-->

Pancasila Sebagai Budaya Bangsa

Post a Comment
Pancasila Sebagai Budaya Bangsa Indonesia

    Pancasila sebagai dasar filsafat dan ideologi bangsa dan negara Indonesia, bukan terbentuk secara mendadak serta bukan hanya diciptakan oleh seseorang sebagaimana dengan ideologi-ideologi lain di dunia, namun terbentuknya pancasila melalui proses yang cukup panjang dalam sejarah bangsa indonesia. Dalam proses terbentuknya pancasila yang dirumuskan oleh para pendiri negara Indonesia dengan menggali nilai-nilai yang dimiliki bangsa Indonesia, dan disintesiskan dengan pemikiran-pemikiran besar dunia. Nilai-nilai yang terdapat dalam masyarakat Indonesia sebelum mendirikan negara. 
    Para pakar antropologi Indonesia pada lazimnya setuju bahwa kata "kebudayaan" berasal dari bahasa sansekerta buddhayah. kata buddhayah adalah bentuk jamak dari buddhi  yang berarti budi daya. Sehingga secara luas sanggup diambil pengertian bahwa "kebudayaan" ialah segala hal yang dihasilkan oleh insan sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa yang dibekali akal.
    Jikalau dilihat dari wujud hasil kebudayaan manusia, maka sanggup berupa suatu komplek gagasan, ide-ide, dan pikiran manusia, yang dalam hal ini bersifat abstrak. Hasil kebudayaan ini merupakan suatu nilai, yang hanya sanggup dipahami, dihayati dan dimengerti oleh nalar manusia. Dalam hubungannya dengan nilai-nilai agama, kebudayaan juga berasal dari nilai-nilai keagamaan, alasannya ialah agama merupakan pandangan hidup insan dan merupakan suatu anutan hidup manusia. Dalam pengertian iniliah maka dalam pancasila selain terdapat nilai kemanusiaan juga terdapat nilai keagamaan.
    Selain itu, wujud kebudayaan insan yang bersifat aktual yaitu berupa acara insan dalam masyarakat, selain berinteraksi. Sehingga terwujudlah suatu sistem sosial. Sistem sosial ini tidaklah sanggup dilepaskan dengan tatanan nilai sebagai suatu dasar dan pedoman. Oleh alasannya ialah itu pola-pola acara insan ditentukan oleh tata nilai yang merupakan hasil budaya ajaib manusia. Dengan demikian, pancasila telah melebur dalam budaya insan di Indonesia. Yang kemudian dirumuskan oleh para pendiri negara. Yang dijadikan dasar filsafat dan ideologi sampai sekarang.

Related Posts

Post a Comment