-->

Analisis Fungsi – Fungsi Administrasi Pt. Blue Bird Group. Tbk

Post a Comment
BAB I 

PENDAHULUAN 

1.1 Latar Belelakang 

Blue Bird yaitu sebuah perusahaan yang awalnya bergerak dalam bidang penyedia layanan transportasi umum berupa taxi reguler berdiri pada tahun 1972, kemudian berubah menjadi limousine "Golden Bird", serta perjuangan sewa mobil. Perusahaan kemudian menyebarkan perjuangan bus carter "Big Bird" pada tahun 1979. Pada tahun 1993 Blue bird pun menghadirkan layanan taksi eksekutif "Silver Bird". Hingga ketika ini Blue Bird Group berubah menjadi beberapa perusahaan yang bergerak dalam beberapa bidang lainnya. Hal ini menuntut perusahaan BlueBird untuk sanggup tampil lebih baik dalam memperlihatkan layanan kepada masyarakat, dan dengan semakin meningkatnya kebutuhan dalam memakai moda transportasi pada ketika kini ini. BlueBird sebagai perusahaan besar dibutuhkan sanggup mempunyai kualitas yang baik dari segala aspek, beberapa diantaranya sanggup dilihat dari kualitas para karyawan dan pekerjanya. 

Oleh alasannya yaitu itu untuk sanggup menyediakan sistem pelayanan yang baik, Blue Bird wajib menyelenggarakan pendidikan awal bagi para pekerjanya, dalam hal ini memberi pengarahan yang berkualitas sesuai dengan standar ketentuan pekerja profesional, maupun standar perusahaan yang telah disepakati.Fasilitas training merupakan langkah awal perusahaan untuk memperlihatkan training kepada karyawan. Saat ini Blue Bird sudah mempunyai akomodasi Training Center bagi para calon karyawan baik sebagai calon pengendara maupun karyawan staff untuk seluruh pool yang ada, namun keadaan Training Center ketika ini membutuhkan perawatan dan pengembanganfasilitas mauoun prasarana yang sesuai dengan kebutuhan pelatihan. 

Dengan adanya perbaikan akomodasi pada interior training center yang sesuai dengan kebutuhan kepelatihan maupun sarana prasarana lainnya, dibutuhkan dapat 

mensugesti suasana berguru para calon pegawai blue bird dalam mendapatkan kode yang diberikan. Demi terselenggaranya sistem training yang berkualitas, dan menghasilkan pegawai yang profesional dalam menyediakan layanan transportasi maupun bidang staff lainnya kepada masyarakat. 

1.2 Rumusan masalah 
  1. Bagaimana Analisis Fungsi – Fungsi Manajemen PT. Blue Bird Group. Tbk? 
  2. Bagaimana Tujuan, Sasaran,Target, Indikator, dan Strategi PT. Blue Bird Group. Tbk? 
  3. Bagaimana Analisa, Visi Dan Misi PT. Blue Bird Group. Tbk? 

1.3 Tujuan Penulisan 
  1. Untuk Mengetahui Analisis Fungsi – Fungsi Manajemen PT. Blue Bird Group. Tbk! 
  2. Untuk Mengetahui Tujuan, Sasaran,Target, Indikator, dan Strategi PT. Blue Bird Group. Tbk! 
  3. Untuk Mengetahui Analisa, Visi Dan Misi PT. Blue Bird Group. Tbk! 

BAB II 

PENDAHULUAN 

2.1 Analisis Fungsi – Fungsi Manajemen PT. Blue Bird Group. Tbk 

Fungsi - fungsi manajemen ini penting bagi perusahaan alasannya yaitu memang syarat dari perusahaan yang baik salah satunya yaitu mempunyai fungsi-fungsi manajemen yang baik pula. Fungsi – fungsi manajemen ini diantaranya yaitu perencanaan (planning), organisasi (organizing), pengarahan (actuating), juga pengawasan dan pengendalian (monitoring and controlling). Blue Bird Group yaitu kelompok perjuangan yang siap melayani segala kebutuhan masyarakat. 

