-->

Download Juknis Sumbangan Pemerintah Fasilitasi Komunitas Budaya Masyarakat 2017/2018

Download Juknis Bantuan Pemerintah Fasilitasi Komunitas Budaya Masyarakat 2017/2018


Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs materipendidikan.net ini akan membahas dan membagikan file perihal Download Juknis Bantuan Pemerintah Fasilitasi Komunitas Budaya Masyarakat 2017/2018 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Download Juknis Bantuan Pemerintah Fasilitasi Komunitas Budaya Masyarakat 2017/2018

Satu diantara sasaran pembangunan kebudayaan nasional yakni tergali, terpelihara dan terlestarikannya karya-karya budaya yang mengacu pada budaya bangsa, serta proteksi aturan individual dan komunal. Dalam hal ini, budaya etnis dan budaya lokal yang dimiliki oleh kelompok-kelompok suku bangsa yang ada di Indonesia ini menjadi pecahan penting dari kebudayaan bangsa yang telah menunjukkan bantuan yang sangat besar bagi penguatan jati diri dan pembentukan aksara bangsa serta ketahanan budaya bangsa.
Dari sudut pandang ini, bangsa Indonesia bergotong-royong mempunyai potensi sumber daya yang menjadi keunggulan kompetitif sebab dikaruniai keragaman budaya yang berbanding lurus dengan jumlah sukubangsa di negeri ini. Kondisi tersebut diperkaya lagi dengan keberadaan sejumlah komunitas yang konsisten dengan tradisi-tradisi yang diwarisi dari para leluhurnya. Tradisi itu terbukti efektif dalam menangkal efek negatif dari budaya abnormal yang tidak sesuai dengan karakteristik budaya bangsa. Komunitas itu lazim disebut sebagai Komunitas Budaya.  Komunitas-komunitas budaya  yang ada di masyarakat terwujud dalam banyak sekali bentuk institusi, ada yang berupa sanggar seni, padepokan, organisasi penghayat, komunitas adat, keraton dengan perangkat tradisinya dan masih banyak lagi bentuk-bentuk komunitas budaya yang hidup di masyarakat.
Kondisi komunitas budaya dikala ini memprihatinkan, satu sisi mereka mempunyai idealisme dan komitmen  yang kuat  terhadap  keberlangsungan  tradisi yang dimiliki,  disisi  lain, mereka menghadapi banyak sekali permasalahan diantaranya aspek legalitas dan keterbatasan sarana dan prasarana. Dalam rangka memfasilitasi tugas serta komunitas budaya tersebut dibutuhkan aktivitas Fasilitasi Komunitas Budaya di Masyarakat (FKBM).

FKBM yakni derma fasilitasi dari pemerintah melalui Direktorat Kepercayaan terhadap Tuhan  Yang Maha Esa dan Tradisi, Direktorat   Jenderal   Kebudayaan,   Kementerian Pendidikan  dan  Kebudayaan  yang  dimanfaatkan  untuk  revitalisasi, pemberdayaan, dan  peningkatan kualitas keberadaan komunitas budaya, dalam rangka pelestarian kebudayaan. Melalui kegiatan ini, diharapkan akan terealisasi kegiatan revitalisasi dan memberdayakan komunitas budaya.
Agar pelaksanaan aktivitas tersebut sesuai dengan tujuan yang diharapkan maka diharapkan suatu petunjuk teknis FKBM. Petunjuk Teknis itu sebagai panduan bagi para pelaksana dan pemangku kepentingan FKBM. Petunjuk teknis ini memuat perihal sasaran, mekanisme, pelaksanaan, dan penilaian serta pelaporan.
Dan masih banyak lagi contoh" lainya. 

Berikut ini File Download Juknis Bantuan Pemerintah Fasilitasi Komunitas Budaya Masyarakat 2017/2018 yang dapat Guru Download Secara Gratis.

Selengkapnya anda dapat pribadi download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :

Related Posts

Post a Comment