-->

Download Panduan Evaluasi Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Terbaru 2017

Download Panduan Penilaian SD Kurikulum 2013 Terbaru 2017


Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs materipendidikan.net akan sedikit membuktikan dan membagikan file ihwal Panduan Penilaian SD Kurikulum 2013 yang mungkin panduan tersebut sangat di butuhkan di kalangan Bapak/Ibu guru atau yang bersangkutan dengan pendidikan, sebagai berikut.

Mulai tahun pelajaran 2013/2014, Pemerintah memberlakukan Kurikulum 2013 yang merupakan penyempurnaan dari kurikulum 2006. Hasil kajian pelaksanaan Kurikulum 2013 memperlihatkan bahwa salah satu kesulitan pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 ialah dalam perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, pemanfaatan dan pelaporan penilaian. Pada perencanaan penilaian, pendidik kesulitan merumuskan indikator instrumen penilaian, memilih teknik penilaian yang sempurna sesuai dengan kompetensi dasar yang diajarkan, menyebarkan butir-butir instrumen penilaian dan rubrik penilaian. Pada pelaksanaan penilaian, pendidik kesulitan melaksanakan penilaian sikap dengan aneka macam teknik penilaian dalam waktu yang terbatas. Pendidik juga mengalami kesulitan dalam mengolah dan mendeskripsikan capain hasil penilaian sikap,
pengetahuan, dan keterampilan.
Satuan pendidikan mengalami kesulitan dalam memilih Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM), merumuskan kriteria kenaikan kelas, dan kriteria kelulusan penerima didik. Permasalahan lain yang sering muncul ialah penetapan KKM dan secara teknis menerapkannya pada setiap Kompetensi Dasar (KD) sebagai kompetensi minimal untuk selanjutnya menjadi KKM mata pelajaran. Di samping itu, pendidik mengalami kesulitan dalam memilih nilai hasil remedial berkaitan dengan KKM.
Memperhatikan permasalahan-permasalahan di atas, perlu disusun Panduan
Penilaian pada SD (SD). Panduan penilaian ini dibutuhkan sanggup memudahkan pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan, melaksanakan, dan melaporkan serta memanfaatkan hasil penilaian baik aspek sikap, aspek pengetahuan, maupun aspek keterampilan.

