-->

Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Ajakan & Penawaran

Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan 

1. Selera

Apabila selera konsumen terhadap suatu barang dan jasa tinggi maka akan diikuti dengan jumlah barang dan jasa yang diminta akan mengalami peningkatan, demikian sebaliknya.

2. Pendapatan Konsumen

Apabila pendapatan konsumen semakin tinggi akan diikuti daya beli konsumen yang berpengaruh dan bisa untuk membeli barang dan jasa dalam jumlah yang lebih besar, demikian sebaliknya.

3. Harga Barang/Jasa Pengganti

Konsumen akan cenderung mencari barang atau jasa yang harganya relatif lebih murah untuk dijadikan alternatif penggunaan.

4. Harga Barang/Jasa Pelengkap

Keduanya merupakan kombinasi barang yang sifatnya saling melengkapi.

5. Perkiraan Harga Di Masa Datang

Apabila konsumen menduga harga barang akan terus mengalami kenaikan di masa datang, maka konsumen cenderung untuk menambah jumlah barang yang dibelinya.

6. Intensitas Kebutuhan Konsumen

Bila suatu barang atau jasa sangat diperlukan secara mendesak dan dirasakan pokok oleh konsumen, maka jumlah usul akan mengalami peningkatan.


Faktor - Faktor Yang  Mempengaruhi Tingkat Penawaran

1. Biaya produksi dan teknologi yang digunakan

Jika biaya pembuatan/produksi suatu produk sangat tinggi maka produsen akan menciptakan produk lebih sedikit dengan harga jual yang mahal alasannya takut tidak bisa bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak laku terjual. 

Dengan adanya teknologi canggih bisa menjadikan pemangkasan biaya produksi sehingga memicu penurunan harga.

2. Tujuan perusahaan

Perusahaan yang bertujuan mencari laba sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin laba yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. 

Jika perusahaan ingin produknya laku dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat laba yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen.

3. Pajak

Pajak yang naik akan menjadikan harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusahan mengatakan lebih sedikit produk akhir usul konsumen yang turun. 

Harga mobil-mobil import yang masuk ke Indonesia, dikala memasuki pasar Indonesia harganya akan naik alasannya tingginya biaya pajak yang dikenakan. Sehingga menurunnya usul dari konsumen.

4. Ketersediaan barang pengganti / pelengkap

Jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga terjadi penurunan permintaan, hasilnya penawaran pun dikurangi.

5. Prediksi / asumsi harga di masa depan

Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan impian bisa menawarkan/menjual lebih banyak dikala harga naik akhir banyak sekali faktor.

Related Posts

Post a Comment