Sergur id - Selamat tiba di blog Pendidikan terbaru, pada kesempatan yang berbahagia ini admin bakal share mengenai Kisi – Kisi Soal Pretest Seleksi PPG Dalam Jabatan Untuk Guru Bahasa Indonesia. Namun sebelumnya, silahkan anda baca terlebih dahulu ulasan berikut ini:
Kompetensi Yang Perlu Dikuasai Guru Bahasa Inggris
PPG dalam jabatan (PPGDJ) merupakan program pendidikan profesi guru yang diselenggarakan untuk guru yang mengajar pada satuan pendidikan (sekolah) dan memiliki kualifikasi akademik S1 atau D-IV tetapi belum memperoleh sertifikat pendidik . Program ini sering disebut – sebut sebagai acara sertifikasi masa kini. Kaprikornus bagi guru yang belum menerima sertifikat pendidik tidak lagi didapat melalui PLPG akan tetapi sanggup memperolehnya melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan.
Sejak awal pendaftarannya tahun 2017 kemudian sampai sekarang, PPGDJ selalu menimbulkan respon yang cukup besar bagi para guru khususnya guru bahasa inggris. Hal itu terlihat dari banyaknya guru yang terdaftar dalam acara PPGDJ. Namun tidak semua pendaftar bisa eksklusif jadi penerima PPGDJ.
Pasal nya untuk dapat menjadi penerima PPGDJ guru harus mengikuti seleksi kemampuan akademik melalui tes online (pretest). Seleksi kemampuan akademik meliputi tes potensi akademik (TPA), tes pedagogik, tes bidang studi, dan tes talenta dan minat.
Mengingat banyak nya penerima yang tidak lulus, guru perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi pretes PPGDJ. Karena mengikuti pretest dengan doa dan persiapan yang baik akan jauh lebih yummy dari pada hanya mengandalkan keberuntungan.
Kisi – kisi ini bisa jadi teladan kompetensi yang harus dimiliki seorang guru bahasa inggris dan sebagai modal untuk membantu persiapan Bapak / Ibu guru untuk mengikuti pretest PPG pada kesempatan berikut nya. Karena kisi – kisi pretest PPGDJ masih mengacu pada kisi – kisi pretest PPGDJ yang terbit pada tahun sebelum nya.
Nah untuk mengetahui lingkup materi yang akan diujikan sebagai bekal persiapan menghadapi pretest PPGDJ nanti. Kali ini saya akan di paparkan kisi – kisi soal pretest untuk guru bahasa inggris yang admin jadikan pedoman persiapan saya dalam menghadapi pretest pada bulan Mei kemarin sehingga admin bisa lulus. Berikut kisi – kisi nya :
KISI-KISI SELEKSI PROGRAM
PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DALAM JABATAN
PENJARINGAN BAKAT DAN MINAT
NO | SUB KOMPETENSI | CAPAIAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR ESENSIAL |
1 | Bakat | Kemampuan Penalaran dan Pemecahan masalah | 1. Berpikir analitis kritis |
2. Berpikir Kreatif | |||
3. Pengambilan keputusan secara etis | |||
Perlakuan terhadap siswa | 4. Menghargai perbedaan individu | ||
5. Memotivasi siswa | |||
6. Bersahabat | |||
Kemampuan Penyesuaian Diri | 7. Terbuka terhadap perubahan yang positif | ||
8. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak | |||
2 | Minat | Minat terhadap profesi tertentu: | 9. Keterlibatan dalam bidang kependidikan atau non- kependidikan dengan perasaan senang |
10. Sikap positif terhadap profesi guru | |||
Minat terhadap tugas-tugas spesifik guru | 11. Intensitas keterlibatan guru dalam bidang literasi & kegiatan ilmiah | ||
12. Intensitas keterlibatan guru dalam acara layanan sosial | |||
13. Intensitas berkomunikasi secara persuasif |
KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)
SUB TES POTENSI AKADEMIK
NO | KOMPETENSI | SUB KOMPETENSI | INDIKATOR ESENSIAL |
1 | Verbal | Hubungan kata | 1. sanggup menentukan kata yang mempunyai kesamaan arti dengan stem soal |
2. sanggup menentukan sepasang kata yang mempunyai kekerabatan analogis sama ibarat rangkaian dua kata pada stem | |||
3. sanggup menentukan satu kata yang mempunyai ciri atau sifat yang berbeda dengan 4 pilihan kata yang lain | |||
Analitis | 4. sanggup menarik kesimpulan menurut seperangkat pernyataan yang berupa fakta-fakta yang saling berhubungan | ||
Logis | 5. sanggup menarik kesimpulan dari dua premis yang diberikan | ||
2 | Numeric | Deret | 6. sanggup menentukan satu angka yang merupakan kelanjutan dari deret angka dengan pola tertentu (per satu angka) |
7. sanggup menentukan satu angka yang merupakan kelanjutan dari deret angka dengan pola tertentu (per dua angka/satu angka sebagai jangkar) | |||
8. sanggup menentukan angka-angka yang merupakan kelanjutan dari 2 deret angka dengan 2 pola tertentu | |||
Aritmatika | 9. sanggup menemukan solusi dari operasi hitung sederhana (penjumlahan dan pengurangan) |
NO | KOMPETENSI | SUB KOMPETENSI | INDIKATOR ESENSIAL |
10. dapat menemukan solusi dari operasi hitung sederhana (pengalian dan pembagian) | |||
11. sanggup menemukan solusi dari operasi hitung sederhana memakai desimal dan pecahan | |||
12. dapat menemukan solusi dari soal cerita yang memerlukan strategi operasi hitung | |||
3 | Figural | Hubungan Bentuk | 13. dapat menentukan gambar untuk mengisi kotak kosong dengan mengikuti pola rotasi searah jarum jam dan penambahan elemen dengan jumlah stimulus awal sebanyak 4 |
14. dapat menentukan gambar untuk mengisi kotak kosong dengan mengikuti pola pencerminan dan penambahan elemen dengan jumlah stimulus awal sebanyak 3 | |||
Serial | 15. dapat menentukan gambar untuk mengisi kotak kosong sebagai kelanjutan serial dengan pola penambahan elemen dan perubahan bentuk/warna dengan jumlah awal stimulus sebanyak 3 | ||
