-->

Kesalahan Yang Sering Terjadi Dikala Registrasi Online Cpns

Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Pendaftaran Online CPNS Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Pendaftaran Online CPNS

Meniti karir sebagai Pegawai Negeri Sipil atau PNS tentu menjadi mimpi bagi banyak orang. Mendapatkan honor perbulan ditambah sumbangan dan kam kerja teratur dari Senin hingga Jumat dianggap menarik dibandingkan pekerjaan lainnya. Untuk menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil maka setiap pendaftar harus melaksanakan serangkaian tes. Seperti kita ketahui ketika ini pemerintah secara rutin membuka lowongan CPNS untuk beberapa posisi. Sistem pendaftaran online CPNS menjadi satu cara paling sederhana dan cepat dalam menyeleksi penerima dari manajemen hingga tes lainnya.

Tidak semua lowongan CPNS memakai sistem online, terkadang ada beberapa sistem offline yang mewajibkan pesertanya memenuhi bermacam-macam persyaratan. Peserta CPNS harus melewati tahap manajemen dimana nantinya sanggup mendapat kartu tanda penerima tes CPNS. Setiap tahap dalam tes CPNS pada awalnya akan melewati seleksi administrasi. Banyak pendaftar mengalami kegagalan lantaran melaksanakan kesalahan. Padahal dari persyaratan sudah dipaparkan ketika pengumuman awal, namun tetap saja ada sebagian kecil masyarakat belum memahami hingga akibatnya gagak mengikuti tes CPNS.

Pendaftaran online dinilai membingungkan terutama bagi masyarakat yang belum pernah mengikuti tes CPNS. Sistem online biasanya sanggup diolah di sebuah website resmi panselnas, lalu sehabis mengisi formulir beserta syarat yang tertera maka Anda sanggup mendapat kartu tanda pendaftaran calon penerima tes CPNS. Jika Anda ingin mendaftar tes CPNS, sebaiknya kenali dahulu hal penting apa saja yang sering salah dalam tata cara pendaftaran CPNS.

Kesalahan Saat Pendaftaran Online CPNS

• Tak Tahu Situs Resmi
Sistem pendaftaran online CPNS memang wajib membuka situs website resmi yang terkadang belum banyak orang tahu ciri-cirinya. Akses situs website resmi dari masing-masing kementrian/ CPNS Daerah akan diumumkan di media ataupun situs resminya. Dari situlah banyak orang awam yang gaptek teknologi tidak tahu website resmi dari kementrian sehingga rawan tertipu oleh website palsu.

• Tidak Mencetak Formulir
Berikutnya ada kesalahan yang bersama-sama tak perlu dilakukan yakni tidak mencetak formulir pendaftaran. Rata-rata di sistem online akan memberi formulir online yang nantinya wajib dicetak untuk ditandatangani memakai tinta berwarna hitam. Sayangnya masih banyak pendaftar belum sadar bahwa formulir tersebut nantinya akan dicetak dan ditandatangani. Kaprikornus bagi pendaftar harap mencermati kembali hukum mengenai mencetak formulirnya, unduh lalu cetak eksklusif untuk menghindari kehilangan data, atau sanggup disimpan dahulu ke dalam flashdisk.

• Salah Mengisi Formulir Online
Pengisian formulir dalam tahap pendaftaran online CPNS wajib diisi secara benar. Terkadang banyak pendaftar tidak memperhatikan inputan data bahkan terkesan buru-buru. Untuk menghindari kesalahan input data persiapkan dahulu semua isu yang diharapkan lalu lakukan pengisian secara sedikit demi sedikit dan pastikan semua data terisi secara benar.

• Data Tidak Update
Masalah seputar update data diri juga patut diperhatikan. Terkadang kita tidak mengupdate kembali persyaratan terutama dalam hal SKCK, lalu jikalau terjadi kesalahan data diri di Kartu Keluarga (KK) sebaiknya perbaiki dahulu barulah mengisi pada formulir online.

• Ukuran Foto Tak Sesuai
Masalah upload foto juga sering menjadi hambatan dalam proses pendaftaran online CPNS. Foto sangatlah penting untuk memberi data identitas dari gambar wajah. Terdapat hukum dalam upload foto di pendaftaran online mulai dari format wajib JPG, ukuran foto 400kB, dan latar warna belakang yaitu merah. Sedangkan dari ijazah juga perlu dilakukan scaning dalam format JPG berukuran maksimal 400kB yang nantinya ikut diupload bersama foto. Beberapa kementrian juga mewajibkan pendaftar untuk scan hasil transkrip nilai berformat JPG dengan ukuran maksimal 400kB.

• Informasi KTP Tidak Update
Informasi data diri juga perlu diupdate. Bagi Anda yang sudah lulus kuliah sebaiknya update data diri dari bidang pendidikan ataupun pekerjaan. Rata-rata setiap kementrian akan meminta isu data diri berupa scan KTP atau fotokopi. Kaprikornus isu terbaru dari KTP sangatlah penting dalam proses pendaftaran CPNS.

Proses pandaftaran online CPNS mempunyai jangka waktu tertentu, maka dari itu perhatikan batas selesai pengiriman dokumen yang terdiri dari foto hingga isu identitas diri serta pendidikan terakhir. Meski terbilang sederhana, cepat dan aman, namun bukan berarti Anda tak memperhatikan detail isu pribadi, oleh lantaran itu perhatikan kembali persyaratan yang diberikan lalu isi secara detail.

Related Posts

Post a Comment