-->

Pengertian Aturan Dan Bisnis Dan Pengertian Masyarakat Dan Hukum

Post a Comment
1. Pengertian Hukum dan Bisnis

 Pengertian Hukum yaitu suatu sistem peraturan yang di dalamnya terdapat norma Pengertian Hukum dan Bisnis dan Pengertian Masyarakat dan Hukum
Pengertian Hukum yaitu suatu sistem peraturan yang di dalamnya terdapat norma-norma dan sanksi-sanksi yang bertujuan untuk mengendalikan sikap manusia, menjaga ketertiban dan keadilan, serta mencegah terjadinya kekacauan.

Keberadaan aturan bertujuan untuk melindungi setiap individu dari penyalahgunaan kekuasaan serta untuk menegakkan keadilan. Dengan adanya aturan di suatu negara, maka setiap orang di negara tersebut berhak mendapat keadilan dan pembelaan di depan aturan yang berlaku.

Hukum bisnis merupakan suatu perangkat aturan yang mengatur tatacara dan pelaksanaan suatu urusan atau kegiatan perdagangan, industri, ataupun keuangan yang berafiliasi dengan pertukaran barang dan jasa, kegiatan produksi maupun kegiatan menempatkan uang yang dilakukan oleh para entrepeneur dengan perjuangan dan motif tertentu dimana sudah mempertimbangkan segala resiko yang mungkin terjadi.

2. Pengertian Masyarakat dan Hukum

Pengertian Masyarakat yaitu suatu kelompok insan yang hidup secara tolong-menolong di suatu wilayah dan membentuk sebuah sistem, baik semi terbuka maupun semi tertutup, dimana interaksi yang terjadi di dalamnya yaitu antara individu-individu yang ada di kelompok tersebut.

Hukum merupakan peraturan-peraturan, baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis, yang intinya berlaku dan diakui orang sebagai peraturan yang harus ditaati dalam kehidupan bermasyarakat.

Hubungan antara aturan dan masyarakat sangat bersahabat dan tak mungkin sanggup dipisahkan antara satu sama lain.

Suatu masyarakat sanggup dikenali dari karakteristik yang ada di dalamnya. Adapun ciri-ciri masyarakat yaitu sebagai berikut:

1. Berada di Wilayah Tertentu

Mengacu pada pengertian masyarakat di atas, suatu kelompok masyarakat mendiami di suatu wilayah tertentu secara tolong-menolong dan mempunyai suatu sistem yang mengatur relasi antar individu.

2. Hidup Secara Berkelompok

Manusia yaitu mahluk sosial dan akan selalu membentuk kelompok menurut kebutuhan bersama. Kelompok insan ini akan semakin besar dan berkembang menjadi suatu masyarakat yang saling tergantung satu sama lain.

3. Terdapat Suatu Kebudayaan

Suatu kebudayaan hanya sanggup tercipta kalau ada masyarakat. Oleh alasannya yaitu itu, sekelompok insan yang telah hidup bersama dalam waktu tertentu akan melahirkan suatu kebudayaan yang selalu mengalami penyesuaian dan diwariskan secara turun-temurun.

4. Terjadi Perubahan

Suatu masyarakat akan mengalami perubahan dari waktu ke waktu alasannya yaitu memang intinya masyarakat mempunyai sifat yang dinamis. Perubahan yang terjadi di masyarakat akan diadaptasi dengan kebudayaan yang sebelumnya telah ada.

5. Terdapat Interaksi Sosial

Interaksi sosial akan selalu terjadi di dalam suatu masyarakat. Interaksi ini bisa terjadi kalau individu-individu saling bertemu satu dengan lainnya.

6. Terdapat Pemimpin

Aturan dan norma diperlukan dalam suatu masyarakat biar kehidupan serasi sanggup terwujud. Untuk itu, maka diperlukan pemimpin untuk menindaklanjuti hal-hal yang telah disepakati sehingga sanggup berjalan sebagaimana mestinya

7. Terdapat Stratafikasi Sosial

Di dalam masyarakat akan terbentuk golongan tertentu, baik menurut kiprah dan tanggungjawab, maupun religiusitasnya. Dalam hal ini stratafikasi dilakukan dengan menempatkan individu pada posisi tertentu sesuai dengan keahlian dan kemampuannya.

Related Posts

Post a Comment