Definisi Akuntansi Manajemen
Akuntansi Manajemen (AM) ialah suatu proses mengindentifikasi, pengukuran, analisis, interprestasi, dan mengkomunikasikan gosip untuk mencapai tujuan organisasi.
- Sistem Informasi Akuntansi Manajemen Informasi ialah sistem gosip yang menghasilkan keluaran (output) dengan memakai masukan (input) dan aneka macam proses yang diharapkan untuk memenuhi tujuan tertentu manajemen.
- Model operasional akuntansi administrasi dilihat dari keluaran (output) dengan memakai masukan (input) sanggup di gambarakan ssb:
Klik Dua Kali Untuk Memperbesar Gambar |
Akuntansi Manajemen memiliki tiga tujuan utama yaitu:
- Menyediakan gosip yang dipakai dalam penghitungan biaya, jasa, produk, dan tujuan lain
- Menyediakan gosip yang dipakai dalam perencanaan, pengendalian dan perbaikan yang berkelanjutan.
- Menyediakan gosip untuk pengambilan keputusan.
Proses Manajemen
Proses administrasi di bagi menjadi tiga (3) bab yaitu:
Perencanaan
- Perencanaan mensyaratkan penentuan tujuan dan indentifikasi metodeuntuk mencapai tujuan tersebut
- Sebagai contoh; perisahaan menpunyai tujuan untuk meningkatkan profitabilitas jangka pendek dan jangka panjang dengan meningkatka mutu produknya.
- Akibatnya bisa mengurangi ; Kerusakan dan pengerjaan ulang, keluhan konsumen dan produk bergaransi, sumber daya untuk inspeksi dan lain sebagainya sehingga bisa meningkatkan profitabilitas.
Pengendalian
- Perencanaan ialah setengah dari pertempuran. Setelah suatu planning dibuat, planning tersebut harus diimplementasikan
- Pengendalian ialah kegiatan manajerial dalam memonitor pelaksanaan planning dan melaksanakan tindakan perbaikan yang dibutuhkan. Pengendalian biasanya dicapai dengan menggunakanumpan balik.
- Umpan balik ialah gosip yang sanggup dipakai untuk mengevaluasi atau memperbaiki langkah-langkah yang dilakukan dengan mengimplementasikan suatu rencana.
- Pengambilan keputusan adalah proses pemilihan di antara aneka macam alternatif.
- Keputusan sanggup ditingkatkan mutunya kalau gosip perihal alternatif-alternatif dikumpulkan dan disajikan kepada manajer.
- Peran utama sistem gosip akuntansi administrasi ialah menyediakan gosip yang memudahkan proses pengambilan keputusan.
Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan
Sistem Informasi Akuntansi (Kumpulan data akuntansi administrasi dan akuntansi keuangan)
- Sistem Akuntansi Manajemen: Tujuan utma sistem akuntansi administrasi ialah menghasilkan gosip untuk pengguna internal, menyerupai manajer, direktur dan pekerjaan. Internal Users
- Sistem Akuntansi Keuangan: Tujuan utma sistem akuntansi keuangan ialah menyusun laporan keungan bagi investor, kreditor dll. Ekternal Users
Akuntansi Manajemen
- Fokus internal
- Tidak mengikuti aturan
- informasi keuangan dan non keuangan, sanggup bersifat subjektif
- Penekanan pada masa yang akan tiba (future)
- Evaluasi dari keputusan internal didasarkan atas gosip yang sangat terinci
- Sangat luar dan multi disiplin
Akuntansi Keuangan
- Fokus Ekternal
- Mengikuti hukum tertentu dari pihak ekternal
- Informasi keuangan bersifat objektif
- Orientasi historis
- Informasi mengenai perusahaan secara keseluruhan.
- Lebih spesifik
Orientasi Pada Pelanggan
- Tujuan administrasi menurut kegiatan ialah untuk meningkatkan nilai pelanggan
- Perusahaan sanggup membuat keunggulan kompetitif dengan membuat nilai pelanggan yang lebih baik dengan biaya yang sama atau lebih rendah dari pesaing
- Nilai pelanggan (customer value) ialah perbedaan antara apa yang diterima oleh pelanggan dan apa yang diberikan oleh pelanggan.
- Realisasi pelanggan (customer realization) mencakup keistimewaan, kualitas, reputasi, petunjuk penggunaan, merek dan faktor-faktor lain yang dianggap penting oleh pelanggan,
- Pengorbanan pelanggan mencakup biaya pembelian produk, waktu untuk memperoleh dan mempelajari pemakaian produk, dan biaya pasca pembelian.
Post a Comment
Post a Comment