Disini saya akan mengambil teladan perusahaan yang memakai manajemen yang baik, saya ambil perusaahan dalam bidang jasa yaitu taksi Blue Bird Group. Jasa pertaksian ini sudah dikenal usang di masyarakat dan perusahaan akan bisa bertahan salah satunya dengan manajemen yang baik. 

1. Perencanaan (Planning) 

Dalam manajemen, perencanaan yaitu proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat taktik untuk mencapai tujuan itu, dan menyebarkan planning kegiatan kerja organisasi. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen alasannya yaitu tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan tak akan sanggup berjalan. 

Berikut yaitu Planning dari Pelaksanaan Fungsi perencanaan yang digunakan di perusahaan Blue Bird ini: 
  • Menetapkan tujuan dan target 
  •  Merumuskan taktik yang akan digunakan pada pelaksanaan kerja 
  • Menentukan sumber sumber daya yang di perlukan 
  • Menetapkan standar atau indikator keberhasilan dalam pencapaian dan sasaran bisnis 
  • Memonitor dan mengukur kemajuan untuk mencapai tujuan, sehingga tindakan korektif sanggup diambil ketika kemajuan tidak memuaskan 
  • Menggunakan teknologi isu yang berkembang seiring berjalannya waktu ,tentunya yang ada keterkaitannya dengan pelayanan. 
  • Menyiapkan tenaga-tenaga konsultan yang professional dan berkualitas 

2. Organisasi (Organizing) 

Proses yang menyangkut bagaimana taktik dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang sempurna dan tangguh, sistem dan lingkungan orgnanisasi yang kondusif, dan sanggup memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi sanggup bekerja secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan dengan baik. 

Pelaksanaan Fungsi organisasi di dalam perusahaan Blue Bird; 
  • Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan memutuskan tugas, dan menerapkan mekanisme yang telah di tentukan 
  • Menetapkan stuktur organisasi yang pertanda adanya garis kewenangan dan tanggung jawab 
  • Kegiatan perekrutan penyeleksian training dan pengembangan sumberdaya insan atau tenaga kerja 
  • Kegiatan penempatan sumber daya insan pada posisi yang paling tepat 
  • Dalam melaksanakan perekrutan, vice president personalia melaksanakan seleksi yang ketat kepada para calon karyawan 
  • Di dalam perangkat lunak SAP (System Application Product) sudah terdapat di dalamnya sistem ERP yang di gunakan untuk perekrutan karyawan gres (Enterprise Resources Planning) 
Berikut yaitu Struktur Organisasi Tugas dan Tanggung Jawabnya di Perusahaan Blue Bird; 

  • Dewan komisaris bertugas mengawasi jalannya perusahaan dan memperlihatkan masukan masukan pada direktur 
  • Presiden administrator yaitu pimpinan tertinggi dalam perusahaan blue bird group. Ini lah yang memimpin dan mengarahkan perusahaan dalam hal: Menyusun strategi, Menjalin dengan kekerabatan kemitraan, Mengatur investasi, alokasi, dan divestasi, Memimpin direksi, Memastikan prinsip tata kelola perusahaan dilaksanakan dengan baik. 
  • Vice President business development, ini membawahi 4 bab yaitu: Infomasi teknologi IT, Total Quality Management TQM, Public relation PR 
  • Vice president Personalia membawahi bab pemberdayaan SDM, terkait dengan pengadaan kerja demi kelangsungan perjuangan jasa perusahaan. 
  • Vice President Operasi membawahi semua bab pengaturan pengemudi, terkait dengan sistem sirkulasi pengemudi perusahaan 
  • Vice president audit yang membawahi seluruh bab pengawasan di perusahaan 
  • Vice President manajemen membawahi seluruh pengurusan dan pengarsipan seluruh transaksi yang berlangsung di perusahaan 
  • Vice Presiden perizinan membawahi bab yang mengatur mengenai regulasi dan kebijakan-kebijakan perusahaan. Peremajaan armada perusahaan 
  • General manager (kepala pool) bertanggung jawab kepada seluruh armada perusahaan yang berada dalam pengawasan poolnya (daerahnya) 
  • Manager teknik bertanggung jawab dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian atas perawatan dan peremajaan armada taksi 
  • Manajer personalia bertanggung jawab dalam perencanaan, pengorganisasian, dan pengarahan dan pengendalian atas perkembangan tenaga kerja perusahaan, kompensasi, integrasi, pemeliharaan dan pemutusan kekerabatan kerja guna mencapai tujuan perusahaan 
  • Manajer manajemen bertanggung jawab dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pegendalian dalam transaksi yang berlangsung di perusahaan 
  • Kepala sub bab yaitu mengendalian bab pecahan tertentu yang sudah ditugaskan 
  • Kepala seksi membantu mengolah dalam bidang yang telah di tetapkan 
  • Staff melaksanakan acara program yang sudah di tentukan oleh perusahaan guna mencapai tujuan perusahaan 

