-->

4 Langkah Cara Cek Keaslian Ijazah Online

 Langkah Cara Cek Keaslian Ijazah Online 4 Langkah Cara Cek Keaslian Ijazah Online

Salah satu kebutuhan insan ialah menempuh pendidikan setinggi mungkin. Ijazah merupakan tanda bukti kelulusan seseorang. Namun, ketika ini semakin banyak ijazah palsu atau abal-abal yang dibentuk oleh beberapa orang tidak bertanggung jawab. Ijazah palsu tersebut diperoleh dengan banyak cara, misalnya, membeli ijazah, menggandakan ijazah, dan lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut, Kementrian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi atau Kemenristekditi menyediakan website yang berisi cara cek keaslian ijazah.

Mengecek Keaslian Ijazah di Kemenristekdikti

Telah diatur dalam pasal 263 hingga 264 kitab undang-undang hukum pidana mengenai larangan untuk menggandakan data otentik. Meskipun demikian, pemalsuan ijazah masih banyak dilakukan oleh beberapa pihak yang ingin mengambil laba dengan cara haram. Memalsukan ijazah ialah tindak pidana yang harus dihukum. Hal ini dikarenakan sanggup merugikan pihak lain, serta termasuk penyalahgunaan data. Dengan demikian, cara cek keaslian ijazah haruslah diketahui oleh semua pihak untuk memastikan keontetikan ijazah yang dimiliki.

Dengan kecanggihan teknologi ketika ini, beberapa oknum dengan gampang menggandakan ijazah yang asli. Oleh alasannya ialah itu, Kemenristekdikti membuat penomoran verifikasi dalam ijazah melalui sistem elektronik. Digunakannya PIN atau Penomoran Ijazah Nasional dalam setiap ijazah orisinil ialah cara untuk menangkal pemalsuan ijazah.

Anda sebagai pemilik ijazah wajib untuk tahu cara cek keaslian ijazah semoga sanggup menghindari penipuan, kebohongan, dan pemalsuan. Sebetulnya ijazah orisinil dengan ijazah palsu terdapat perbedaan, untuk itu Anda harus jeli membedakan antar keduanya. Berikut ini akan diuraikan beberapa langkah cara cek keaslian ijazah, yaitu.

1. Perhatikan Kertas Ijazah
Kertas ijazah memakai kertas khusus yang dikeluarkan oleh perusahaan kertas negara. Kertas tersebut mempunyai jenis dan warna yang khas nan berkualitas. Dalam hal ini pemerintah telah menetapkan ketentuan untuk membuat ijazah. Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia atau Perum Peruri ialah forum resmi yang dipilih oleh pemerintah untuk menerbitkan ijazah. Dengan demikian, sanggup dipastikan bahwa kertas yang dipakai pada ijazah palsu tentunya berbeda dengan ijazah asli.

2. Terdapat Logo dan Lambang
Logo dan lambang yang terdapat dalam ijazah orisinil telah menyatu dengan kertas, bukan tempelan. Logo dan lambang tersebut telah terstempel pribadi dengan kertas. Sehingga, antara logo, lambang, dan kertas ialah bab yang tidak terpisahkan. Lain halnya dengan ijazah palsu, pada ijazah palsu logo dan lambang ditempelkan sendiri di kertas. Serta, ijazah orisinil memakai hologram yang telah diatur oleh Permendiknas atau Peraturan Menteri Pendidikan Nasional.

3. Tertera Nomor Seri
Nomor seri dalam ijazah memakai sistem pengkodean atau terporator sesuai dengan Permendiknas. Nomor seri tersebut telah diproses melalui investigasi standar nasional. Sehingga, antara ijazah orisinil yang satu dengan yang lainnya, mempunyai perbedaan. Sama halnya dengan uang, antara lembar uang yang satu dengan lembar lainnya tidak ada persamaan nomor seri. Untuk itu, pastikan nomor seri ijazah Anda tidak ada yang menyamai.

Cara cek keaslian ijazah di atas sanggup Anda lakukan sendiri di rumah. Akan tetapi, cara ini membutuhkan ketelitian dan kejelian untuk mengetahui keaslian ijazah Anda. Apabila terasa sulit untuk menilik ijazah secara fisik, maka Anda sanggup periksa keaslian ijazah pada SIVIL atau SIstem Verifikasi Ijazah Elektronik. Sistem ini telah dibentuk oleh Kemenristekditi yang telah diintegrasikan dengan PD Dikti atau Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. Untuk mengetahui cara cek keaslian ijazah online melalui SIVIL ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan.

  1. Kunjungi Website Kemenristekditi.
    Website yang harus Anda kunjungi ialah https://belmawa.ristekdikti.go.id/ijazah/ atau melalui tautan ijazah.ristekdikti.go.id
  2. Masukkan Perguruan Tinggi.
    Anda perlu memasukkan nama perguruan tinggi tinggi Anda, baik itu Perguruan Tinggi Negeri atau PTS. Website ini sanggup dipakai untuk menilik keaslian ijazah baik dari jenjang Diploma, Strata 1, Strata 2, maupun Strata 3.
  3. Nomor Ijazah.
    Tulis PIN atau Penomoran Ijazah Nasional.
  4. Masukkan Kode Pengaman.

Demikianlah cara cek keaslian ijazah melalui website Kemenristekdikti. Apabila telah mengikuti langkah tersebut, maka data Anda akan keluar. Data yang keluar sesuai dengan nomor ijazah yang telah dimasukkan. Akan tetapi, apabila ijazah Anda palsu, maka data tidak sanggup ditampilkan. Dengan demikian, Anda perlu untuk mengkonfirmasikan dengan perguruan tinggi tinggi bersangkutan.

Related Posts

Post a Comment