliputi kerangka konseptual dan operasional
perihal taktik pembelajaran, sistem kredit semester, evaluasi hasil belajar, dan
layanan bimbingan dan konseling.
Strategi pembelajaran sangat dibutuhkan dalam menunjang terwujudnya
seluruh kompetensi yang dimuat dalam Kurikulum 2013. Oleh alasannya itu kurikulum
memuat apa yang seharusnya diajarkan kepada penerima didik, sedangkan
pembelajaran merupakan cara bagaimana apa yang diajarkan bisa dikuasai oleh
penerima didik. Konsep-konsep inilah yang dikemas dalam Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) yang wajib dikembangkan oleh guru baik secara individual
maupun kelompok yang mengacu pada Silabus.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan seperangkat rencana
yang menjadi pedoman guru dalam melakukan tahapan pembelajaran. Namun
kenyataan banyak guru beranggapan bahwa menyusun RPP tidak penting. Bagi
mereka, yang terpenting yaitu masuk di kelas dan siswa menerima pelajaran.
Pemikiran demikian ini perlu menjadi perhatian para Kepala Sekolah dan Pengawas
Sekolah. 

Kompetensi Dasar
Setelah menuntaskan materi pembelajaran ini Saudara diharapkan mampu:
  • Memberikan pemahaman kepada guru perihal hakikat dan prinsip penyusunan
  • RPP.
  • Memberikan pemahaman kepada guru perihal komponen-komponen dan
  • sistematika RPP
  • Membimbing guru menyusun RPP yang memnuhi standar.
  • Indikator Pencapaian Kompetensi
  • Setelah mempelajari modul ini, diharapkan Saudara sanggup memahami hakikat dan prinsip penyusunan RPP serta pentingnya menyusun
  • RPP.
Kegiatan pembelajaran merupakan proses pendidikan yang memberikan
kesempatan kepada penerima didik untuk menyebarkan potensi mereka menjadi
kemampuan yang semakin usang semakin meningkat dalam sikap, pengetahuan, dan
keterampilan yang dibutuhkan dirinya untuk hidup dan untuk bermasyarakat,
berbangsa, serta berkontribusi pada kesejahteraan hidup umat manusia. Oleh karena
itu, kegiatan pembelajaran diarahkan untuk memberdayakan semua potensi peserta
didik menjadi kompetensi yang diharapkan. Disinilah pentingnya perencanaan wajib
dilaksanakan oleh guru.

Kenyataan di lapangan memperlihatkan bahwa masih banyak guru tidak menyusun
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Faktor penyebab guru tidak menyusun RPP
antara lain tidak memahami dengan benar apa bergotong-royong hakikat RPP, bagaimana
prinsip-prinsip penyusunan RPP serta apa pentingnya RPP disusun. 
  • Memahami komponen-komponen dan sistematika RPP.
  • Mampu menyusun RPP
  • Mampu membimbing guru dalam menyusun RPP.
Berbagai prinsip dalam menyebarkan atau menyusun RPP adalah
sebagai berikut:

A) RPP disusun guru sebagai terjemahan dari ide kurikulum dan berdasarkan
silabus yang telah dikembangkan di tingkat nasional ke dalam bentuk
rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran.
B) RPP dikembangkan guru dengan menyesuaikan apa yang dinyatakan dalam
silabus dengan kondisi di satuan pendidikan baik kemampuan awal peserta
didik, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya
belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma,
nilai, dan/atau lingkungan penerima didik.
C) Mendorong partisipasi aktif penerima didik
D) Sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 untuk menghasilkan penerima didik
sebagai insan yang sanggup bangkit diatas kaki sendiri dan tak berhenti belajar, proses pembelajaran
dalam RPP dirancang dengan berpusat pada penerima didik untuk
menyebarkan motivasi, minat, rasa ingin tahu, kreativitas, inisiatif,
inspirasi, kemandirian, semangat belajar, keterampilan berguru dan kebiasaan
belajar.
E) Mengembangkan budaya membaca dan menulis
F) Proses pembelajaran dalam RPP dirancang untuk menyebarkan kegemaran
membaca, pemahaman bermacam-macam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai
bentuk tulisan.
G) Memberikan umpan balik dan tindak lanjut.
H) RPP memuat rancangan kegiatan pinjaman umpan balik positif, penguatan,
pengayaan, dan remedi. Pemberian pembelajaran remedi dilakukan setiap saat
sehabis suatu ulangan atau ujian dilakukan, jadinya dianalisis, dan kelemahan
setiap penerima didik sanggup teridentifikasi. Pemberian pembelajaran diberikan
sesuai dengan kelemahan penerima didik.
I) Keterkaitan dan keterpaduan.
J) RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI
dan KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber
berguru dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan
mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas matapelajaran
untuk perilaku dan keterampilan, dan keragaman budaya.
K) Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
L) RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan
komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi
dan kondisi. 

Inilah File Download Juknis Penyusunan RPP dan Silabus Kurikulum 2013 Terbaru 2017 yang bisa Bapak/Ibu Guru Unduh Secara Gratis.

Demikian untuk keterangan kami perihal Download Juknis Penyusunan RPP dan Silabus Kurikulum 2013 Terbaru 2017 ini, kami minta maaf sebesar-besarnya kalau informasi yang kami rangkum ini kurang lengkap atau ada salah ucap dari artikel ini, agar apa yang kami posting ini bisa sangat membantu/mempermudah anda untuk melakukan kegiatan/kinerjanya.
Selengkapnya anda bisa eksklusif Download file tersebut berupa link yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :


Related Posts

Post a Comment