3. Pengarahan (Actuating) 

Orang yang mengarahkan sekaligus bertanggung jawab di perusahaan yaitu Dewan Komisaris. Blue Bird yang mengimplementasikan pertama kali di Indonesia sistem komunikasi radio serta penggunaan argometer yang ketat untuk armada-armadanya. Blue bird juga sudah menerapkan teknologi GPS (global positioning system) untuk melacak tempat dan posisi armada-armada lainnya juga bisa digunakan untuk menghubungi call centre. 

Blue bird mengimplementasikan solusi Business Intellegent (BI), yakni merupakan suatu solusi yang mengolah data mentah menjadi isu pendukung pengambilan keputusan perusahaan dan proses bisnis sehingga bisa memperlihatkan citra lengkap dari bisnis untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda dari para pengguna. Perusahaan ini juga mengimplementasikan software My SAP untuk pengambilan secara sempurna sehingga waktunya effisien. 

4. Pengawasan (Controlling) 

Dalam mengawasi armadanya sehari hari, pemilik perusahaan membutuhkan general manajer keberadaan armada Blue Bird, sehingga penggunaan materi bakar sanggup tercatat dan di perhitungkan dengan akurat. Dalam memelihara loyalitas pelanggannya Blue Bird menyediakan creditvoucher yang digunakan tidak untuk corporate saja namun juga digunakan untuk perorangan. 

Pihak blue bird ini mengadakan upgrading kepada para karyawanya supaya meningkatkan layanan yang berkualitas dan nyaman untuk mempertahankan pelanggan. Untuk menjamin hal tersebut dari pihak blue bird sering memakai penumpang yang diminta untuk menguji Driver. 

Pihak Blue Bird selalu mengadakan training alasannya yaitu mau tidak mau yang membuat image baik atau buruknya perusahaan ini yaitu drivernya, jadi para pengemudi dilatih secara khusus supaya memperlihatkan layanan yang terbaik. Dewan komisaris melaksanakan pengawasan atas jalannya perjuangan perusahaandan memperlihatkan masukan-masukan kepada para direktur. General Manager (pool) yaitu jabatan seseorang yang bertugas untuk mengawasi keadaan armada yang berada di suatu wilayah (pool-nya) 

2.2 Tujuan, Sasaran,Target, Indikator, dan Strategi PT. Blue Bird Group. Tbk 

1. Tujuan 
  • Mempertahankan standar kualitas pelayanan prima secara berkelanjutan yaitu kunci dari reputasi dan keberhasilan Blue Bird Group. 
  • Dengan motto layanan ANDAL yang artinya Aman,Nyaman,Mudah dan Personalise. 
  • Penempatan armada serta kemudahan mendapatkannya contohnya telah membuat Blue Bird Group meraih predikat sebagai kawan transportasi yang handal dan terpercaya. 
2. Sasaran 
  • 30.000 karyawan yang berkarya di kantor sentra dan cabang.Tak kurang 9 juta penumpang dalam sebulan terangkut oleh armada Blue Bird di sejumlah kota di Indonesia. 
  • Jumlah pool telah mencapai 28 titik.Armada akan terus diremajakan.Sebagian dari keberhasilan berkat kemampuan kami menjaga kualitas pelayanan selama bertahun-tahun. 
  • Perusahaan ini telah berkembang sedemikian rupa,dari awal bergulirnya dengan 25 kekuatan taksi,kini Blue Bird telah mempunyai lebih dari 20.000 unit armada dan akan ditambah 25.000 unit lagi. 
3. Target 

Target dari perusahaan Blue Bird ini yaitu Menjadi yang terdepan atau utama dalam menyediakan jasa dalam bidang pertaksian. 

