-->

Laporan Bos Buku Kas Umum, Buku Pembantu Kas, Buku Bank Dan Buku Pajak Tahun 2017

Laporan BOS Buku Kas Umum, Buku Pembantu Kas, Buku Bank dan Buku Pajak Tahun 2017


Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs materipendidikan.net akan memposting perihal Laporan BOS yang terdiri dari Buku Kas Umum, Buku Pembantu Kas, Buku Bank dan Buku Pajak yang sebagaimana aplikasi yang kami share ini sangat di cari dan dibutuhkan untuk memperlancar Rencana Pelaksanaan Dana BOS, Sebagai berikut sedikit uraian kami dibawah ini.

Secara umum aktivitas BOS bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan. Secara khusus aktivitas BOS bertujuan untuk:
Membebaskan pungutan bagi seluruh siswa SD/SDLB negeri dan SMP/SMPLB/SMPT (Terbuka) negeri terhadap biaya operasi sekolah,
Membebaskan pungutan seluruh siswa miskin dari seluruh pungutan dalam bentuk apapun, baik di sekolah negeri maupun swasta
Meringankan beban biaya operasi sekolah bagi siswa di sekolah swasta.

Buku Kas Umum dipakai untuk mencatat semua transaksi penerimaan dan pengeluaran kas baik secara tunai maupun giral, mutasi kas dari bank ke tunai dan perbaikan/koreksi kesalahan pembukuan.
Dokumen sumber transaksi, pertama kali dicatat di BKU gres kemudian dicatat di buku pembantu masing-masing
Bentuk BKU memakai kolom saldo sehingga posisi kas setiap dikala sanggup diketahui

BKU sanggup dibentuk terdiri dari tiga bagian, sebagai berikut:
  • Bagian 1: Untuk menginformasikan identitas satuan kerja, identitas DIPA, Pagu Belanja per kegiatan, Tanda tangan Pengguna  Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran dan Tanda Tangan Bendahara Pengeluaran.
  • Bagian 2: Untuk mencatat transaksi penerimaan dan pengeluaran kas, transaksi mutasi antar daerah kas tersimpan dan transaksi lainnya yang mempengaruhi kas yang dikelola Bendahara Pengeluaran
  • Bagian 3: Untuk lembar catatan investigasi kas baik yang dilakukan oleh Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran atau pejabat lain yang berwenang melaksanakan investigasi kas Bendahara Pengeluaran
Buku Pembantu Kas berfungsi untuk mencatat transaksi penerimaan/pengeluaran yang dilaksanakan secara tunai. Semua transaksi Kas, baik transaksi eksternal maupun internal dibukukan dalam buku ini. Bukti transaksi kas eksternal sama dengan bukti transaksi yang dipergunakan oleh Buku Kas Umum. Sedang bukti transaksi internal dibentuk tersendiri. Format di atas harus dibukukan per transaksi dan ditandatangani oleh Bendahara dan Kepala Sekolah. Dokumen ini disimpan di sekolah dan diperlihatkan kepada pengawas, Tim Manajeman BOS Kabupaten/Kota, dan para pemeriksa lainnya apabila diperlukan.

Buku Bank, bentuk buku ini sama dengan buku kas . Buku bank mencatat penerimaan dan pengeluaran uang melalui bank. Buku bank pun memiliki 2 (dug) fungsi, yakni sebagai buku harian dan sebagai buku tambahan. Saldo buku bank pada pembukaan atau penutupannya, tidak selalu harus merupakan saldo debet. Saldo ini, mungkin saldo kredit dan dalam hal ini kita berutang kepada bank. Saldo debet buku bank.

Pembayaran pajak merupakan perwujudan dari kewajiban kenegaraan dan tugas serta Wajib Pajak untuk secara eksklusif dan gotong royong melaksanakan kewajiban perpajakan untuk pembiayaan negara dan pembangunan nasional. Sesuai falsafah undang-undang perpajakan, membayar pajak bukan hanya merupakan kewajiban, tetapi merupakan hak dari setiap warga Negara untuk ikut berpartisipasi dalam bentuk tugas serta terhadap pembiayaan negara dan pembangunan nasional.
 
Tanggung jawab atas kewajiban pembayaran pajak, sebagai pencerminan kewajiban kenegaran di bidang perpajakan berada pada anggota masyarakat sendiri untuk memenuhi kewajiban tersebut. Hal tersebut sesuai dengan sistem self assessment yang dianut dalam Sistem Perpajakan Indonesia. Pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Pajak, sesuai dengan fungsinya berkewajiban melaksanakan pembinaan/penyuluhan, pelayanan, dan pengawasan. Dalam melaksanakan fungsinya tersebut, Direktorat Jenderal Pajak berusaha sebaik mungkin menunjukkan pelayanan kepada masyarakat sesuai visi dan misi Direktorat Jenderal Pajak. Penerbitan buku saku ini merupakan salah satu perwujudan dari fungsi di atas dengan maksud menunjukkan pemahaman yang lebih komprehensif perihal hak dan kewajiban selaku Wajib Pajak.

Berikut Ini Berkas Laporan BOS  Buku Kas Umum, Buku Pembantu Kas, Buku Bank dan Buku Pajak Tahun 2017 yang Bisa Guru Download Secara Gratis

Demikian untuk uraian dah share kami di atas, biar dengan adanya berkas tersebut sanggup di jadikan sebagai pola bagi Guru atau yang terperinci bersangkutan dengan pendidikan.
Untuk selengkapnya anda sanggup download berkas tersebut yang sudah kami sediakan link di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :


Related Posts

Post a Comment