-->

Buku Bahan Training Bk (Bimbingan Konseling) Sma Smk Implementasi Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019

Buku Materi Pelatihan BK (Bimbingan Konseling) Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Implementasi Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019


Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs https://soalterbaru.com/ ini akan membahas dan membagikan file wacana Buku Materi Pelatihan BK (Bimbingan Konseling) Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Implementasi Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Buku Materi Pelatihan BK (Bimbingan Konseling) Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Implementasi Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019.

Latar Belakang
Latar belakang Bimbingan dan Konseling dalam Kurikulum 2013 antara lain sebagai berikut: 
1. Konseling sebagai bab integral dari sistem pendidikan di sekolah mempunyai peranan penting berkaitan dengan pemenuhan fungsi dan tujuan pendidikan serta peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Pendidikan sanggup memanfaatkan konseling sebagai kawan kerja dalam melakukan tugasnya sebagai rangkaian upaya pemberian bantuan. 
2. Bimbingan dan Konseling diposisikan oleh negara sebagai profesi yang terintegrasikan sepenuhnya dalam bidang pendidikan, yaitu dengan menegaskannya dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional. Dalam Undang-Undang tersebut ditegaskan bahwa konselor ialah pendidik profesional, sebagaimana juga guru, dosen dan pendidik lainnya.
3.Dengan kedudukan demikian itu, para konselor sebagai pemegang profesi konseling dituntut untuk sepenuhnya menyukseskan upaya pendidikan dalam banyak sekali jalur, jenjang, dan jenisnya.
 
Makna tersebut di atas amatlah luas dan mendasar, yang memperlihatkan instruksi dan sekaligus menyimpulkan kiprah pelayanan konseling (biasa disebut pelayanan bimbingan dan konseling, disingkat BK) yang berkembang di Indonesia semenjak tahun 1960-an hingga kondisinya kini ini. Berkenaan dengan implementasi kurikulum 2013 yang dimulai tahun ini khusus untuk kegiatan bimbingan dan konseling, Kurikulum 2013 menegaskan adanya kawasan garapan yang disebut peminatan siswa. Bidang peminatan ini menjadi substansi pokok pekerjaan para konselor atau guru bimbingan dan konseling di sekolah-sekolah/madrasah. Meskipun demikian, pelayanan Bimbingan dan Konseling tentulah tidak hanya sekedar menangani aktivitas atau wilayah peminatan saja. Tugas konselor tentulah jauh lebih luas daripada bidang peminatan itu sendiri, yaitu menyangkut pengembangan pribadi akseptor didik ke arah kemandirian diri mereka, yang juga bisa mengendalikan diri. Hal ini menjadi sangat penting saat kita menyaksikan akseptor didik yang kurang disiplin, nakal, suka tawuran, dan sebagainya. Tugas konseling yang memandirikan dan membina kemampuan pengendalian diri itu sejalan dan bahkan terintegrasikan dengan kiprah guru yang menyebabkan akseptor didik benar-benar menguasai bahan pelajaran yang diajarkan. Pendidikan huruf yang materinya sangat penting dikuasai dan dilaksanakan oleh akseptor didik terintegrasikan sepenuhnya di dalam kiprah utama guru dan konselor itu. Dalam Kurikulum 2013 kegiatan bimbingan dan konseling yang lebih luas itu diisi dengan pelayanan bimbingan dan konseling arah peminatan yang membesarkan kedirian akseptor didik sesuai dengan potensi, bakat, dan minat mereka masing-masing. Dengan demikian, pelayanan bimbingan dan konseling memperlihatkan pelayanan arah peminatan siswa dengan sungguh-sungguh di satu sisi, dan di sisi lain layanan peminatan itu dilarang melemahkan pelayanan bimbingan dan konseling secara menyeluruh. Untuk itu perlu disusun panduan umum bagi terselenggarakannya pelayanan Bimbingan dan Konseling secara menyeluruh dan panduan khusus peminatan yang lebih terarah, terang dan efisien sehingga sanggup dipakai menjadi instruksi kerja dan pegangan bagi para konselor pada satuan-satuan pendidikan di seluruh tanah air. Kinerja konselor yang memakai kedua panduan itu sejalan dan tersinkronisasikan dengan kinerja guru demi suksesnya proses pembelajaran dalam pengembangan akseptor didik secara optimal.

Deskripsi Singkat
Modul ini membahas wacana Posisi BK dalam Kurikulum 2013 dan Program BK yang mengarah kepada pelayanan peminatan akseptor didik. Maksud modul ini semoga akseptor didik sanggup merencanakan dan menyelenggarakan aktivitas BK sesuai dengan langkah-langkah pokok layanan peminatan. Lingkup bahan yang akan dibahas adalah 
(1) Posisi BK dalam Kurikulum 2013 
(2) Program BK dan 
(3) Implementasi Program BK.

Dan masih banyak Buku Materi Pelatihan BK (Bimbingan Konseling) Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Implementasi Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019 lainnya.

Berikut ini File Buku Materi Pelatihan BK (Bimbingan Konseling) Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Implementasi Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Selengkapnya anda bisa pribadi download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :

Related Posts

Post a Comment