-->

Pengertian Nilai Norma Dan Etika

Post a Comment
Pengertian Nilai, Norma, dan Etika

1. Nilai
    Nilai atau "value"  adalah kemampuan yang dipercayai yang ada pada suatu benda untuk memuaskan manusia. Jadi, nilai itu pada hakikatnya ialah sifat atau kualitas yang menempel pada suatu objek, bukan objek itu sendiri. Objek itu mengandung nilai artinya ada sifat atau kualitas. Dengan demikian, nilai itu bahu-membahu ialah suatu kenyataan yang tersembunyi dibalik kenyataan-kenyataan lainnya. Menilai berarti menimbang suatu aktivitas insan untuk menghubungkan sesuatu dengan sesuatu yang lainnya, lalu untuk selanjutnya diambil keputusan. 

2. Norma
    Norma ialah perilaku seseorang dalam masyarakat. Norma adalah serangkaian hukuman bagi para pelanggarnya dan larangan yang dilengkapi hukuman bagi para pelanggarnya kita sudah membahas mengenai nilai. Nilai umumnya dijabarkan lebih lanjut menjadi norma. Dengan demikian, nilai menjadi landasan pembentukan norma. Nilai menjadi dasar pembenar bagi norma. Dalam Norma terdapat fungsi norma atau tujuan norma dalam kehidupan bersama warga masyarakat sehingga Norma sanggup berarti dengan melihat fungsi-fungsi norma dimana kita ketahui bahwa norma beraneka ragam.

3. Etika
    Etika merupakan suatu pemikiran kritis dan mendatasr wacana pandangan dan pedoman moral. Ilmu Etika ialah ilmu yang mempelajari wacana bagaimana dan mengapa kita mengikuti suatu pedoman susila tertentu atau bagaimana kita harus mengambil sikap yang bertanggung jawab berhadapan dengan aneka macam pedoman moral.

Related Posts

Post a Comment