-->

Daftar Honor Pokok Pns Menurut Golongan

 Membahas wacana profesi sebagai pegawai negeri sipil sangatlah menarik Daftar Gaji Pokok PNS Berdasarkan Golongan

Membahas wacana profesi sebagai pegawai negeri sipil sangatlah menarik. Di tahun ini pun ada dua forum yang membuka lowongan CPNS terbaru, yaitu Kementrian Hukum dan HAM serta Mahkamah Agung. Lalu ketika ini juga muncul pemberitaan seputar honor pokok PNS 2018 yang terbaru. Pemberitaan tersebut wacana honor PNS apakah ada kenaikan atau tidaknya. Namun, kebanyakan memberitakan jikalau honor PNS masih tetap sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

Perbandingan Gaji Pokok PNS 2018 Berdasarkan Golongannya

Mengulik wacana honor pokok PNS 2018 memang merupakan hal yang menarik untuk dibahas. Banyak isu simpang siur wacana kenaikan honor para pegawai negeri sipil tahun ini dan nantinya akan direalisasikan pada tahun 2018 mendatang. Tetapi faktanya, tahun 2017 dan 2018 yang akan datang, honor pokok para PNS tidak mengalami kenaikan. Hal ini ditegaskan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dan pidato Presiden Joko Widodo di dewan perwakilan rakyat pada Agustus 2017. Akhir-akhir ini memang banyak yang mempertanyakan seputaran gaji PNS.

Banyak para PNS yang mempertanyakan apakah ada kenaikan honor pokok atau tidak. Menteri Keuangan Sri Mulyani pun menegaskan jikalau tahun 2017 honor PNS tidak akan mengalami kenaikan, baik itu honor pokok maupun tunjangan tidak ada perubahan. Nilainya masih tetap sama, namun Sri Mulyani menyampaikan jikalau PNS akan mendapatkan honor sebanyak 14 kali dalam setahun. Kemudian ada juga yang mempertanyakan wacana honor pokok PNS 2018 apakah ada perubahan atau tidak, masihkah sama dengan tahun 2017 yakni mendapatkan 14 kali gaji? Dan jawabannya pun telah dikemukakan oleh Presiden RI ke 7.

Di setiap bulan Agustus, presiden RI niscaya akan melaksanakan pidato kenegaraan di DPR. Lalu salah satu isian pidato dia yakni tidak adanya kenaikan honor pokok PNS 2018. Para pegawai pemerintahan tersebut tentu sangat menyayangkan hal ini bukan? Pasalnya semenjak tahun 2015 sampai 2017 tidak ada kenaikan honor sama sekali. Dan bahkan di tahun 2018 honor PNS juga tidak mengalami kenaikan. Untuk sanggup melihat lebih detailnya coba cek tabel honor PNS 2018 yang menurut golongannya masing-masing. Anda sanggup lihat sendiri di bawah ini apakah ada perubahan atau tidak dari tahun sebelumnya.

 Membahas wacana profesi sebagai pegawai negeri sipil sangatlah menarik Daftar Gaji Pokok PNS Berdasarkan Golongan
Tabel Gaji Pokok PNS per Golongan Tahun 2018. Klik untuk perbesar.

 Membahas wacana profesi sebagai pegawai negeri sipil sangatlah menarik Daftar Gaji Pokok PNS Berdasarkan Golongan
Daftar Gaji Pokok PNS Golongan I Tahun 2018. Klik untuk Perbesar.

 Membahas wacana profesi sebagai pegawai negeri sipil sangatlah menarik Daftar Gaji Pokok PNS Berdasarkan Golongan
Daftar Gaji Pokok PNS Golongan II Tahun 2018. Klik untuk perbesar.

 Membahas wacana profesi sebagai pegawai negeri sipil sangatlah menarik Daftar Gaji Pokok PNS Berdasarkan Golongan
Daftar Gaji Pokok PNS Golongan III Tahun 2018. Klik untuk perbesar.

 Membahas wacana profesi sebagai pegawai negeri sipil sangatlah menarik Daftar Gaji Pokok PNS Berdasarkan Golongan
Daftar Gaji Pokok PNS Golongan IV Tahun 2018. Klik untuk perbesar.