16. dapat menentukan gambar untuk mengisi kotak kosong sebagai kelanjutan serial dengan pola rotasi berlawanan arah jarum jam dan perubahan bentuk dengan awal stimulus sebanyak 4 | |||
4 | Verbal | Hubungan kata | 17. sanggup menentukan kata yang mempunyai kesamaan arti dengan stem soal |
18. dapat memilih sepasang kata yang memiliki hubungan analogis sama ibarat rangkaian dua kata pada stem |
KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)
KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)
SUB TES : PEDAGOGIK
NO | KOMPETENSI | SUB KOMPETENSI | INDIKATOR ESENSIAL |
1 | Merencanakan pembelajaran | Merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran menurut standar kompetensi lulusan; | 1. Dengan mencermati standar kompetensi lulusan penerima sanggup merumuskan indikator kompetensi |
2. Berdasarkan rumusan indikator kompetensi penerima sanggup merumuskan capaian pembelajaran (tujuan pembelajaran) | |||
Menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan penilaian pembelajaran; | 3. Berdasarkan capaian pembelajaran (tujuan pembelajaran) yang telah dirumuskan, penerima sanggup menetapkan materi pembelajaran yang diperlukan. | ||
4. Berdasarkan capaian pembelajaran (tujuan pembelajaran) yang telah dirumuskan dan materi yang ditentukan, penerima sanggup menetapkan proses pembelajaran yang sesuai. | |||
5. Berdasarkan capaian pembelajaran (tujuan pembelajaran) yang telah dirumuskan dan materi yang ditentukan, penerima sanggup menetapkan sumber belajar/media pembelajaran yang diperlukan. | |||
NO | KOMPETENSI | SUB KOMPETENSI | INDIKATOR ESENSIAL |
6. Berdasarkan capaian pembelajaran (tujuan pembelajaran) dan proses pembelajaran yang telah ditentukan, penerima sanggup menetapkan jenis penilaian yang tepat | |||
Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus. | 7. Dengan mencermati silabus, penerima sanggup menganalisis keterkaitan antar komponen silabus | ||
8. Dengan mencermati silabus yang telah ditentukan, penerima sanggup menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan tepat. | |||
2 | Melaksanakan pembelajaran | Melaksanakan pembelajaran dengan mewujudkan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan potensi diri dan huruf siswa | 9. Melalui paparan kasus, penerima sanggup menawarkan pilihan pemecahan problem pelaksanaan pembelajaran untuk berbagi potensi siswa. |
10. Melalui paparan kasus, penerima sanggup menawarkan pilihan pemecahan problem pelaksanaan pembelajaran untuk berbagi huruf siswa. | |||
3 | Menilai dan mengevaluasi pembelajaran | Melaksanakan penilaian otentik-holistik yang meliputi ranah sikap, | 11. Dengan mencermati RPP dan proses pembelajaran, peserta dapat memberikan pilihan jenis penilaian otentik- |
NO | KOMPETENSI | SUB KOMPETENSI | INDIKATOR ESENSIAL |
pengetahuan, dan keterampilan; dan | holistik terhadap aspek sikap | ||
12. Dengan mencermati RPP dan proses pembelajaran, peserta dapat memberikan pilihan jenis penilaian otentik- holistik terhadap aspek pengetahuan | |||
13. Dengan mencermati RPP dan proses pembelajaran, peserta dapat memberikan pilihan jenis penilaian otentik- holistik terhadap aspek keterampilan | |||
Menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. | 14. Melalui paparan kasus, penerima sanggup menganalisis hasil penilaian pembelajaran | ||
15. Melalui paparan kasus, penerima sanggup menentukan tindak lanjut hasil penilaian pembelajaran |
KISI-KISI SOAL UJIAN PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)
Mapel / Keahlian : Bahasa Inggris
No. | Kompetensi Inti | Kompetensi Mapel / Keahlian | Indikator Esensial |
1. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Memiliki pengetahuan tentang banyak sekali aspek kebahasaan dalam bahasa Inggris (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis) | Menetukan modality yang tepat sesuai konteks. Menunjukkan makna permission. |
2. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Memiliki pengetahuan tentang banyak sekali aspek kebahasaan dalam bahasa Inggris (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis) | Menggunakan logical connector dalam konteks. |
3. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulisan, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis) | Menentukan gambaran Umum teks tertulis fungsional pendek berbentuk notice/announcement. |
4. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulisan, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis) | Menentukan informasi rinci tersurat teks tertulis fungsional pendek berbentuk notice/announcement. |
5. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulisan, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis) | Menentukan informasi rinci tersirat teks tertulis fungsional pendek berbentuk notice/announcement. |
6. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulisan, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis) | Menentukan makna kata teks notice/announcement yang tepat sesuai konteks yang disajikan. |
7. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulisan, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis) | Menentukan tujuan komunikatif teks tertulis fungsional pendek berbentuk Notice/announcement. |
8. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulisan, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis) | Menentukan gambaran umum teks tertulis fungsional pendek berbentuk advertisement. |
9. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulisan, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis) | Menentukan informasi rinci tersurat teks tertulis fungsional pendek berbentuk advertisement. |
10. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulisan, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis) | Menentukan makna kata teks tertulis fungsional pendek berbentuk advertisement. |
11. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulisan, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis) | Menentukan gambaran umum teks tertulis fungsional berbentuk narrative. |
12. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulisan, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis) | Menentukan informasi rinci tersurat teks tertulis fungsional berbentuk narrative. |
13. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulisan, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis) | Menentukan pikiran utama paragraf tertentu teks tertulis fungsional berbentuk narrative. |
14. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulisan, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis) | Menentukan pesan moral teks tertulis fungsional berbentuk narrative. |
15. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulisan, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis) | Menentukan makna kata teks tertulis fungsional berbentuk narrative. |
16. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulisan, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis) | Menentukan gambaran umum teks tertulis fungsional berbentuk news item (tujuan;fungsi sosial; & gagasan utama). |
17. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulisan, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis) | Menentukan informasi tertentu teks tertulis fungsional berbentuk news item. |
18. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulisan, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis) | Menentukan informasi rinci tersurat teks tertulis fungsional berbentuk news item. |
19. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulisan, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis) | Menentukan makna kata teks tertulis fungsional berbentuk news item. |
20. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulisan, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis) | Menentukan koherensi dan kohesif teks news item. |
No. | Kompetensi Inti | Kompetensi Mapel / Keahlian | Indikator Esensial |
21. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulisan, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis) | Menentukan gambaran umum teks tertulis fungsional berbentuk descriptive. |
22. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulisan, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis) | Menentukan makna kata teks tertulis fungsional berbentuk descriptive. |
23. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulisan, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis) | Menentukan informasi rinci tersurat teks tertulis fungsional berbentuk descriptive. |
24. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulisan, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis) | Menentukan gambaran umum teks tertulis fungsional berbentuk discussion. |
25. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulisan, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis) | Menentukan informasi rinci tersurat teks tertulis fungsional berbentuk discussion. |
26. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulisan, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis) | Menentukan informasi tertentu teks tertulis fungsional berbentuk discussion. |
27. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulisan, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis) | Menentukan informasi tersirat teks tertulis fungsional berbentuk discussion. |
28. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulisan, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis) | Menentukan koherensi dan kohesif teks discussion teks tertulis berbentuk discussion. |
29. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulisan, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis) | Menentukan gambaran umum teks tertulis fungsional berbentuk Hortatory exposition. |
30. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulisan, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis) | Menentukan informasi spesifik teks tertulis fungsional berbentuk Hortatory exposition. |
31. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulisan, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis) | Menentukan rujukan kata teks tertulis fungsional berbentuk Hortatory exposition. |
32. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulisan, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis) | Menentukan kehorensi dan kohesif teks hortatory exposition. |
33. | Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu | Menguasai bahasa Inggris lisan dan tulisan, reseptif dan produktif dalam segala aspek komunikatifnya (linguistik,wacana,sosiolinguistik dan strategis) | Menganalisis teks secara kritis. |
Demikian gosip terbaru dari blog pendidikan terbaru, terkait dengan Kisi – Kisi Soal Pretest Seleksi PPG Dalam Jabatan Untuk Guru Bahasa Inggris
Post a Comment
Post a Comment