-->

Download Juknis Revitalisasi Desa Budpekerti 2017/2018

Download Juknis Revitalisasi Desa Adat 2017/2018


Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs materipendidikan.net ini akan membahas dan membagikan file perihal Download Juknis Revitalisasi Desa Adat 2017/2018 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Download Juknis Revitalisasi Desa Adat 2017/2018

Desa-desa adab sebagai warisan budaya yang aktif dan masih ada sampai ketika ini (living heritage) merupakan kekayaan budaya Indonesia. Keberadaan desa adab sebagai pelestari sekaligus pelaku aktif kearifan-kearifan lokal, sangat potensial dalam mempertahankan identitas budaya serta membangun kesadaran akan keberagaman budaya di Indonesia. Dengan demikian, desa adab merupakan belahan dari kekayaan bangsa yang wajib dilestarikan dan salah satu upaya pelestariannya ialah dengan melaksanakan revitalisasi.

Desa adab mempunyai hak asal ajakan dan hak tradisional dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat dan berperan mewujudkan harapan kemerdekaan menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Desa adab mempunyai susunan dan tata cara penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang spesifik (otonom).

Desa adab ditandai dengan adanya sekelompok orang yang berada pada wilayah teritorial tertentu, dengan sistem acara ekonomi yang seragam serta adanya keterikatan genealogis. Selain itu, desa adab juga mempunyai prinsip hidup, pola interaksi berkelanjutan dalam acara sehari-hari, serta mempunyai seperangkat aturan, baik tertulis maupun tidak tertulis yang dipatuhi bersama. Selain keseragaman acara ekonomi, sebuah desa adab sering ditandai dengan keseragaman sistem kepercayaan berikut upacara adat, keseragaman pola dan gaya hidup, serta keseragaman pola arsitektur bangunan.

Dalam kesehariannya, masyarakat menyebarkan kearifan-kearifan lokal yang tetap dipelihara dan diwariskan, menyerupai yang terwujud dalam bentuk sistem pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adab istiadat, serta banyak sekali kemampuan dan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Keseluruhan sistem tersebut mempunyai keterkaitan yang bersahabat satu sama lain, dengan konsekuensi perubahan pada satu sistem akan memberi efek pula pada perubahan sistem yang lain.

Rumah Adat dan bangunan adab lainnya merupakan belahan penting dan strategis dalam suatu  desa  adat  untuk  melestarikan  serta  mewariskan  ketiga  sistem  tersebut  secara berkesinambungan. Bentuk, ukuran, serta motif-motif yang terdapat pada arsitektur bangunan adab menggambarkan sistem simbol yang menjelaskan dan melestarikan pengetahuan arsitektur, sistem kepercayaan, sistem sosial serta sistem   ekonomi masyarakat desa adat.

Pada ketika ini banyak bangunan adab yang berfungsi sebagai penanda desa adab mengalami kerusakan yang disebabkan oleh banyak sekali faktor menyerupai fenomena alam terkait cuaca dan iklim, tragedi alam, maupun kondisi materi bangunan yang telah tergoda usia. Kondisi tersebut menjadikan bangunan adab tidak sanggup memenuhi fungsinya dalam kondisi yang wajar.

Pembangunan kembali rumah adab oleh masyarakat aturan adab sering kali mengalami hambatan keterbatasan anggaran. Di sisi lain, masyarakat aturan adab pendukung desa adab mengalami risiko sosial yang menjadikan terjadinya kerentanan sosial yang disebabkan hilangnya fungsi bangunan adab dalam konteks pengikat kesatuan sosial masyarakat adat. Dalam hal ini fungsi utama keberadaan rumah adab menjadi sangat penting sebagai upaya para penghuni desa adab untuk memelihara sistem budaya mereka.

Salah satu upaya melindungi, menyebarkan dan memanfaatkan  nilai-nilai  budaya yang masih hidup dan didukung masyarakat desa adat, Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan kegiatan yang disebut Revitalisasi Desa Adat. Dalam pelaksanaannya, Revitalisasi Desa Adat dilakukan untuk menghidupkan kembali aktifitas budaya masyarakat setempat, baik fisik maupun non-fisik, menyerupai membangun atau memperbaiki bangunan adat, kelengkapan adab serta ritual adat. Melalui kegiatan ini, dibutuhkan masyarakat adab pendukungnya sanggup melaksanakan kegiatan-kegiatan budaya dalam rangka melestarikan kebudayaan.
Dan masih banyak lagi contoh" lainya. 

Berikut ini File Download Juknis Revitalisasi Desa Adat 2017/2018 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Selengkapnya anda bisa eksklusif download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :

Related Posts

Post a Comment