4. Indikator 

Indikator dari perusahaan Blue Bird ini adalah; 
  • Membuat waktu se effisien mungkin. 
  • Pelanggan tidak merasa dikecewakan 
  • Memasitkan kesejahteraan yang berkelanjutan untuk para stekholder 

5. Strategi 

Strategi yang digunakan di perusahaan Blue Bird: Strategi yang digunakan oleh blue bird ini disebut taktik tiga pilar, mengandalkan pada produk, pemimpin pasar, dan innovator dalam teknologi aplikasi. Sumber daya yang digunakan oleh perusahaan ini yaitu barang berbentuk kendaraan beroda empat yang nyaman dan terawat untuk kepuasan pelanggan tentunya dengan sumber daya insan yang baik dan mahir dalam berkendara dan mengetahui seluk beluk wacana mobil. 

2.3 Analisa, Visi Dan Misi PT. Blue Bird Group. Tbk 

1. Analisa 

Pada umumnya terdapat delapan karakteristik penting yang sanggup digunakan sebagai pertimbangan dalam penyusunan misi perusahaan. Suatu misi yang baik yaitu yang sanggup menjawab salah satu atau lebih karakteristik berikut ini: 

1) Customer 

Kebanyakan pelanggan Blue Bird merasa puas dengan pelayanan yang diberikanoleh Blue Bird Group dari Supir yang sangat ramah dan menguasai jalan sehingga penumpang percaya bahwa ia akan diantar ke tempat tujuan, serta CS yang sabar dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan. 

2) Produk dan jasa. 

Memberikan pelayanan di Blue Bird yaitu ‘ANDAL’. Andal merupakan kependekan dari aman, nyaman, mudah, dan personalize, sehingga pelayanannya bisa berkembang, tidak lagi sekadar mengemban kiprah mengantarkan pelanggan dari satu titik ke titik lain, tapi diubahsuaikan dengan permjntaan pelanggan. Menyediakan banyak sekali macam layanan transportasi mulai dari taksi reguler sampai rental limousin dan bus untuk konsumen semua itu ditujukan supaya penumpang merasa aman dan nyama. 

3) Pasar. 

Dalam kualitas pelayanan Blue Bird senantiasa melaksanakan inovasi-inovasi dan perbaikan yang berkelanjutan demi kepuasan para pelanggan. Outlet-outlet Blue Bird Group tersebar di banyak sekali wilayah strategis di Indonesia ibarat di mall, tempat-tempat hiburan dan hotel, sehingga pelanggan dengan gampang menemukan taksi PUSAKA ataupun taksi silver bird. Selain itu taksi-taksi yang keliling mencari penumpang juga banyak beroperasi di jalan raya alasannya yaitu armada yang dimiliki blue Bird ketika ini mencapai 19.000 armada. 

4) Teknologi. 

Blue Bird Group memperlihatkan aksentuasi melalui ketentuan-ketentuan khusus yang harus oleh armadanya apabila akan turun ke jalan serta penggunaan teknologi GPS yang mempercepat tahap pemesanan taksi merupakan bentuk kasatmata dari service quality yang disajikan oleh Blue Bird Group untuk mendapatkan benefit jangka panjang, kepuasan terutama loyalitas pelanggan. 

5) Komitmen terhadap pertumbuhan, laba atau stabilitas. 

“Kami mempunyai standar mekanisme dalam memperlihatkan service kepada konsumen mencakup produk, proses, dan people excellent. Melalui tiga pilar tersebut kami memperlihatkan konsistensi pelayanan menyeluruh kepada konsumen dan kami akan terusberusaha untuk memperlihatkan yang terbaik” tutup Noni Purnomo. 

6) Konsep Perusahaan. 

