-->

Download Panduan Teknis Acara Ekstrakurikuler Sd Terbaru 2017

Download Panduan Teknis Kegiatan Ekstrakurikuler SD Terbaru 2017


Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs materipendidikan.net akan sedikit menandakan dan membagikan file perihal Panduan Teknis Kegiatan Ekstrakurikuler SD yang mungkin panduan tersebut sangat di butuhkan di kalangan Bapak/Ibu guru atau yang bersangkutan dengan pendidikan, sebagai berikut.

Dalam pelaksanaannya, keberhasilan agenda pendampingan perlu didukung oleh ketersediaan panduan yang secara teknis bisa membimbing dan mengarahkan guru melakukan praktik pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013 tersebut. Panduan teknis
yang disusun ialah :

1. Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar
2. Panduan Teknis Memahami Buku Guru dan Buku Siswa Sekolah Dasar
3. Panduan Teknis Penyusunan RPP di Sekolah Dasar.
4. Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian di Sekolah Dasar.
5. Panduan Teknis Penilaian dan Pengisian Rapor di Sekolah Dasar.
6. Panduan Teknis Pembelajaran Remedial dan Pengayaan di Sekolah Dasar
7. Panduan Mudah Orang Tua dalam Mendampingi Peserta Didik.
8. Panduan Teknis Pengembangan Muatan Lokal di Sekolah Dasar.
9. Panduan Teknis Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar
10. Panduan Teknis Transisi KTSP ke Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar

Akar permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat ialah terjadinya demoralisasi dalam kehidupan masyarakat yang ditandai dengan semakin meningkat sikap menyimpang dari etika, norma agama, sosial, dan hukum. Indikator yang nampak yakni tingginya jumlah kasus kenakalan bakir balig cukup akal khususnya siswa sekolah. Hal ini memperlihatkan bahwa proses
sosialisasi norma-norma di sekolah dan masyarakat belum berdampak positif terhadap perkembangan fisik, psikis, dan sosial anak.

Panduan teknis pengembangan acara ekstrakuriler di sekolah dasar
bertujuan:
  • Memberikan pola operasional dalam menyebarkan agenda acara ekstrakurikuler khususnnya di sekolah dasar.
  • Memberikan pola operasional dalam pelaksanaan dan evaluasi acara ekstrakurikuler di sekolah dasar.
  • Memberikan pola operasional dalam pembinaan berkelanjutan dalam melakukan acara ekstrakurikuler di sekolah dasar.
  • Sebagai pola kepada satuan pendidikan dalam menyelenggarakan
  • Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan semoga pelaksanaannya sanggup menjadi efektif.
Beberapa istilah yang perlu dijelaskan dalam pedoman ini ialah sebagai berikut :
  • Ekstrakurikuler ialah acara pendidikan yang dilakukan oleh penerima didik di luar jam mencar ilmu kurikulum standar sebagai ekspansi dari acara kurikulum dan dilakukan di bawah bimbingan sekolah dengan tujuan untuk menyebarkan kepribadian, bakat, minat, dan kemampuan penerima didik yang lebih luas atau di luar minat yang dikembangkan oleh kurikulum. Berdasarkan definisi tersebut, maka acara di sekolah atau pun di luar sekolah yang terkait dengan kiprah mencar ilmu suatu mata pelajaran bukanlah acara ekstrakurikuler.
  • Ekstrakurikuler wajib merupakan agenda ekstrakurikuler yang harus diikuti oleh seluruh penerima didik, terkecuali bagi penerima didik dengan kondisi tertentu yang tidak memungkinkannya untuk mengikuti acara ekstrakurikuler tersebut.
  • Ekstrakurikuler pilihan merupakan agenda ekstrakurikuler yang sanggup diikuti oleh penerima didik sesuai dengan talenta dan minatnya masing-masing.
Visi acara ekstrakurikuler pada satuan pendidikan ialah berkembangnya potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, dan kemandirian penerima didik secara optimal melalui kegiatan-kegiatan di luar acara intrakurikuler.

