-->

Aplikasi Kkm (Kriteria Ketuntasan Minimal) Sd Kelas 1 2 3 4 5 6 Format Microsoft Excel Terbaru 2017

Aplikasi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) SD Kelas 1 2 3 4 5 6 Format Microsoft Excel Terbaru 2017


Halo Bapak/Ibu Guru berjuma lagi dengan kami di situs materipendidikan.net yang dalam kesempatan kali ini kami akan sedikit menunjukan beberapa klarifikasi dari judul postingan Aplikasi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) SD Kelas 1 2 3 4 5 6 Format Microsoft Excel Terbaru 2017 sebagai berikut :

KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) ialah kriteria paling rendah untuk menyatakan penerima didik mencapai ketuntasan. KKM harus ditetapkan diawal tahun anutan oleh satuan pendidikan berdasarkan hasil musyawarah guru mata pelajaran di satuan pendidikan atau beberapa satuan pendidikan yang mempunyai karakteristik yang hampir sama.

Fungsi KKM sebagai berikut :
1. Sebagai contoh bagi seorang guru untuk menilai kompetensi penerima didik sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) suatu mata pelajaran atau Standar Kompetensi (SK)
2. Sebagai contoh bagi penerima didik untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti pembelajaran
3. Sebagai sasaran pencapaian penguasaan bahan sesuai dengan SK/KD
4. Sebagai salah satu instrumen dalam melaksanakan penilaian pembelajaran
5. Sebagai “kontrak” pedagogik antara pendidik, penerima didik dan masyarakat (khususnya orang bau tanah dan wali murid)

Aplikasi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) SD Kelas 1 2 3 4 5 6 Format Microsoft Excel Terbaru 2017 ini diharapkan bisa mempermudah anda memilih nilai KKM untuk mata pelajaran.

Menentukan KKM antara lain dengan dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata penerima didik, kompleksitas kompetensi, serta kemampuan sumber daya pendukung mencakup warga sekolah/madrasah, sarana dan prasarana dalam menyelenggarakan.

Satuan pendidikan diharapkan meningkatkan kriteria Ketuntasan Belajar secara terus menerus untuk mencapai kriteria ketuntasan ideal.
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dijadikan dasar patokan nilai terendah dalam penilaian penerima didik. Jika penerima didik bisa mendapat nilai di atas KKM maka dianggap penerima didik tersebut telah tuntas atau menguasai kompetensi yang dipelajari. Sebaliknya jikalau ditemukan penerima didik mendapat nilai di bawah KKM berarti perlu adanya perbaikan.

Adapaun langkah dan tahapan penetapan KKM antara lain:
  • Guru atau kelompok guru memutuskan KKM mata pelajaran dengan mempertimbangkan tiga aspek kriteria, yaitu kompleksitas, daya dukung, dan intake penerima didik. Hasil penetapan KKM indikator berlanjut pada KD, SK hingga KKM mata pelajaran.
  • Hasil penetapan KKM oleh guru atau kelompok guru mata pelajaran disahkan oleh kepala sekolah untuk dijadikan patokan guru dalam melaksanakan penilaian.
  • KKM yang ditetapkan disosialisaikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan, yaitu penerima didik, orang tua, dan dinas pendidikan.
  • KKM dicantumkan dalam laporan hasi berguru atau rapor pada ketika hasil penilaian dilaporkan kepada orang tua/wali penerima didik.
Aspek Kompleksitas (kesulitan dan kerumitan).
Ditentukan bila dalam pelaksanaan pencapaiaan kompetensi menurut:
a. Pemahaman SDM :
1) Memahami kompetensi yang harus dicapai siswa.
2) Memiliki pengetahuan dan kemampuan sesuai bidang studi.

b. Daya kreativitas dan penemuan dalam melaksanakan pembelajaran.
c. Waktu yang diharapkan untuk pencapaian kompetensi (menggunakan metode yang berpariasi)
d. Daya nalar dan kecermatan siswa yang tinggi.
e. Latihan khusus dengan proteksi orang lain.
f. Semakin kompleks atau sukar Kompetisi Dasar( KD) maka nilainya semakin rendah, tetapi semakin gampang KD maka nilainya semakin tinggi.

Berikut ini Aplikasi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) SD Kelas 1 2 3 4 5 6 Format Microsoft Excel Terbaru 2017 Silahkan Download Secara Gratis.

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan Aplikasi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) SD Kelas 1 2 3 4 5 6 Format Microsoft Excel Terbaru 2017 di atas, supaya apa yang kami posting ini bisa membantu/mempermudah Guru-guru dalam melaksanakan kinerjanya.
Selengkapnya bagi anda yang mungkin sedang membutuhkan file tersebut anda bisa download link Aplikasi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) SD Kelas 1 2 3 4 5 6 dengan Format Microsoft Excel Terbaru 2017 yang sudah kami sediakan di bawah ini : 

LINKDOWNLOAD :

Related Posts

Post a Comment