-->

Tabel Dan Grafik Pencapaian Sasaran Kurikulum (Tk), Daya Serap (Ds), Dan Pencapaian Kkm

Kurikulum 2013 K13 SD - Sebentar lagi tentunya putra-putri anda akan segera melakukan UTS/Mid semester atau penilaian tengah semester 1 atau kegiatan Perguruan Tinggi Swasta tahun pelajaran 2018/2019. Ya perlu diketahui bersama bahwa sekolah ditempat anak anda dititipkan yang sudah menerapkan kurikulum 2013 K13 tentunya menggunakan istilah tersebut, yang mana Perguruan Tinggi Swasta pada kurikulum sebelumnya telah kita kenal dengan istilah mid semester atau ulangan tengah semester (UTS). Khususnya pada post kali ini admin blog Kurikulum 2013 Revisi bakal share mengenai TABEL DAN GRAFIK PENCAPAIAN TARGET KURIKULUM (TK), DAYA SERAP (DS), DAN PENCAPAIAN KKM .
putri anda  akan segera melakukan UTS TABEL DAN GRAFIK PENCAPAIAN TARGET KURIKULUM (TK), DAYA SERAP (DS), DAN PENCAPAIAN KKM

Dalam perspektif kebijakan pendidikan nasional sebagaimana sanggup dilihat dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 menyatakan bahwa: “Kurikulum ialah seperangkat planning dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan materi pelajaran serta cara yang dipakai sebagai pedoman penyelenggaraan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu”.

Dari suara Undang-Undang tersebut  dapat disimpulkan dengan sederhana bahwa Kurikulum ialah suatu pedoman yang bersiklus dan terorganisir dimana didalamnya tercakup tujuan, pembelajaran, pembelajar, sarana dan prasarana, alat/bahan, dan penilaian untuk membuat suatu pengalaman berguru pada pembelajar dibawah tanggung jawab sekolah atau forum penyelenggara pendidikan untuk mencapai suatu tujuan.

Teman-teman guru k13, dari pengertian mengenai kurikulum  itu diketahui bahwa maksud kurikulum itu dibentuk ialah untuk mencapai suatu tujuan. Lalu bagaimana tujuan itu sanggup dicapai, tentu kita sebagai pendidik sudah barang tentu mesti mempunyai sasaran bagaimana kurikulum itu sanggup dicapai.  Target kurikulum inilah yang mesti disiapkan dengan perencanaan yang sesuai dan terukur.

Nah! Teman-teman guru k13, kaitannya dengan judul artikel pada halaman ini, berikut penulis akan menawarkan pola dan klarifikasi perihal bagaimana membuat Tabel dan Grafik Pencapaian Target Kurikulum.

Tabel Pencapaian Target Kurikulum, Daya Serap, dan Pencapaian KKM

putri anda  akan segera melakukan UTS TABEL DAN GRAFIK PENCAPAIAN TARGET KURIKULUM (TK), DAYA SERAP (DS), DAN PENCAPAIAN KKM
GAMBAR 1 : TABEL TK,DS, PENCAPAIAN KKM
Dalam membuat Tabel Pencapaian Target Kurikulum (TK), Daya Serap (DS), dan Pencapaian KKM. Ada 3 jenis kolom yang diharapkan selain nomor, dan mata pelajaran; yaitu :
1.      Kolom data awal
Yang dimaksud dengan kolom data awal ini ialah jumlah semua KD (SKD), Jumlah KD yang    Terlaksana (KDT), dan Rata2 Nilai Rapor (RNR). Ketiga kolom data awal ini, masing-masing terdiri dari 2 kolom KI-3 dan KI-4. (Perhatikan gambar 1 di atas)

2.      Kolom rencana
Kolom planning terdiri dari : Rencana Target Kurikulum (%), Rencana Daya Serap Siswa (%), dan Ketuntasan Kelas  (KKM)
(Perhatikan gambar 1 di atas)

3.      Kolom pencapaian
Sedangkan kolom pencapaian terdiri dari : Pencapaian Target Kurikulum (TK) (%), Daya Serap (DS) Siswa (%), dan Pencapaian KKM. Masing-masing kolom terdiri dari 2 kolom KI-3 dan KI-4. Kecuali kolom Pencapaian KKM membawahi kolom K-MP, dan K-SP. (Perhatikan gambar 1 di atas)





Setelah Bapak/Ibu, berhasil membuat tabel sebagaimana dijelaskan disini pastikan bahwa teman-teman memasukan data yang benar pada kolom masing-masing. Tentunya teman-teman sudah memahami cara menghitung data-data tersebut.



Grafik Pencapaian Target Kurikulum, Daya Serap, dan Pencapaian KKM

putri anda  akan segera melakukan UTS TABEL DAN GRAFIK PENCAPAIAN TARGET KURIKULUM (TK), DAYA SERAP (DS), DAN PENCAPAIAN KKM
GAMBAR 2 : GRAFIK TK,DS, PENCAPAIAN KKM
Teman-teman guru k13. Untuk membuat Grafik Pencapaian Target Kurikulum, Daya Serap, dan Pencapaian KKM menyerupai pada gambar 2. Langkah awal yang harus dipastikan ialah teman-teman sudah harus sanggup membuat tabel sebagaimana dijelaskan di atas. Selanjutnya teman-teman memasukan data-data pada tabel ke aktivitas excel menyerupai pada gambar 3 di bawah.
  
putri anda  akan segera melakukan UTS TABEL DAN GRAFIK PENCAPAIAN TARGET KURIKULUM (TK), DAYA SERAP (DS), DAN PENCAPAIAN KKM
GAMBAR 3
Bidang Grafik dibagi dalam 3 bab yaitu Pencapaian Target Kurikulum (TK) (%), Daya Serap (DS) Siswa (%), dan Pencapaian KKM (%). Masing-masing bab membawahi 2 grafik yang dibatasi prosentase garis vertikel yang terdiri dari 9 warna (perhatikan gambar 3). 9 warna itulah mewakili 9 mata pelajaran sebagaimana tertuang dalam tabel kolom mata pelajaran.

Demikian Tematik K13 Kurikulum 2013 yang dapat blog Kurikulum 2013 Revisi  muat. biar bermanfaat dan mengakibatkan sarana rujukan dalam pembuatan TABEL DAN GRAFIK PENCAPAIAN TARGET KURIKULUM (TK), DAYA SERAP (DS), DAN PENCAPAIAN KKM  SD Kurikulum 2013 K13 edisi revisi terbaru tahun pelajaran 2018/2019
 

Related Posts

Post a Comment