-->

Panduan Sispena Sistem Isu Evaluasi Pengukuhan Sekolah Terbaru 2017

Panduan SisPenA Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Sekolah Terbaru 2017



Halo Bapak/Ibu Guru dalam kesempatan kali ini kami dari situs materipendidikan.net ini akan memperlihatkan pemahaman kepada Sekolah bagaimana memakai Panduan SisPenA Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Sekolah Terbaru 2017
Aplikasi SisPenA S/M ialah aplikasi penilaian pengakuan yang berbasis web, dimana sanggup jalan masuk dimana saja, kapan saja dengan syarat terhubung dengan internet.
Aplikasi ini pun tak tidak hanya sanggup diakses memakai Laptop atau
komputer tetapi sanggup juga memakai handphone ataupun tablet
yang resolusinya lebih kecil.

Sekolah merupakan suatu  lembaga untuk berguru dan mengajar serta kawasan mendapatkan dan memberi pelajaran (menurut KBBI). Sebuah sekolah akan bermutu bila terdapat pengakuan dan penilaian dari beberapa pihak yang berwenang yang disebut pengakuan sekolah/madrasah.

Pemerintah melaksanakan pengakuan untuk menilai kelayakan aktivitas atau satuan pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan nasional secara bertahap, terpola  dan terukur sesuai Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional BAB XVI Bagian Kedua Pasal 60 perihal Akreditasi. Pemerintah memutuskan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) dengan Peraturan Mendiknas Nomor 29 Tahun 2005. BAN-S/M ialah tubuh penilaian berdikari yang memutuskan kelayakan aktivitas atau satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada standar  nasional pendidikan.

Akreditasi mempunyai beberapa pengertian, di antaranya ialah sebagai berikut:
  • Pengakuan terhadap forum pendidikan yang diberikan oleh tubuh yang berwenang sesudah dinilai bahwa forum itu memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu. (KBBI)
  • Pengakuan oleh suatu jawatan perihal adanya wewenang seseorang untuk melaksanakan atau menjalankan tugasnya. (KBBI)
  • Kegiatan penilaian (asesmen) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan penilaian diri dan penilaian eksternal (visitasi) untuk memilih kelayakan dan kinerja sekolah. (Akhmad sudrajat).

Kegiatan penilaian kelayakan dan kinerja suatu sekolah berdasarkan kriteria (standar) yang telah ditetapkan dan dilakukan oleh Badan Akreditasi Sekolah Nasional (BASNAS) yang risikonya diwujudkan dalam bentuk pengakuan peringkat kelayakan sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Pendidikan Nasional 087/U/2002.
Dari beberapa pengertian tersebut sanggup diambil kesimpulan bahwa yang dimaksud dengan pengakuan ialah pengakuan dan penilaian terhadap suatu forum pendidikan perihal kelayakan dan kinerja suatu forum pendidikan yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Sekolah Nasional (BASNAS)/ Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) yang kemudian risikonya berbentuk pengakuan peringkat kelayakan.

Berdasarkan Keputusan Menteri pendidikan Nasional Nomor 087/U/2002, pengakuan sekolah mempunyai tujuan, yaitu 
(1) memperolah citra kinerja sekolah sebagai alat pembinaan, pengembangan, dan peningkatan mutu
(2) memilih tingkat kelayakan suatu sekolah dalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan. 
Tujuan pengakuan tersebut berarti bahwa hasil pengakuan itu:

Memberikan citra tingkat kinerja sekolah yang dijadikan sebagai alat pembinaan, pengembangan dan peningkatan sekolah baik dari segi mutu, efektivitas, efisiensi, produktivitas dan inovasinya.
Memberikan jaminan kepada publik bahwa sekolah tersebut telah diakreditasi dan menyediakan layanan pendidikan yang memenuhi standar pengakuan nasional.
Memberikan layanan kepada publik bahwa siswa mendapatkan pelayanan yang baik dan sesuai dengan persyaratan standar nasional.

Inilah Aplikasi Panduan SisPenA Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Sekolah Terbaru 2017 yang sanggup Guru Download Secara Gratis.

Demikian yang sanggup kami sampaikan mengenai keterangan Panduan SisPenA Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Sekolah Terbaru 2017 ini, agar apa yang kami posting ini sanggup membantu/mempermudah Bapak/Ibu Guru untuk melaksanakan kinerjanya. Selamat mencoba dan Semoga Bermanfaat.
Selengkapnya bagi yang sedang membutuhkan file tersebut sanggup eksklusif download link Panduan SisPenA Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Sekolah Terbaru 2017 yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :

Related Posts

Post a Comment