Mempertahankan standar kualitas pelayanan prima secara berkelanjutan yaitu kunci dari reputasi dan keberhasilan Blue Bird Group. Dengan motto layanan ANDAL, yang artinya Aman, Nyaman, Praktis dan Personalise, mengakibatkan Blue Bird Group partner terpercaya dalam transportasi. 

7) Komitmen terhadap image masyarakat. 

Mengemban kiprah mengantarkan pelanggan dari satu titik ke titik lain, tapi diubahsuaikan dengan permjntaan pelanggan yang aman, nyaman, dan mudah. 

8) Komitmen terhadap karyawan. 

Salah satu cara yang dilakukan yaitu mengakibatkan karyawan Blue Bird sebagai keluarga besar. Di Blue Bird ini pekerja yaitu bab dari keluarga besar bukan karyawan. Kita ini perusahaan padat karya. Karena ini keluarga besar terciptalah budaya dan masing-masing saling peduli. Sopir kita juga didik. Lalu bagaimana cara memanusiakan mereka,” Cara lainnya yaitu dengan membayar upah para karyawannya sesuai dengan regulasi yang ditetapkan pemerintah. Hingga kini, Blue Bird Group mempunyai 30.000 sopir dan ribuan tenaga kerja untuk tingkatan manajemen. 

2. Visi: 

Menjadi Perusahaan yang bisa bertahan dan mengedepankan kualitas untuk memastikan kesejahteraan yang berkelanjutan bagi para stakeholder. 

3. Misi: 

Tujuan kita yaitu tercapainya kepuasan pelanggan, dan menyebarkan serta mempertahankan diri sebagai pemimpin pasar di setiap kategori yang kita masuki. Dalam transportasi darat, kita menyediakan layanan yang handal, dan berkualitas tinggi dengan penggunaan sumber daya yang efisien dan kita melakukannya sebagai satu tim yang utuh. 

BAB III 

PENUTUP 

3.2 Kesimpulan 

PT Blue Bird Grup ini sudah dikenal dari jaman dahulu kala bahkan sudah dikenal oleh wisatawan mancan negara alasannya yaitu sangat memperlihatkan kenyamanan dan memberika pelayanan terbaik bagi semua penumpangnya. 

Seiring perkembangan teknologi dan persaingan di Indonesia PT Blue Bird Grup ini juga semakin gencar dalam memajukan dan menaikan nama PT Blue Bird Grup dan meningkatkan kualitas armadanya supaya tetap mempunyai banyak peminat di bidang transportasi dengan cara meningkatkan kualitas layanan teknologinya, memberika diskon kepada konsumen dan selalu mengutamakan keselamatan penumpang. 

Dan Blue Bird Group merupakan perusahaan yang sudah sangat maju, terbukti dengan terus mempelajari dan menganalisa SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats) perusahaannya dan lingkungannya PT Blue Bird Group sanggup mengantisipasi kelemahan-kelemahan perusahaan mereka disertai strategi-strategi yang baik dibutuhkan perusahaan ini sanggup terus berkembang. 

3.2 Saran 

PT Blue Bird Grup harus terus bisa mempertahankan taktik yang telah dimiliki semenjak dulu dan selalu mengacu pada Visi dan Misi yang telah dibangun yaitu dengan memakai taktik AMDAL didalam perkembangan system armadanya, dan juga PT Blue Bird Group harus terus melaksanakan penemuan supaya tidak terjadi ibarat bencana sebelumnya yang hampir dikalahkan dengan transportasi online lainnya. 

PT Blue Bird Grup harus selalu melaksanakan hal yang membuat konsumen setianya tidak pindah ke lain hati dan sebisa mungkin melaksanakan segala cara supaya bisa memperkuat merknya sendiri. Serta PT Blue Bird Grup harus selalu melaksanakan perbaikan system baik system transportasi ataupun teknologinya. Serta harus selalu melaksanakan promosi-promosi yang bisa memajukan perusahaan, dan dengan tidak menghilangkan cirri khas yang dimiliki PT Blue Bird Grup. 

DAFTAR PUSTAKA




Related Posts

Post a Comment