-->

Bhinneka Tunggal Ika

Post a Comment
BHINNEKA TUNGGAL IKA
Bhinneka tunggal ika mempunyai arti bahwa “walaupun berbeda beda kita tetap satu jua”. Semboyan ini merupakan semboyan yang dimiliki oleh negara Indonesia dan masih menempel hingga sekarang. Prinsip bhinneka tunggal ika ini intinya ialah kesediaan warga bangsa untuk bersatu dalam perbedaan. Yang disebut bersatu dalam perbedaan ialah kesediaan warga bangsa untuk setia pada forum yang disebut negara dan pemerintahnya, tanpa menghilangkan keterikatannya pada suku bangsa, adat, ras, dan agama.
Sesungguhnya warga bangsa mempunyai kesetiaan ganda (multiloyalities). Warga setia pada identitas primordialnya dan warga juga mempunyai kesetiaan pada pemerintahan dan negara, namun mereka mengatakan kesetiaan yang lebih besar pada kebersamaan yang terwujud dalam bangsa-negara dibawah satu pemerintah yang sah. Mereka setuju untuk hidup bersama dibawah satu bangsa meskipun berbeda latar belakang.
Istilah bhinneka tunggal ika mempunyai sejarah yang panjang. Hal ini tidak terlepas dari sumpah cowok Indonesia pada 28 Oktober 1928. Pada ketika itu, untuk mencapai kemerdekaan dan melawan penjajahan Indonesia harus bersatu. Namun, ibarat yang kita ketahui bahwa negara kita mempunyai banyak suku, ras, agama. Sehingga untuk menyatukan seluruh bangsa diperlukan tekad dan semangat yang membara. Sehingga lahirlah bhinneka tunggal ika untuk menyatukan suku, ras, agama demi kemerdekaan.

Sebagai generasi penerus bangsa kiprah kita ialah mempertahankan kemerdekaan. Namun, untuk melakukan kiprah tersebut tidaklah mudah. Kita harus lebih mendahulukan kepentingan bersama daripada kepentingan sendiri. Hal ini sesuai dengan semboyan negara kita, yaitu Bhinneka Tunggal Ika. Jangan alasannya ialah kepentingan kita sendiri harus mengorbankan kepentingan bersama alasannya ialah keegoisan kita sendiri. 

Related Posts

Post a Comment