-->

Pengertian Wirausahan Dan Kewirausahaan Serta Pentingnya Kewirausahaan

Wirausaha

Wirausaha merupakan orang-orang yang memiliki kemampuan. Melihat dan menilai peluang-peluang, mengumpulkan sumber-sumber daya yang diperlukan guna mengambil laba dan tindakan yang sempurna untuk memastikan kesuksesan. 

Kewirausahaan

Kemahiran yang dimiliki seorang wirausaha (entrepreneur) disebut kewirausahaan (entrepreneurship)
Menurut KBBI, kewirausahaan berasal dari kata dasar wirausaha diberi awalan ke- dan akhiran -an yang bersifat membuat kata benda wirausaha memiliki pengertian abstrak.

Wira = berani dan usaha = acara bisnis yang komersial maupun non bisnis dan non komersial, jadi pengertian kewirausahaan yakni hal-hal yang bersangkutan dengan keberanian seseorang untuk melaksanakan sesuatu acara secara mandiri, baik bisnis maupun non bisnis.


Pentingnya Kewirausahaan
  • Kewirausahaan yakni suatu nilai yang diwujudkan dalam sikap yang dijadikan sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses dan hasil bisnis (Ahmad Sanusi, 1994)
  • Kewirausahaan yakni suatu nilai yang diperlukan untuk memulai sebuah perjuangan dan membuatkan perjuangan (Soeharto Prawiro, 1997)
  • Kewirausahaan yakni suatu proses yang mengerjakan sesuatu yang gres (krestif) dan berbeda (inovatif) yang bermanfaat dalam menunjukkan nilai lebih.
  • Kewirausahaan yakni kemampuan untuk membuat sesuatu yang gres dan berbeda (Druckor, 1959)
  1. Kewirausahaan yakni suatu proes penerapan kreativitas dan penemuan dalam memecahkan problem dan memilih peluang untuk memperbaiki kehidupan perjuangan (Zimmerer,1996)
  • Kewirausahaan yakni perjuangan membuat nilai komplemen degan jalan mengombinasikan sumber-sumber melalui cara-cara gres dan berbeda untuk memenangkan persaingan.
  • Kewirausahaan sanggup terjadi pada semua bidang (Hisrich,peter dan shophord 2005)

Jenis-jenis Kewirausahaan

Menurut Willamson (1961), jenis-jenis kewirausahaan dibagi menjadi 4 yaitu:
  • Innovating Entrepreneurship: berekperimentasi secara agresif, tampil mempraktekkan transformasi-transformasiatraktif (timing entrepreneurship, relationship, innovations).
  • Imitative Entrepreneurship: Meniru penemuan yang berhasil dari para innovating entrepreneur
  • Fabian Entrepreneurship: Sikap yang teramat berhati-hati dan sikap skeptikal tetapi yang segera melaksanakan peniruan-peniruan menjadi terang sekali, apabila mereka tidak melaksanakan hal tersebut, mreka akan kehitangan posisi relative pada industry yang bersangkutan.
  • Drone Entrepreneurship: Drone = Malas. Penolakan untuk memanfaatkan peluang-peluang untuk melaksanakan perubahan-perubahan dalam rumus produksi sekalipun hal tersbut akan mengakibatkan mereka merugi dibandingkan dengan produsen lain.

Joob Seeker ===> Job Creator

Para Pencari Kerja ===> Pencipta Lapangan Pekerjaan
  1. Keluarga membangun kultur berwirausaha
  2. Penciptaan iklim usaha
  3. Pembinaan dunia pendidikan
  4. Peningkatan jalan masuk modal (banyak kompetisi bissinese plan)
  5. Pendamping calon wirausaha (ada forum incubator bisnis)

Related Posts

Post a Comment