-->

Mencari Wangsit Pokok Pada Teks Bagaimana Jagung Berkembang Biak? (Tema 1 Kelas 6)


Materi SD Kurikulum 2013 K13 - Selamat tiba di blog Kurikulum2013 revisi Pada Post kali ini admin bakal share mengenai Materi Pembelajaran Mencari Ide Pokok Pada Teks Bagaimana Jagung Berkembang Biak? (Tema 1 Kelas 6) K13 Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019. Perlu Bapak/Ibu guru pahami bersama bahwa pada Kurikulum 2013 hasil revisi terbaru. Pembelajaran di kelas 6 bagi sekolah yang sebelumnya sudah menerapkan pembelajaran K13, untuk kelas 5, akan berlanjut memakai pembelajaran tematik di kelas 6.

Pada Post kali ini admin bakal share mengenai Materi Pembelajaran Mencari Ide Pokok Pada T Mencari Ide Pokok Pada Teks Bagaimana Jagung Berkembang Biak? (Tema 1 Kelas 6)

Tema satu kelas 6 berjudul Selamatkan Makhluk Hidup. Pada tema ini terdapat tiga subtema dan aktivitas literasi. Dan untuk pembelajaran di setiap subtema berlangsung selama 6 kali pembelajaran. Berikut alternatif penyelesaian pembelajaran dalam mencari inspirasi pokok. Untuk pembelajaran 1  di subtema 1 kelas 6, terdapat sebuah pengalaman bagi siswa untuk menemukan inspirasi pokok pada sebuah bacaan yang berjudul "Bagaimana Jagung Berkembang Biak?"

Selengkapnya berikuti ini cuplikan teks bacaannya yang aku kutip dari buku siswa tema 1 kelas 6 Edisi revisi 2018.

Bagaimana Jagung Berkembang Biak?


Jagung merupakan salah satu flora yang dijadikan materi masakan pokok di berbagai, negara, salah satunya di Indonesia. Di Indonesia, penduduk Pulau Madura menyebabkan jagung sebagai masakan pokoknya. Jagung merupakan salah satu flora penghasil karbohidrat yang sangat diharapkan oleh tubuh.

Seorang petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung. Setelah tiga hingga empat hari bakal flora akan muncul di permukaan tanah. Tanaman jagung akan terus tumbuh menjadi besar. Tiga hingga tiga setengah bulan, buah jagung sanggup dipanen oleh petani. Buah jagung yang berbentuk ibarat tongkol pada mulanya berupa sekuntum bunga.

Bunga jagung mempunyai helai-helai rambut halus pada bab ujungnya. Pada helai rambut tersebut terdapat tepung sari. Tepung sari akan terbang terbawa angin saat angin bertiup. Tepung sari yang terbawa angin, sebagian akan jatuh di kepala putik yang terletak di bab bawah bunga pada pohon jagung yang lain. Ketika itulah
terjadi pembuahan.

Setelah terjadi pembuahan, bunga jagung tersebut terus berkembang hingga menjadi buah jagung. Perkemanbangan itulah yang sanggup diamati dari waktu ke waktu. Buah jagung akan siap dipanen saat rambut jagung sudah berwarna kecokelatan dan bab tongkolnya sudah mengering. Apabila buah jagung tersebut dikupas akan menunjukkan biji jagung yang kekuningan. Bagian yang dimakan oleh insan yaitu biji jagung.

Supaya jagung selalu tersedia sebagai materi masakan manusia, maka petani jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil panen. Biji jagung yang renta sanggup ditanam kembali. Dari sinilah akan dimulai lagi perkembangbiakan jagung.

Setelah siswa membaca ihwal tersebut, selanjutnya siswa mengerjakan kiprah sebagai berikut :
Tulislah inspirasi pokok dan gosip penting dari teks berjudul ‘Bagaimana Jagung
Berkembang Biak?’ dengan mengisi diagram berikut !

Berikut ini, penulis sajikan inspirasi pokok pada ihwal tersebut, semoaga balasan berikut sanggup membantu Bapak/Ibu dalam menunjukkan evaluasi bagi siswa. Demikian pula bagi para orang renta sebagai pedoman dalam menunjukkan pendampingan bagi buah hatinya yang sedang duduk di dingklik kelas 6.

Pada Post kali ini admin bakal share mengenai Materi Pembelajaran Mencari Ide Pokok Pada T Mencari Ide Pokok Pada Teks Bagaimana Jagung Berkembang Biak? (Tema 1 Kelas 6)


Demikian artikel Kurikulum 2013revisi terbaru, terkait dengan Mencari Ide Pokok Pada Teks Bagaimana Jagung Berkembang Biak? (Tema 1 Kelas 6)

Related Posts

Post a Comment