-->

Cek Pangkat Pns Sebuah Cara Untuk Menaikkan Pangkat

Cek Pangkat PNS Sebuah Cara untuk Meningkatkan Pangkat Cek Pangkat PNS Sebuah Cara untuk Menaikkan Pangkat

Untuk sebagian orang, menjadi pns yakni sesuatu yang sangat diidam-idamkan. Mempunyai honor tinggi, setiap ada event mendapat tunjangan, dan sudah niscaya terjamin di hari tuanya. Tapi bekerjsama di pns sendiri juga terbagi menjadi beberapa tingkat. Bagi para pns yang ingin cek pangkat pns sanggup di website BKN. Tapi bekerjsama bagaimana mekanisme dalam mengajukan kenaikan pangkat?

PNS Naik Pangkat: Benarkah Sesusah Itu?

Sudah menjadi naluri insan jikalau setiap pekerjaan yang mereka lakukan perlu diberikan apresiasi. Di dunia kerja, apresiasi ini sanggup berupa gaji, kenaikan pangkat, ataupun tunjangan-tunjangan yang diberikan oleh kantor. Namun, berbeda dengan perusahaan swasta yang cenderung mempunyai sistem kenaikan pangkat yang relatif lebih cepat, bekerja sebagai pns justru membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk meningkatkan pangkatnya. Misalnya anda kini cek pangkat pns dan jadinya ada di golongan II C, maka anda perlu perjuangan lebih untuk menaikkan pangkat luar biasa. Tapi mengapa naik pangkat di pns sesusah itu?

1. Tahapan Kenaikan Pangkat
Menurut Badan Kepegawaian Negara pns harus melalui beberapa tahapan untuk menaikkan jabatanya. Empat tahapan itu diantaranya, seleksi administrasi, evaluasi tawaran oleh penilai BKN, presentasi, dan penetapan peserta KLB. Tahapan-tahapan ini harus dilalui oleh para peserta jikalau mau usahanya lolos. Bagi peserta yang tidak menjalani tahapan ini secara baik, atau tidak melaksanakan satu tahap saja maka sanggup dipastikan beliau tidak akan lolos dalam ujian kenaikan pangkat. Status pada cek pangkat pns pun masih tetap sama.

Namun, kenaikan pangkat bagi para pns tidak semudah itu. Sekalipun sudah berungkali cek pangkat pns, posisi yang ditempati tidak berubah-berubah. Kenaikan pangkat pns sanggup dilakukan jikalau pns tersebut telah mendapat rekomendasi oleh atasanya. Pengusulan kenaikan ini pun tidak dipilih dengan sembarangan, hanya pns-pns yang mempunyai track record kinerja yang sepakat yang sanggup melaksanakan hal ini. Bagi pns yang mempunyai kinerja yang buruk, dan cenderung menyepelekan maka jangan mengharapkan kenaikan pangkat akan terjadi pada mereka. Bahkan sanggup jadi mereka akan mendapat teguran keras dari atasanya.

Salah satu pns yang berkesempatan mengikuti test kenaikan pangkat harus mempresentasikan hasil kerjanya mengenai e-samsat. Dadang Suharto selaku Kepala Dinas Pendapatan Propinsi Jawa Barat menyampaikan bahwa e-samsat yakni salah satu solusi yang dipilihnya. Pasalnya masyarakat tidak harus membayar pajak kendaraan di kantor samsat tapi masyarakat sanggup membayarnya hanya dengan melalui atm, atau e-banking. Tidak saja meringkas waktu pengerjaan, dengan adanya e-samsat juga sanggup membantu masyarakat untuk menghindari ribetnya birokrasi di Indonesia. Untuk beberapa tempat, pengurusan pajak kendaraan sanggup memakan waktu usang akhir dari adanya birokrasi yang terlalu bertele-tele dan cenderung menyusahkan masyarakat. Nantinya hasil-hasil dari presentasi para peserta, akan dibahas lebih lanjut oleh tim penilai, siapakah yang lebih pantas untuk mendapat kenaikan pangkat. Kaprikornus sanggup dikatakan proses kenaikan pangkat di kalangan pns seribet itu.

2. Kinerja Bagus Penentu Kenaikan Pangkat
Memang hasil kerja yang elok sanggup menjadi titik tolong seseorang untuk menaiki pangkat yang lebih tinggi. Namun bagi para pegawai swasta, dikala beliau memperlihatkan hasil kinerja yang bagus, beliau tidak perlu waktu usang untuk segera menaikkan pangkatnya. Aturan yang diberlakukan oleh pemerintah selama bertahun-tahun untuk pns memang cenderung sangat mengikat, sehingga tidak jarang ada pns yang malas-malasan, bekerja seadanya, dan tidak maksimal dalam melayani masyarakat. Gaji yang stagnan juga menjadi alasannya lain. Untuk itu, mulai tahun 2018 pemerintah bahu-membahu berusaha merombak sistem menyiksakan ini. Dengan diadakanya KPLB dan dibahasnya honor tahun 2019, pemerintah mencoba untuk memperbaiki kinerja para pns. Setidaknya dengan adanya perubahan-perubahan tersebut sanggup menciptakan kinerja pns menjadi lebih baik. Pangkat yang tertera di cek pangkat pns pun sanggup berubah.

Kebijakan kenaikan pangkat ini diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2002 yang membahas ihwal kenaikan pangkat bagi para pegawai negeri sipil. Dalam pasal 32 menyatakan bahwa hanya pns yang mempunyai kinerja yang luar biasa lah yang sanggup mendapat kenaikan pangkat. Arti dalam kinerja luar biasa di sini tidak hanya mengerjakan tugas-tugasnya dengan baik saja, tapi juga memperlihatkan donasi bagi pemecahan permasalahan yang ada di masyarakat. Cek pangkat pns sanggup menjadi bukti kinerja seorang pegawai.

3. Alasan Mengapa PNS Ingin Kenaikan Pangkat
Alasan mengapa ada beberapa pns yang berbondong-bondong ingin mencapai kenaikan pangkat yakni kesepakatan kenaikan gaji. Untuk beberapa pns, honor yang mereka dapatkan tidak cukup mencukupi kebutuhan sehari-hari. Pemerintah pun terakhir menaikkan honor para pns yakni tahun 2015, sedang itu hanya naik 6% saja. Sebagai gantinya, pemerintah mengganti kenaikan honor kepada THR sebesar honor pokok yang beliau terima selama ini. Atau dengan kata lain THR yakni honor tiga belas yang mereka dapatkan.

Tidak menyenangkan memang dikala cek pangkat pns pada website tidak berubah selama bertahun-tahun. Namun, akan lebih baik lagi jikalau para pns lebih fokus dalam meningkatkan kinerjanya. Dengan begitu kenaikan pangkat akan lebih gampang mengikuti di belakangnya.

Related Posts

Post a Comment