Tujuan
  • Panduan Penilaian untuk SD ini dimaksudkan sebagai:
  • Acuan pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan, menyebarkan instrumen, melaksanakan, dan mengolah serta melaporkan hasil penilaian.
  • Acuan pendidik dan satuan pendidikan dalam menerapkan aktivitas remedial dan aktivitas pengayaan.
  • Acuan kepala sekolah, pengawas, dan pemangku kepentingan dalam memperlihatkan training kepada pendidik.
  • Acuan orangtua dalam memahami hasil penilaian dalam buku rapor penerima didik.
Pengertian
Kurikulum, pembelajaran, dan penilaian merupakan komponen penting dalam kegiatan pembelajaran. Komponen tersebut saling terkait antara satu dengan yanglain. Kurikulum sebagai seperangkat planning meliputi tujuan, isi, dan materi pelajaran serta cara yang dipakai sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Pembelajaran
dilakukan sebagai upaya untuk mencapai kompetensi yang dirumuskan dalam kurikulum. Sementara itu, penilaian dekat kaitannya dengan informasi seputar penerima didik dan pembelajarannya. Penilaian ialah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil berguru penerima didik.
Dalam melaksanakan penilaian, pendidik dan satuan pendidikan harus mengacu pada Standar Penilaian Pendidikan.
Mengelola pembelajaran dan penilaian dengan bermutu ialah kiprah pendidik dan satuan pendidikan. Dengan melaksanakan pembelajaran dan penilaian, pendidik akan bisa menjalankan fungsi sumatif penilaian yakni mengukur dan menilai tingkat pencapaian kompetensi penerima didik serta mendeskripsikan capaian hasil pembelajaran penerima didik, dan fungsi formatif yakni mendiagnostik kesulitan berguru penerima didik dalam pembelajaran, memberi petunjuk bagi pendidik dan penerima didik dalam meningkatkan mutu pembelajaran, mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam proses pembelajaran, sehingga sanggup dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan, dan perbaikan proses pembelajaran yang telah dilakukan. Penilaian sebagai fungsi sumatif ketika ini dikenal dengan istilah penilaian atas pembelajaran (assessment of learning) sedangkan penilaian sebagai fungsi formatif ketika ini lebih dikenal sebagai penilaian sebagai pembelajaran ( assessment as learning) dan penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning).
Berikut ini pengertian-pengertian terkait penilaian yang ada dalam panduan ini:
  • Standar Penilaian Pendidikan ialah kriteria mengenai lingkup, tujuan, manfaat, prinsip, mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil berguru penerima didik yang dipakai sebagai dasar dalam penilaian hasil berguru penerima didik.
  • Penilaian ialah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil berguru penerima didik.
  • Pembelajaran ialah proses interaksi yang direncanakan antara penerima didik dengan penerima didik lainnya, dengan pendidik dan sumber berguru pada suatu lingkungan belajar.
  • Penilaian hasil berguru oleh pendidik ialah proses pengumpulan informasi/ data ihwal capaian pembelajaran penerima didik dalam aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana
  • dan sistematis yang dilakukan untuk memantau proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil berguru melalui penugasan dan penilaian hasil belajar.
  • Penilaian hasil berguru oleh satuan pendidikan ialah proses pengumpulan informasi/data ihwal capaian pembelajaran penerima didik dalam aspek pengetahuan dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana
  • dan sistematis dalam bentuk penilaian tamat dan ujian sekolah/madrasah.
  • Penilaian harian (PH) ialah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar.
  • Penilaian tengah semester (PTS) ialah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar penerima didik sehabis melaksanakan kegiatan pembelajaran selama 8-9 minggu. Cakupan penilaian tengah semester meliput seluruh KD pada periode tersebut.
  • Penilaian tamat semester (PAS) ialah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi penerima didik di tamat semester ganjil.
  • Cakupan PAS meliputi seluruh KD pada semester ganjil.
  • Penilaian tamat tahun (PAT) ialah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi penerima didik di tamat semester genap. Cakupan
  • PAT meliputi seluruh KD pada semester genap.
  • Ujian Sekolah/Madrasah ialah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi penerima didik sebagai ratifikasi prestasi berguru dan/atau penyelesaian dari suatu satuan pendidikan.
  • Penilaian sikap merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh informasi deskriptif mengenai sikap penerima didik di dalam dan di luar pembelajaran.
  • Penilaian pengetahuan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk
  • mengukur penguasaan pengetahuan penerima didik.
  • Penilaian keterampilan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur kemampuan penerima didik dalam menerapkan pengetahuan dalam melaksanakan kiprah tertentu.
  • Prinsip penilaian ialah asas yang mendasari penilaian dalam pembelajaran.
  • Mekanisme penilaian ialah mekanisme dan metode penilaian yang dilakukan oleh pendidik.
  • Prosedur penilaian ialah langkah-langkah penilaian yang dilakukan oleh pendidik.
  • Teknik penilaian ialah cara yang dipakai oleh pendidik untuk melaksanakan penilaian dengan memakai aneka macam bentuk instrumen penilaian.
  • Instrumen penilaian ialah alat yang disusun dan dipakai untuk
  • mengumpulkan dan mengolah informasi untuk mengukur pencapaian hasil berguru penerima didik.
  • Kriteria Ketuntasan Minimal yang selanjutnya disebut KKM ialah kriteria
  • ketuntasan berguru yang ditentukan oleh satuan pendidikan yang mengacu
  • pada standar kompetensi lulusan, dengan mempertimbangkan karakteristik
  • peserta didik, karakteristik mata pelajaran, dan kondisi satuan pendidikan.
Prinsip-prinsip Penilaian
Penilaian dilakukan menurut prinsip-prinsip sebagai berikut.
  • Sahih, berarti penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur.
  • Objektif, berarti penilaian didasarkan pada mekanisme dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai.
  • Adil, berarti penilaian tidak menguntungkan atau merugikan penerima didik alasannya ialah berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, susila istiadat, status sosial ekonomi, dan gender.
  • Terpadu, berarti penilaian oleh pendidik merupakan salah satu komponen
  • yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran.
  • Terbuka, berarti mekanisme penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan
  • keputusan sanggup diketahui oleh pihak yang berkepentingan.
  • Menyeluruh dan berkesinambungan, berarti penilaian oleh pendidik meliputi semua aspek kompetensi dengan memakai aneka macam teknikpenilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan penerima didik.
  • Sistematis, berarti penilaian dilakukan secara berencana dan sedikit demi sedikit dengan mengikuti langkah-langkah baku.
  • Beracuan kriteria, berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan.
  • Akuntabel, berarti penilaian sanggup dipertanggungjawabkan, baik dari segi
  • teknik, prosedur, maupun hasilnya.
Bentuk Penilaian
Penilaian hasil berguru oleh satuan pendidikan dilakukan dalam bentuk penilaian tamat semester, penilaian tamat tahun, dan ujian sekolah.

1.Penilaian Akhir Semester
  • Penilaian Akhir Semester (PAS) ialah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi penerima didik di tamat semester gasal.
  • Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.
  • Hasil penilaian tamat semester selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan berguru penerima didik. Hasil penilaian ini sanggup dimanfaatkan antara lain untuk pengisian rapor.
2.Penilaian Akhir Tahun
  • Penilaian Akhir Tahun (PAT) ialah kegiatan yang dilakukan di tamat semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi penerima didik pada tamat semester genap. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester genap.
  • Hasil penilaian tamat tahun selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan berguru penerima didik. Hasil penilaian ini sanggup dimanfaatkan antara lain untuk pengisian rapor.
  • Dan masih banyak lagi klarifikasi dari Panduan Penilaian SD Kurikulum 2013 hanya sebagian yang kami rangkum selengkapnya silahkan anda unduh file yang sudah kami sediakan.

Inilah File Panduan Penilaian SD Kurikulum 2013 Terbaru 2017 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Demikian untuk keterangan dan share kami di atas yang membahas ihwal PPanduan Penilaian SD Kurikulum 2013 tersebut agar apa yang kami posting bisa dijadikan pedoman bagi Bapak/Ibu Guru yang sedang membutuhkan informasi atau dile yang kami bagikan ini.
Untuk selengkapnya anda bisa download pribadi link Panduan Penilaian SD Kurikulum 2013 tersebut yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :

Related Posts

Post a Comment