Berita Seputar Gaji PNS yang Terbaru

Para pegawai negeri sipil memang banyak yang menyayangkan mengapa dari tahun 2015 sampai 2018 honor mereka tidak ada kenaikan. Meskipun demikian, pemerintah tetap memperhatikan kesejahteraan mereka dengan menunjukkan 14 kali honor dalam setahun. Rinciannya yakni 12 kali honor yang diberikan per bulannya lalu ada komplemen honor ke 13 dan ada THR yang menjadi honor ke 14. Tentu ini sanggup meredakan kemelut para pegawai pemerintahan tersebut. Karena tidak adanya perubahan honor pokok dari tahun 2015, coba lihatlah tabel wacana honor pokok PNS 2018 yang sudah sesuai dengan PP 30 tahun 2015 wacana Perubahan Ketujuh Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1997 wacana Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil.

Meskipun tidak ada perubahan atau pun kenaikan honor pokok PNS, nyatanya para PNS masih sanggup bernafas lega dengan mendapatkan 14 kali gaji. Selain itu, baru-baru ini bendahara negara dan Menteri Keuangan mempunyai anjuran wacana THR untuk para pensiunan. Mereka mempunyai gagasan di tahun 2018, para pensiunan akan mendapatkan THR selain honor ke 13. Hal ini bertujuan untuk mensejahterakan mereka yang dulunya pernah mengabdi sebagai pegawai pemerintah. Usulan tersebut tentu saja dianggap sebagai hadiah paling indah bagi para pensiunan PNS.

THR sejatinya hanya diberikan kepada para pegawai yang masih aktif bekerja. Jika sudah pension, maka THR sudah tidak akan diberikan lagi. Tetapi sebagai gantinya, mereka masih akan mendapatkan honor ke 13. Karena tidak ada kenaikan honor pokok PNS 2018, RAPBN wacana honor pegawai negeri sipil akan diusulkan anggaran untuk THR bagi para pensiunan. Banyak yang menyetujui anjuran dari Menteri Keuangan dan bendahara negara tersebut tetapi ketika ini anjuran itu masih dikaji oleh pemerintah. Setelah dikaji nantinya keputusan tersebut akan disahkan oleh presiden dalam waktu singkat.

Berita wacana tunjangan THR kepada pensiunan yang akan dilaksanakan pada 2018 mendatang merupakan isu yang paling terbaru. Selain lowongan CPNS 2017, isu tersebut merupakan isu yang dianggap penting sebab menyangkut kesejahteraan PNS yang sudah memasuki usia pension. Untuk perubahan menyerupai kenaikan honor pokok para PNS, pemerintah sendiri biasanya mengumumkan setiap bulan September. Tetapi pada waktu pidato kenegaraan kemarin, Jokowi tampaknya tidak menyinggung wacana honor pokok para PNS ketika membahas RAPBN yang terbaru. Makara sudah sanggup dipastikan jikalau honor pokok PNS tidak akan mengalami kenaikan.

Gaji pokok para pegawai negeri sipil di tahun 2018 tidak akan mengalami perubahan. Masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya yakni semenjak tahun 2015. Memang di masa pemerintahan Jokowi para PNS dibentuk ketar-ketir. Pertama yakni diberlakukannya moratorium dan kedua yakni tidak adanya kenaikan gaji. Yang ada hanya tunjangan THR dan honor ke 13 secara rutin. Meskipun begitu, profesi sebagai seorang pegawai negeri sipil di Indonesia masih banyak peminatnya.

Buktinya banyak masyarakat Indonesia yang antusias melamar di Mahkamah Agung dan Kemenhumkam tahun 2017 ini. Walaupun honor pokok tidak mengalami perubahan, profesi sebagai PNS masih menempati urutan pertama untuk pekerjaan yang paling favorit di tanah air. Gaji pokok PNS 2018 memang tidak mengalami perubahan atau kenaikan tetapi isu wacana tunjangan THR kepada para pensiunan merupakan angin segar para PNS.

Related Posts

Post a Comment