-->

Download Panduan Penulisan Soal Smp/Mts Tahun 2018/2019

Download Panduan Penulisan Soal SMP/MTs Tahun 2018/2019 - Penilaian terhadap hasil berguru peserta didik merupakan salah satu acara rutin dalam dunia pendidikan. Penilaian hasil berguru dilakukan antara lain untuk mendiagnosa kekuatan dan kelemahan peserta didik, memonitor perkembangan berguru peserta didik, menilai ketercapaian kurikulum, memberi nilai peserta didik dan memilih efektivitas pembelajaran. Untuk tujuan-tujuan tersebut sanggup digunakan aneka macam bentuk dan instrumen penilaian. Namun tes tertulis hingga ketika ini masih merupakan instrumen yang lebih banyak didominasi digunakan dalam menilai hasil berguru peserta didik.

Tes tertulis secara umum sanggup dibedakan menjadi tes dengan pilihan tanggapan (non-constructed response test), peserta didik hanya memilih dari tanggapan yang disediakan, dan tes tanpa pilihan tanggapan (constructed response test), peserta didik harus mengkonstruksikan jawabannya. Tes dengan pilihan tanggapan sering dikritik alasannya yaitu yakni dipandang tidak sanggup mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skill). Hal ini tidaklah benar, soal tes dengan pilihan tanggapan sanggup mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, hanya penyusunannya memang tidak mudah. Di sisi lain tes tanpa pilihan tanggapan (constructed response test) yang sering dipandang sesuai untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, bila tidak disusun dengan cermat bisa jadi hanya mengukur berpikir tingkat rendah. Kedua bentuk tes tersebut potensial untuk mengukur berpikir tingkat rendah dan tingkat tinggi, tergantung kejelian dalam penulisan soal.

Oleh alasannya yaitu yakni penulisan soal merupakan proses penentu kualitas tes maka penulisan soal perlu dilakukan secara sungguh-sungguh. Buku panduan penulisan soal ini merupakan upaya untuk membantu penulis soal menghasilkan soal yang berkualitas, termasuk soal yang mengukur berpikir tingkat tinggi. Kaedah penulisan soal, contoh-contoh yang diberikan diharapkan sanggup mengatakan ilustrasi bagaimana kedua bentuk tes baik tes dengan pilihan dan tes tanpa pilihan tersebut sanggup digunakan untuk menilai hasil berguru peserta didik dan memberi informasi yang valid.

Perlu disampaikan bahwa fokus panduan ini ialah penulisan soal tes tertulis khususnya tes berbentuk pilihan ganda dan tes uraian. Oleh alasannya yaitu yakni itu bentuk penilaian lain menyerupai portofolio, tes lisan, projek tidak dibahas, namun bukan berarti bentuk penilaian tersebut tidak penting.


Pada postingan ini saya akan berbagai Panduan Penulisan Soal SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun 2018/2019 yang bisa Anda download secara gratis. perlu diketahui Penjelasan di atas saya ambil dari Kata Pengantar Format Panduan Penulisan Soal SMP/MTs Tahun 2018/2019.

Bagi Bapak/Ibu Guru yang membutuhkan Panduan Penulisan Soal SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun 2018/2019 bisa mengunduhnya pada tautan link dibawah ini;

Panduan Penulisan Soal SMP/MTs Tahun 2017 Format pdf, Download

Demikian Panduan Penulisan Soal SMP/MTs k13 Tahun 2018/2019 yang sanggup saya bagikan, supaya bermnaftaat.

Related Posts

Post a Comment