-->

Pengertian Statistika Dan Tahapan Acara Statistika

Pengenalan Ilmu Statistika dan Penyajian Statistika

Pengenalan Ilmu Statistika dan Penyajian Statistika Pengertian Statistika dan Tahapan Kegiatan Statistika
Pengertian Statistika

Pengertian Statistika adalah  suatu ilmu pengumpulan, menata, menyajikan, menganalisis dan menginterprestasi data menjadi informasi untuk membantu pengambilan keputusan yang efektif.  Salah satu ilmu yang mendasari dalam mempelajari statistika ialah peluang atau probabilitas. 

Pengertian statistik adalah hasil-hasil pengolahan dan analisis data. Statistik sanggup berupa mean, modus, median, dan sebagainya. Statistik sanggup dipakai untuk menyatakan kesimpulan data berbentuk bilangan yang disusun dalam bentuk tabel atau diagram yang menggambarkan karakteristik data.

Perbedaan Statistikan dan Statistik

Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika ialah ilmu yang berkenaan dengan data. Definisi statistika dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ialah ilmu perihal cara mengumpulkan, menabulasi, menggolong-golongkan, menganalisis, dan mencari kete-rangan yang berarti dari data yang berupa angka.

Sedangkan Pengertian Statistik ialah hasil data yang disajikan dalam bentuk tabel, grafik dan sebagainya. Adapun definisi statistik berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ialah catata atau angka-angka (bilangan) yang dikumpulkan, ditabulasi, digolong-golongkan sehingga sanggup memberi informasi yang berarti mengenai suatu duduk kasus atau gejala.


Jenis-jenis Statistika 
  • Statistika Deskriptif ialah metode statistik yang dopergunakan untuk mendeskriptifkan data yang telah dikumpulkan menjadi informasi
  • Statistika Inferensia adalah metode yang dipergunakan untuk mengetahui perihal suatu populasi didasarkan kepada suatu sampel dengan menganalisis dan menginterpretasikan data menjadi suatu kesimpulan.
Tahapan Kegiatan Statistika

1. Pengumpulan Data

a. Sensus: Yaitu mengumpulkan seluruh data/populasinya
b. Sampel: Yaitu mengumpulkan sebagian data saja

2. Penyusunan Data

Tahap - tahap penyusunan data
  • Editing: Yaitu mendeteksi kemungkinan adanya kesalahan atau ketidak konsistenan data
  • Classify: Yaitu pengelompokan data sesuai dengan sifat-sifat yang dimiliki oleh data
  • Tabulation: Yaitu pengelompokan data sesuai dengan sifat-sifat yang telah ditentukandalam susunan kolom-kolom dan baris-baris, sehingga gampang untuk ditarik kesimpulan.
3. Presentasi Data

Yaitu acara semoga data gampang untuk dibaca dan sanggup dilihat secara visual, maka dibentuk dalam bentuk tabel, grafik atau diagram.

4. Analisis Data

Yaitu acara untuk mengethui karakteristik data, dengan memakai metode statistik, menyerupai rata-rata, devinisi standar, ataupun regresi.

5. Interpretasi Data

Yaitu acara untuk mengambil suatu kesimpulan yang benar

Pengenalan Ilmu Statistika dan Penyajian Statistika Pengertian Statistika dan Tahapan Kegiatan Statistika

Related Posts

Post a Comment