-->

Perekonomian Indonesia Dalam Wawasan Global, Perubahan Struktur Ekonomi Indonesia & Perekonomian Indonesia Di Era Mendatang

Post a Comment
2.1 Perekonomian Indonesia dalam wawasan Global 

 Perekonomian Indonesia dalam wawasan Global Perekonomian Indonesia dalam wawasan Global, Perubahan Struktur Ekonomi Indonesia & Perekonomian Indonesia di Masa Mendatang
Perekonomian dunia sepertinya makin menjadi bebas. Hambatan tarif dan nontarif terus dikikis melalui perundingan dagang antar negara. Asosiasi perdagangan bebas makin meluas. Perekonomian Indonesia dikepung oleh area perdagangan bebas seperti, SAARC, ANZCERTA, Uni Eropa, NAFTA dan malah telah tergabung dalam perdagangan bebas menyerupai AFTA dan APEC. Mungkin sanggup dikatakan bahwa semua partner dagang Indonesia telah masuk pada salah satu kesepakatan kawasan perdagangan bebas. 

Dalam hal yang demikian ini rupanya sudah tertutup jalan bagi Indonesia untuk tidak melaksanakan relasi dagang ke luar negeri, dan begitu kita melihat relasi dagang dengan luar negeri Indonesia harus bersedia mengadakan perdagangan bebas atau setidaknya perdagangan yang lebih bebas dengan negara partner dagangnya. Tampaknya pernyataan Presiden Suharto pada penutupan pertemuan APEC di Bogor pada tahun 1994 harus diterima dengan lapang dada. 

Pernyataannya adalah- suka tidak suka, siap tidak siap, kita harus mendapatkan globalisasi perdagangan bebas. Beberapa kali pertemuan APEC selanjutnya menekankan supaya komitmen Bogor direalisir, yakni membuka perdagangan bebas tahun 2010 bagi negara maju dan tahun 2020 bagi negara berkembang. Oleh lantaran itu duduk perkara yang dihadapi perekonomian Indonesia yang makin bebas di masa depan yakni bagaimana cara meraih laba - laba dari globalisasi.


2.2 Perubahan Struktur Ekonomi Indonesia 

Pembangunan ekonomi jangka panjang (PDB/PN) merubah struktur ekonomi dari pertanian menuju industri (sektor non primer) terutama industri manufaktur dengan increasing return to scale. 

Semakin cepat pertumbuhan ekonomi, semakin meningkat pendapatan perkapita, semakin cepat perubahan struktur ekonomi. 

Perubahan struktur ekonomi/transformasi struktural merupakan serangkaian perubahan yang saling terkait satu dengan lainnya dalam agregate demand, perdagangan LN, dan aggregate supply untuk mendukung pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. 

- Teori perubahan struktur ekonomi: 

A. Teori Arthur Lewis (Teori migrasi) 
  • Teori ini membahas pembangunan di pedesaan (perekonomian tradisional dengan pertanian sebagai sektor utama) dan perkotaaan (perekonomian modern dengan industri sebagai sektor utama). 
  • Di pedesaan tingkat pertumbuhan penduduk sangat tinggi, sehingga kelebihan supply Taman Kanak-kanak dan tingkat hidup yang subsistence, sehingga produk marjinalnya sama dengan nol dengan upah yang rendah. Produk marjinal = 0 berarti fungsi produksi sektor pertanian telah optimal. 
  • Jika jumlah Taman Kanak-kanak > dari titik optimal, maka produktivitas menurun dan upah menurun. 
  • Dengan mengurangi jumlah Taman Kanak-kanak yang terlalu banyak dibandingkan tanah dan kapital tidak merubah jumlah outputnya. 
  • Diperkotaan, sektor industri kekurangan TK, sehingga produktivitas Taman Kanak-kanak menjadi tinggi dan nilai produk marjinalnya positif yang memperlihatkan fungsi produksinya belum mencapai titik optimal, sehingga upahnya juga tinggi. 
  • Perbedaan upah ini mengakibatkan migrasi/urbanisasi Taman Kanak-kanak dari desa ke kota, sehingga upah Taman Kanak-kanak meningkat dan akhirnya pendapatan Negara meningkat. 
  • Pendapatan yang meningkat meningkatkan seruan masakan (output meningkat) dan dalam jangka panjang perekonomian pedesaan tumbuh dan seruan produk industri dan jasa meningkat yang menjadi motor utama pertumbuhan output dan diversifikasi produk non pertanian.

