-->

Download Model Silabus Rpp Kurikulum 2013 Smp Mts New Update 2017

Download Model Silabus RPP Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama MTs New Update 2017


Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs materipendidikan akan sedikit mengambarkan dan membagikan beberapa file ihwal Model Silabus RPP Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama MTs yang tentunya postingan kali ini akan sangat di butuhkan bagi Guru/guru atau yang bersangkutan dengan Pendidikan, sebagai berikut.

Silabus yaitu rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang meliputi standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, aktivitas pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan pembagian terstruktur mengenai standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, aktivitas pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan ihwal aktivitas pembelajaran, pengelolaan kelas, dan evaluasi hasil belajar.

Silabus berisikan komponen pokok yang sanggup menjawab pertanyaan berikut.:
Kompetensi yang akan ditanamkan kepada penerima didik melalui suatu aktivitas pembelajaran
kegiatan yang harus dilakukan untuk menanamkan / membentuk kompetensi tersebut
upaya yang harus dilakukan untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki penerima didik
Silabus bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan aktivitas pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.

Standar kompetensi mata pelajaran yaitu batas dan arah kemampuan yang harus dimiliki dan sanggup dilakukan oleh penerima didik sesudah mengikuti proses pembelajaran suatu mata pelajaran tertentu, kemampuan yang sanggup dilakukan atau ditampilkan siswa untuk suatu mat pelajaran, kompetensi dalam mata pelajaran tertentu yang harus dimiliki siswa, kemampuan yang harus dimiliki oleh lulusan dalam dalam suatu mata pelajaran tertentu. Standar Kompetensi terdapat dalam Permen Diknas Nomor 22 Tahun 2006 ihwal Standar Isi.

Dan intinya tidak ada format dan model silabus yan baku.Hal ini disebabkan banyaknya variable yang mempengaruhi pengembangan model silabus, yang mengkibatkan silabus bersifat dinamis, dalam artian suatu model sanggup dilaksanakan dengan baik untuk kondisi tertentu,belum tentu cocok untuk kondisi yang lain,atau suatu model berhasil diterapkan dengan baik oleh guru tertentu,belum tentu berhasildengan baik jikalau diterapkan oleh guru yang lain.Oleh lantaran itu, setiap guru dibutuhkan sanggup menyebarkan silabus-silabus yang sesuai dengan karakteristik pribadi guru dan kondisi lingkungan dimana guru bertugas.

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yaitu rencana yang menggambarkan mekanisme dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus.  Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas meliputi satu kompetensi dasar yang terdiri atas satu indicator atau beberapa indicator untuk satu kali pertemuan atau lebih.
RPP merupakan persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengajar. Persiapan disini sanggup diartikan persiapan tertulis maupun persiapan mental, situasi emosional yang ingin dibangun, lingkungan berguru yang produktif, termasuk meyakinkan pembelajar untuk mau terlibat secara penuh. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan silabus mempunyai perbedaan, meskipun dalam hal tertentu mempunyai persamaan. Silabus memuat hal-hal yang perlu dilakukan siswa untuk merampungkan suatu kompetensi secara utuh, artinya di dalam suatu silabus adakalanya beberapa kompetensi yang sejalan akan disatukan sehingga asumsi waktunya belum tahu niscaya berapa pertemuan yang akan dilakukan. Sementara itu, rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu penggalan-penggalan aktivitas yang perlu dilakukan oleh guru untuk setiap pertemuan. Didalamnya harus terlihat tindakan apa yang perlu dilakukan oleh guru untuk mencapai ketuntasan kompetensi serta tindakan selanjutnya sesudah pertemuan selesai.

Gagne dan Briggs ( 1998 ) mengisyaratkan bahwa dalam menyebarkan rencana pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran perlu memperhatikan empat asumsi sebagai berikut :
  1. Rencana pembelajaran perlu dikembangkan dengan baik dan memakai pendekatan sistem. Pengembangan rencana pembelajaran dipengaruhi oleh teori-teori yang melandasinya dengan langkah – langkah yang ditempuh dalam proses pembuatannya. Gagne merumuskan bahwas sistem pembelajaran merupakan serangkaian bencana yang sanggup mempengaruhi penerima didik sehingga terjadi proses berguru pada dirinya demi mencapai suatu kompetensi. Proses pembelajaran dipandang sebagai suatu sistem lantaran mempunyai sejumlah komponen yang saling berinteraksi, mempunyai fungsi masing- masing untuk mencapai tujuan pembelajaran, dan membentuk kompetensi penerima didik
  2. Rencana pembelajaran harus dikembangkan secara ilmiah menurut pengetahuan  tentang penerima didik , yaitu : teori-teori berguru dan pembelajaran yang telah diteliti oleh para andal ilmu pendidikan
  3. Rencana pembelajaran harus dikembangkan untuk memudahkan penerima didik berguru dan membentuk kompetensi dirinya. 
  4. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menawarkan fasilitas berguru kepada penerima didik, yaitu :
  • Informasi harus disiapkan dengan baik
  • Berikan contoh-contoh dan ilustrasi yang erat dengan kehidupan penerima didik
  • Memberikan kesempatan kepada penerima didik untuk berpartisipassi dalam proses pembelajaran
  • Menggunakan sarana dan alat pendukung yang berfariasi ( Wahab,2001 )
  • Rencana pembelajaran hendaknya tidak dibentuk asal-asalan, agenda satuan pelajaran harus disusun sesuai dengan  prosedur ilmiah.

Inilah File Model Silabus RPP Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama MTs New Update 2017 yang bisa Anda Download Secara Gratis.

Demikian untuk sedikit keterangan dan share kami di atas yang membahas ihwal Model Silabus RPP Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama MTs tersebut, biar apa yang kami posting ini bisa membantu/mempermudah rekan-rekan dalam membereskan kiprah atau dalam melancarkan kinerjanya.
Unruk selengkapnya anda bisa pribadi download link Model Silabus RPP Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama MTs tersebut yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :

Silabus Matematika SMP.pdf
Silabus Matematika SMP.docx 
Silabus Bahasa Inggris SMP.pdf
Silabus Bahasa Inggris SMP.docx 
Silabus Bahasa Indonesia SMP.pdf
Silabus Bahasa Indonesia SMP.doc 
Silabus IPA SMP.pdf
Silabus IPA SMP.docx 
Silabus IPS SMP.pdf
Silabus IPS SMP.docx 
Silabus PPKn SMP.pdf
Silabus PPKn SMP.docx 
Silabus Seni Budaya SMP.pdf
Silabus Seni Budaya SMP.docx 
Silabus Prakarya SMP.pdf
Silabus Prakarya SMP.docx 
Silabus PJOK SMP.pdf
Silabus PJOK SMP.docx 
Silabus Pendidikan Agama Islam Budi Pekerti SMP.pdf
Silabus Pendidikan Agama Islam Budi Pekerti SMP.docx 
Silabus Pendidikan Agama Kristen Budi Pekerti SMP.pdf
Silabus Pendidikan Agama Kristen Budi Pekerti SMP.docx 
Silabus Pendidikan Agama Kristen Budi Pekerti SMP.pdf
Silabus Pendidikan Agama Kristen Budi Pekerti SMP.docx 
Silabus Pendidikan Agama Hindu Budi Pekerti SMP.pdf
Silabus Pendidikan Agama Hindu Budi Pekerti SMP.docx 
Silabus Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti SMP.pdf
Silabus Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti SMP.docx 
Silabus Pendidikan Agama Khonghucu Budi Pekerti SMP.pdf

Related Posts

Post a Comment