-->

Mea (Masyarakat Ekonomi Asean)

Post a Comment
MEA (Masyarakat Ekonomi Asean)

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 (bahasa Inggris: ASEAN Economic Community (AEC)) ialah sebuah integrasi ekonomi ASEAN dalam menghadapi perdagangan bebas antarnegara-negara ASEAN. Seluruh negara anggota ASEAN telah menyepakati perjanjian ini.
Ini dilakukan semoga daya saing Asean meningkat serta sanggup menyaingi Cina dan India untuk menarik investasi asing. Penanaman modal aneh di wilayah ini sangat diharapkan untuk meningkatkan lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan.
Pembentukan pasar tunggal yang diistilahkan dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ini nantinya memungkinkan satu negara menjual barang dan jasa dengan gampang ke negara-negara lain di seluruh Asia Tenggara sehingga kompetisi akan semakin ketat. Masyarakat Ekonomi Asean tidak hanya membuka arus perdagangan barang atau jasa, tetapi juga pasar tenaga kerja profesional, menyerupai dokter, pengacara, akuntan, dan lainnya.
Riset terbaru dari Organisasi Perburuhan Dunia atau ILO menyebutkan pembukaan pasar tenaga kerja mendatangkan manfaat yang besar. Selain sanggup membuat jutaan lapangan kerja baru, denah ini juga sanggup meningkatkan kesejahteraan 600 juta orang yang hidup di Asia Tenggara. Pada 2015 mendatang, ILO merinci bahwa undangan tenaga kerja profesional akan naik 41% atau sekitar 14 juta.
Indonesia sebagai negara dengan penduduk terbanyak di ASEAN harus sanggup memanfaatkan hal ini sebaik mungkin. Karena hal ini akan membantu perekonomian dan mensejahterakan kehidupan masyarakat Indonesia. Lagipun, kita sebagai negara yang besar dan mempunyai sumber alam yang melimpah harus menarik perhatian investor aneh agara menginvestasikan dananya di Indonesia dan membuka lapangan kerja di Indonesia semoga tingkat pengangguran di Indonesia sanggup dikurangi. Siap atau tidak siap kita harus menghadapi dan memanfaatkan MEA.

Related Posts

Post a Comment