B. Teori Hollis Chenery (Teori transformasi struktural/pattern of development) 

Teori ini memfokuskan pada perubahan struktur ekonomi di LDCs yang mengalami transformasi dari pertanian tradisional ke sektor industri sebagai penggagas utama pertumbuhan. Penelitian Chenery memperlihatkan peningkatan pendapatan perkapita merubah: 
  • Pola konsumsi dari masakan dan kebutuhan pokok ke produk manufaktur dan jasa 
  • Akumulasi capital secara fisik dan SDM 
  • Perkambangan kota dan industri 
  • Penurunan laju pertumbuhan penduduk 
  • Ukuran keluarga yang kecil 
  • Sektor ekonomi didominasi oleh sektor non primer terutama industri 
Kenaikan produksi sektor manufaktur merupakan bantuan 4 faktor: 
  1. Kenaikan seruan domestik 
  2. Peningkatan ekspor 
  3. Substitusi impor 
  4. Perubahan teknologi
Kelompok LDCs mengalami proses transisi ekonomi yang pesat dengan teladan dan proses yang berbeda-beda sebagai tanggapan dari perbedaan antar negara: 
  1. Kondisi dan struktur awal ekonomi DN (memiliki industri dasar atau tidak) 
  2. Besar pasar DN (tergantung pada pertumbuhan penduduk) 
  3. Pola distribusi pendapatan (merata atau tidak) 
  4. Karakteristik industrialisasi (strategi pembangunan industri apakah ada industri yang diunggulkan) 
  5. Keberadaan SDA (keberadaan kualitas dan kuantitas SDA) 
  6. Kebijakan perdagangan LN (kebijakan tertutup/protektif industri DN atau terbuka/promosi ekspor).

Faktor Penentu Pertumbuhan dan Perubahan Struktur Ekonomi serta Investasi Suatu Negara. 

A. Faktor-Faktor Pertumbuhan struktur Ekonomi Idonesia 

Faktor-faktor yang menghipnotis pertumbuhan struktur ekonomi adalah: 

1. Faktor Sumber Daya Manusia 

Sama halnya dengan proses pembangunan, pertumbuhan ekonomi juga dipengaruhi oleh SDM. Sumber daya insan merupakan faktor terpenting dalam proses pembangunan, cepat lambatnya proses pembangunan tergantung kepada sejauh mana sumber daya manusianya selaku subjek pembangunan mempunyai kompetensi yang memadai untuk melaksanakan proses pembangunan. 

2. Faktor Sumber Daya Alam 

Sebagian besar negara berkembang bertumpu kepada sumber daya alam dalam melaksanakan proses pembangunannya. Namun demikian, sumber daya alam saja tidak menjamin keberhasilan proses pembanguan ekonomi, apabila tidak didukung oleh kemampaun sumber daya manusianya dalam mengelola sumber daya alam yang tersedia. Sumber daya alam yang dimaksud dinataranya kesuburan tanah, kekayaan mineral, tambang, kekayaan hasil hutan dan kekayaan laut. 

3. Faktor Ilmu Pengetahuan dan Teknologi 

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat mendorong adanya percepatan proses pembangunan, pergantian teladan kerja yang semula menggunakan tangan insan digantikan oleh mesin-mesin canggih berdampak kepada aspek efisiensi, kualitas dan kuantitas serangkaian acara pembangunan ekonomi yang dilakukan dan pada akhirnya berakibat pada percepatan laju pertumbuhan perekonomian. 

