-->

Pengertian Data, Populasi, Sampel Serta Penggolongan Data Statistik

Post a Comment
Pengertian Data, Populasi, dan Sampel

- Data; Merupakan kumpulan keterangan mengenai keadaan, tragedi atau tanda-tanda tertentu baik yeng berbentuk angka maupun tidak yang berbentuk angka.

- Populasi; Adalah kumpulan dari seluruh elemen sejenis sanggup dibedakan yang menjadi objek dalam dalam suatu peneliatian

- Sampel; ialah acara (sebagian kecil) dari populasi yang karakteristiknya hendak diselidiki.

- Statistik Sampel; adalah ukuran - ukuran yang menyatakan karakteristik dan suatu sampel.

- Statistik Parameter; adalah ukuran - ukuran yang menyatakan karakteristik dari suatu populasi.


Penggolongan Data Statistik

1. Berdasarkan data memperolehnya
  • Data Primer; ialah data yang diperoleh pribadi dari objeknya.
  • Data Skunder; ialah data yang diperoleh dalam bentuk yang sudah jadi, sudah disekola, dan dikumpulkan oelh pihal lain.

2. Berdasarkan Waktu Pengumpulannya
  • Data Seketika; ialah data yang dikumpulkan pada waktu tertentu yang sanggup menggambarkan keadaan objek riset pada waktu riset dilakukan. Contohnya, Data mengenai penduduk pada tahun 2000 dan Data mengenai Perguruan Tinggi Swasta di bali tahun 2010.
  • Data Berkala ( cross section); ialah data yang dikumpulkan dari waktu tertentu yang sanggup menggambarkan perihal perkembangan suatu keadaan.

3. Berdasarkan Sifatnya
  • Data Diskrit; ialah data yang satunya merupakan bilangan lingkaran dan tidak berbentuk pecahan. Contohnya, Data mengenai jumlah Mahasiswa per Perguruan Tinggi Swasta di bali, data mengenai jumlah pengawai per fakultas.
  • Data Kontinyu; ialah data yang satunya merupakan bilangan pecahan. Contohnya, Data mengenai rata - rata berat sapi expor, lokal, dan mengenai mahasiswa FE UNHI.

4. Berdasarkan Sumbernya
  • Data Interen; ialah data yang menggambarkan keadaan dalam suatu lembaga/istansi. Contoh data mengenai jumlah mahasiswa FE UNHI, data mengenai jumlah pegawai UNHI, dll
  • Data Ekstern; ialah data yang menggambarkan keadaan di luar sutau lembaga/instansi. Contohnya, data perdapatan per kapita masyarakat, data jumlah penduduk, dll.

5. Berdasarkan Pengukurannya
  • Data Nominal; ialah data statistik yang cara - cara menyususn angkanya didasarkan atas beberapa kategori tampa memperhatikan urutan tertentu. Contohnya, Data mengenai jumlah barang yang cacat dan tidak cacat hasil produksi suatu mesin dalam satu kali proses produksi.
  • Data Ordinal; ialah data statistik yang cara menyusun angkanya atas beberapa kategori dengan memperhatikan urutan atau keadaan tertentu. Contohnya, data mengenai rangking 1-5 dari 10 finalis lomba LKTI UNHI.
  • Data Interval; ialah data statistik yang angkanya disusun dengan jarak yang sama antara kategori yang satu dengan kategori yang lainnya lebih tinggi. Contohnya, data mengenai interval suhu antara kelompok orang - orang yang panas badannya 10 derajat celsius dan 150 derajat celsius akan sama dengan interval orang - orang yang panas badannya 20 derajat celsius dan 250 derajat celsius.
  • Data Rasio; ialah data statistik yang angkanya diperoleh dengan membandingkan nilai variabel yang satu dengan nilai otoriter variabel yang lainnya (variabel pembanding). Contohnya, rata - rata berat tubuh A ialah 250 kg dan keterangan ini sanggup disimpulkan bahwa rata-rata berat tubuh si A 2X lebih besar dari rata-rata berat tubuh si B.

Related Posts

Post a Comment