-->

Jenis-Jenis Inversion Sentence Dalam Bahasa Inggris Dan Contohnya

Inversion Sentence dalam Bahasa Inggris – “Inversion” ialah sebuah kalimat dimana kita meletakkan kata kerja bantu (auxiliary) sebelum subjek. Sebelum membahas wacana inversion secara mendalam, sebaiknya kita tahu terlebih dahulu wacana apa yang dimaksud dengan auxiliary. Auxiliary ialah kata kerja bantu yang digunakan untuk melengkapi sebuah kalimat. Umumnya auxiliary tidak mempunyai makna, kecuali dalam kalimat tanya. Dalam bahasa Inggris, bentuk auxiliary sudah ditentukan menurut predikat dari sebuah kalimat. Perhatikan table di bawah ini!


PREDICATE
AUXILIARY
Verb 1
Do / Does
Verb 2
Did
Tobe
Tobe
Modal
Modal
Have/Has + Verb 3 / Been
Have / Has
Had Verb 3 / Been
Had
Contoh:
I love you. Pada kalimat tersebut predikatnya ialah “love”. Love merupakan “Verb 1”. Maka Auxiliary nya ialah “Do”. Pemilihan “Do” buakan “Does” ialah alasannya ialah subjek kalimat tersebut ialah “I”.
I will go to your house as soon as possible. Pada kalimat tersebut predikatnya ialah “will”. Will merupakan “Modal”. Maka Auxiliary nya ialah “Modal (will)” juga.
Nah, kalau sudah memehami wacana auxiliary, maka kita akan lanjutkan bahasan kita wacana kalimat inversion. Dalam bahasa Inggris, kita sanggup memakai kalimat inversion dalam beberapa situasi yang berbeda. Situasi-situasi tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Kita biasanya memakai pola kalimat inversion dalam menciptakan pertanyaan:

Dalam kebanyakan kalimat dalam bahasa Inggris, dikala kita ingin memakai kalimat inversion, kita hanya harus menempatkan auxiliary di sebelum subjek. Berikut pola kalimat inversion dalam kalimat tanya:
AUXILIARY + SUBJEK + KOMPLEMEN / VERB
Contoh:
Kalimat normal: You are happy.
(Subjeknya ialah 'You, sebelum predikat 'are'.)
Bentuk pertanyaan: Are you happy?
(Karena predikatnya tobe 'Are', maka auxiliarynya juga tobe. Maka auxiliary “Are” ditempatkan sebelum subjek 'you', mereka telah berpindah posisi. Inilah yang disebut kalimat inversion.)
2. Saat kita memakai adverb atau adverbial phrase negatif di awal kalimat.
Biasanya, kita menempatkan ungkapan di awal kalimat untuk menguatkan apa yang kita katakana alasannya ialah ini akan menciptakan kalimat kita terdengar mengejutkan, mencolok, atau tidak biasa. Cara ini juga menciptakan kalimat kita terdengar cukup formal. Jika Anda ingin memberi kesan-kesan tersebut, maka Anda sanggup membuatnya dengan pola kalimat inversion sebagai berikut:
NEGATIVE ADVERB + AUXILIARY + S + KOMPLEMEN / VERB
Contoh:
Kalimat Inversion:
Seldom have I seen such beautiful scenery. ('Seldom' diletakkan di awal kalimat, sehingga kalimat ini disebut kalimat inversion. Kalimat ini menegaskan “Betapa indahnya pemandangan yang dilihat oleh penulis.)
Kalimat Normal:
I have seldom seen such beautiful scenery. ('Seldom' diletakkan di posisi normalnya, sehingga kalimat ini disebut kalimat normal. Kalimat ini ialah kalimat yang normal tanpa penegasan apapun.)
Berikut ini ialah beberapa negative adverbs yang sering digunakan dalam inversion:
Hardly, Never, Seldom, Rarely, Only then, Not only, No sooner, Scarcely, Only later, Nowhere, Little, Only in this way, In no way, On no account
Inversion pada sebuah kalimat, sanggup juga di letakkan sehabis klausa adverb negatif.
Contoh:

Not until           
Not until I saw Jonah with my own eyes did I really believe he was ok.
Not since         
Not since Luna left college had she had such a wonderful opportunity.
Only after        
Only after I'd seen his flat did I understand why he wanted to live there.
Only when       
Only when we'd all arrived home did I feel calm.
Only by           
Only by working extremely hard could we afford to eat.
3. Kita sanggup memakai inversion sebagai pengganti 'if' dalam conditional sentence
Bentuk ini ialah bentuk yang cukup formal:
Contoh:

Normal conditional
If I had come there, this masalah would have finished.
Conditional with inversion
Had I come there, would have finished.

Lebih jauh lagi wacana If Clause bentuk inversion, Anda sanggup baca pada artikel yang berjudul: Jenis, Pola, dan Contoh Inversion dalam Conditional Sentence

Inversion Sentence dalam Bahasa Inggris
4. Kita sanggup juga memakai inversion sehabis "so + adjective...that"
Contoh:
So beautiful was the girl that nobody could talk of anything else. (Kalimat Normalnya: the girl was so beautiful that nobody could talk of anything else.)

So delicious was the food that we ate every last bite. (Kalimat Normalnya: the food was so delicious that we ate every last bite.)
Nah demikianlah bahasan kita kali ini wacana inversion sentence. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi teman Soalterbaru.com semua dan sanggup membantu menambah wawasan pembaca semua terutama yang sedang tekun berguru bahasa Inggris.

Baca Juga:
Pengertian Rumus dan Contoh Kata "JUGA" dalam Bhs. Inggris
Without IF Conditional Sentence 

Related Posts

Post a Comment