-->

Informasi Terbaru Diklat Penulisan Buku P4tk Ipa Terbaru 2017

Informasi Terbaru Diklat Penulisan Buku P Informasi Terbaru Diklat Penulisan Buku P4TK IPA Terbaru 2017

P4TK yakni salah satu unit pelaksana teknis (UPT) yang ada dibawah garis koordinasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Tugas utama dari unit ini yakni sebagai pelaksana kiprah utama sejumlah jadwal yang bekerjasama dengan pengembangan dan pemberdayaan tenaga guru atau pendidik di setiap tahunnya. Tujuannya tidak lain yakni untuk menghasilkan tenaga pendidik yang profesional.

Nah, salah satu jadwal kerja yang akan dilaksanakan pada tahun 2017 ini yakni diklat penulisan buku P4TK IPA yang akan diselenggarakan di Kota Bandung.

Diklat Penulisan Buku P4TK IPA

a. Definisi Program

Acara ini dibentuk sebagai wujud faktual peningkatan kemampuan para tenaga pendidik, dalam bidang kepenulisan (writting literacy) untuk mendukung jadwal Gerakan Nasional Literacy dari pemerintah. Gerakan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk pemberantasan buta huruf, yang dikemas dalam bentuk acara yang menarik dengan cara yang efektif dan efisien.

Jika kita kaitkan dengan diklat penulisan ini, bisa dibilang sebagai salah satu terobosan untuk pengoptimalan kiprah dan fungsi dari tenaga pendidik dalam menjalankan tugasnya. Dengan adanya pembekalan keterampilan menulis, tentu menciptakan kinerja guru lebih produktif. Sebab bisa aktif menciptakan karya tulis atau modul materi yang bisa dipakai untuk materi ajarnya.

Bentuk acara yang akan dilakukan berupa pendidikan dan training penulisan buku P4TK IPA secara lengkap. Dimulai dari sumbangan materi dasar, penyusunan konten materi hingga kiat-kiat menulis yang benar, sesuai dengan kaidah penulisan yang berlaku.

b. Waktu Pelaksanaan

Dari gosip terbaru, jadwal ini akan dilaksanakan dalam 2 gelombang yang berbeda, bertempat di kantor P4TK IPA yang beralamat di Jl. Diponegoro Nomor 12, Kota Bandung. Berikut ini gosip waktu pelaksanaan dari tiap-tiap gelombang:
  • Gelombang pertama, dilaksanakan pada tamat bulan Agustus 2017
  • Gelombang kedua, dilaksanakan di bulan Oktober 2017
Untuk pemilihan gelombang tentu diubahsuaikan dengan pilihan pesertanya. Namun, sebaiknya Anda sesegera mungkin melaksanakan registrasi di gelombang-gelombang awal. Sebab proses seleksi yang dilakukan cukup ketat, ditambah lagi adanya pembatasan kuota peserta.

c. Peserta

Target penerima yakni seluruh tenaga pendidik pada semua tingkatan, yaitu:
  • Guru SD Umum
  • Guru IPA SMP
  • Guru Fisika, Biologi, Kimia Sekolah Menengan Atas sederajat
d. Persyaratan Peserta

Untuk menjadi penerima diklat, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, diantaranya:
  • Mempunyai naskah karya tulis otentik, yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya
  • Adapun kriteria naskah yang dibentuk yakni sebagai berikut:
    1. Tema umum: IPA/Sains ( Fisika, Biologi, Kimia) atau teknologi
    2. Konsep isi karya tulis berupa pembelajaran ataupun pendidikan
    3. Ditulis dengan format tulisan, sebagai berikut:
      • Kertas berukuran A4
      • Spasi 1,5
      • Jumlah minimal 80 halaman, maksimal 200 halaman
    4. Pengiriman Naskah
    5. Naskah tersebut lalu dikirim dalam bentuk softcopy ke alamat e-mail: program.p4tkipa@gmail.com. Waktu pengiriman naskah tergantung dari gelombang yang akan diikuti:
      • Gelombang I :dikirimkan paling lambat tanggal 15 Agustus 2017
      • Gelombang II: pengiriman paling tamat tanggal 15 September 2017
Naskah yang tidak memenuhi syarat tidak akan diproses. Untuk gosip lebih lanjut bisa menanyakan ke alamat email ini program.p4tkipa@gmail.com. Sebaiknya sebelum Anda mengirim naskah, dicek terlebih dahulu. Agar tidak terjadi kesalahan sekecil apapun.

e. Manfaat yang Didapatkan:

Dengan mengikuti jadwal diklat ini, Anda akan mendapat banyak manfaat, diantaranya:
  • Mendapatkan bekal perihal tata cara menulis yang baik
  • Berkesempatan untuk mempunyai buku modul hasil karya tulis sendiri
  • Mendapatkan materi-materi dasar menulis
  • Jika buku hasil goresan pena Anda bagus, ada peluang untuk diterbitkan secara masal
  • Mendapatkan pengalaman baru
  • Mendapatkan kontak relasi penerbitan buku
Nah, itulah gosip mengenai diklat penulisan buku P4TK IPA terbaru 2017. Program ini tentu sangat berkhasiat buat Anda para pendidik. Sebab ini bisa Anda jadikan wadah pembelajaran dan training intensif untuk lebih mengoptimalkan ilmu Anda dalam bidang kepenulisan. Oleh lantaran itu, jangan sia-siakan diklat ini. Selain itu, jangan lupa share gosip ini kepada sobat atau kerabat Anda yang berprofesi sebagai tenaga pendidik. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Post a Comment