Sedangkan misi acara ekstrakurikuler pada satuan pendidikan ialah sebagai berikut:
  • Menyediakan sejumlah acara yang sanggup dipilih dan diikuti sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat penerima didik.
  • Menyelenggarakan sejumlah acara yang memperlihatkan kesempatan kepada penerima didik untuk sanggup mengekspresikan dan mengaktualisasikan diri secara optimal melalui acara berdikari dan atau berkelompok.
Fungsi acara ekstrakurikuler pada satuan pendidikan mempunyai fungsi pengembangan, sosial, rekreatif, dan persiapan karir :
  • Fungsi pengembangan, yakni bahwa acara ekstrakurikuler berfungsi untuk mendukung perkembangan personal penerima didik melalui ekspansi minat, pengembangan potensi, dan tunjangan kesempatan untuk pembentukan aksara dan pembinaan kepemimpinan.
  • Fungsi sosial, yakni bahwa acara ekstrakurikuler berfungsi untuk menyebarkan kemampuan dan rasa tanggung jawab sosial penerima didik. Kompetensi sosial dikembangkan dengan memperlihatkan kesempatan kepada penerima didik untuk memperluas pengalaman sosial, praktek keterampilan sosial, dan internalisasi nilai moral dan nilai sosial.
  • Fungsi rekreatif, yakni bahwa acara ekstrakurikuler dilakukan dalam suasana rileks, menggembirakan, dan menyenangkan sehingga menunjang proses perkembangan penerima didik. Kegiatan ekstrakurikuler harus sanggup mengakibatkan kehidupan atau atmosfer sekolah lebih menantang dan lebih menarik bagi penerima didik.
  • Fungsi persiapan karir, yakni bahwa acara ekstrakurikuler berfungsi untuk menyebarkan kesiapan karir penerima didik melalui pengembangan kapasitas.
Tujuan pelaksanaan acara ekstrakurikuler pada satuan pendidikan adalah:
  • Kegiatan ekstrakurikuler harus sanggup meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor penerima didik.
  • Kegiatan ekstrakurikuler harus sanggup menyebarkan talenta dan minat penerima didik dalam upaya pembinaan pribadi menuju pembinaan insan seutuhnya.
Prinsip acara ekstrakurikuler pada satuan pendidikan dikembangkan dengan prinsip sebagai berikut :
  • Bersifat individual, yakni bahwa acara ekstrakurikuler dikembangkan sesuai dengan potensi, bakat, dan minat penerima didik masing-masing.
  • Bersifat pilihan, yakni bahwa acara ekstrakurikuler dikembangkan sesuai dengan minat dan diikuti oleh penerima didik secara sukarela.
  • Keterlibatan aktif, yakni bahwa acara ekstrakurikuler menuntut keikutsertaan penerima didik secara penuh sesuai dengan minat dan pilihan masing-masing.
  • Menyenangkan, yakni bahwa acara ekstrakurikuler dilaksanakan dalam suasana yang menggembirakan bagi penerima didik.
  • Membangun etos kerja, yakni bahwa acara ekstrakurikuler dikembangkan dan dilaksanakan dengan prinsip membangun semangat penerima didik untuk berusaha dan bekerja dengan baik dan giat.
  • Kemanfaatan sosial, yakni bahwa acara ekstrakurikuler dikembangkan dan dilaksanakan dengan tidak melupakan kepentingan masyarakat.
Jenis acara ekstrakurikuler sanggup berbentuk :
  • Krida mencakup Kepramukaan, Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), Palang Merah Remaja (PMR), Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), dan lainnya.
  • Karya ilmiah mencakup Kegiatan Ilmiah Remaja (KIR), acara penguasaan keilmuan dan kemampuan akademik, penelitian, dan lainnya
  • Latihan/olah bakat/prestasi mencakup pengembangan talenta olahraga, seni dan budaya, cinta alam, jurnalistik, teater, keagamaan, dan lainnya atau
  • Jenis lainnya.
Format acara ekstrakurikuler sanggup diselenggarakan dalam banyak sekali bentuk :
  • Individual yakni acara ekstrakurikuler sanggup dilakukan dalam format yang diikuti oleh penerima didik secara perorangan
  • Kelompok yakni acara ekstrakurikuler sanggup dilakukan dalam format yang diikuti oleh kelompok-kelompok penerima didik.
  • Klasikal yakni acara ekstrakurikuler sanggup dilakukan dalam format yang diikuti oleh penerima didik dalam satu kelas.
  • Gabungan yakni acara ekstrakurikuler sanggup dilakukan dalam format yang diikuti oleh penerima didik antarkelas.
  • Lapangan yakni acara ekstrakurikuler sanggup dilakukan dalam format yang diikuti oleh seorang atau sejumlah penerima didik melalui acara di luar sekolah atau acara lapangan.

Inilah File Panduan Teknis Kegiatan Ekstrakurikuler SD Terbaru 2017 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Demikian untuk keterangan dan share kami di atas yang membahas perihal Panduan Teknis Kegiatan Ekstrakurikuler SD tersebut semoga apa yang kami posting bisa dijadikan pedoman bagi Bapak/Ibu Guru yang sedang membutuhkan informasi atau dile yang kami bagikan ini.
Untuk selengkapnya anda bisa download eksklusif link Panduan Teknis Kegiatan Ekstrakurikuler SD tersebut yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :

Related Posts

Post a Comment