4. Faktor Budaya 

Faktor budaya memperlihatkan dampak tersendiri terhadap pembangunan ekonomi yang dilakukan, faktor ini sanggup berfungsi sebagai pembangkit atau pendorong proses pembangunan tetapi sanggup juga menjadi penghambat pembangunan. Budaya yang sanggup mendorong pembangunan diantaranya perilaku kerja keras dan kerja cerdas, jujur, ulet dan sebagainya. Adapun budaya yang sanggup menghambat proses pembangunan diantaranya perilaku anarkis, egois, boros, KKN, dan sebagainya. 

5. Sumber Daya Modal 

Sumber daya modal dibutuhkan insan untuk mengolah SDA dan meningkatkan kualitas IPTEK. Sumber daya modal berupa barang-barang modal sangat penting bagi perkembangan dan kelancaran pembangunan ekonomi lantaran barang-barang modal juga sanggup meningkatkan produktivitas. 

6. Sistem sosial Dan Sikap Masyarakat 

Sistem sosial dan perilaku masyarakat terhadap perubahan akan sangat kuat terhadap pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Penduduk yang terdidik dan modern bersikap sangat mendukung terlaksananya pembangunan lantaran mempunyai sifat lebih bersikap positif dalam pembangunan. Sebaliknya, masyarakat tradisional dan tidak terdidik bersikap apatis ( masa bodoh) terhadap pembangunan. Masyarakat tradisional cenderung tidak menyukai perubahan-perubahan dan sukar memanfaatkan teknologi sehingga menghambat pembangunan.

B. Perubahan Struktur Ekonomi Indonesia 

Perubahan struktur ekonomi Indonesia, umum disebut transformasi struktural, sanggup didefisinikan sebagai suatu rangkaian perubahan yang saling tekait satu dengan yang lainnya dalam komposisi AD, perdagangan luar negri (ekspor dan inpor), AS ( produksi dan menggunakan faktor-faktor produksi yang diharapkan mendukung proses pembangunan ekonomi yang berkelanjutan) 

Perubahan struktur ekonomi yang demikian coraknya disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu: 

1. Sifat Manusia Dalam Kegiatan Konsumsi 

Hukum Engels menyampaikan bahwa makin tinggi pendapatan masyarakat, maka akan makin sedikit proporsi pendapatan yang dipakai untuk membeli materi pertanian, sedangkan proporsi pendapatan yang dipakai untuk membeli produksi barang-barang industri menjadi bertambah besar. 

2. Perubahan Teknologi 

Kemajuan teknologi akan mempertinggi produktivitas kegiatan-kegiatan ekonomi yang akan memperluas pasar serta kegiatan perdagangan. 

Kemajuan teknologi juga mengakibatkan perubahan dalam struktur produksi nasional yang bersifat kemajuan tersebut membuat barang-barang gres yang menambah pilihan barang-barang yang sanggup dikonsumsi masyarakat. 

3. Faktor-faktor Dari Sisi Permintaan Agregat (AD) 

Faktor yang paling mayoritas yakni perubahan seruan domestik, sebagai tanggapan dari kombinasi antara peningkatan pendapatan riil per kapita dan perubahan selera masyarakat (konsumen). Perubahan seruan bukan hanya pada peningkatan jumlah (konsumsi), tapi juga perubahan komposisi barang-barang yang dikonsumsi. 

4. Faktor-faktor Dari Sisi Penawaran Agregat (AS) 

Faktor-faktor ini yakni pergeseran keunggulan komparatif .Chenery (1992) dalam kaitan ini proses transformasi struktural akan mengemukakan bahawa terjadi berjalan lambat bahkan adakalanya mengalami kemunduran. Artinya penurunan bantuan output industri manufaktur pada pembentukan PDB, jikalau keunggulan komparatif tidak berjalan sesuai dengan arah pergeseran teladan seruan domestik ke arah output industri manufaktur dan teladan perubahan dalam komposisi ekspor. Terjadi di Indonesia dan Venezuela dan negara penghasil mineral lainnya. 

5. Intervensi Pemerintah di Dalam Kegiatan Ekonomi Dalam Negeri 

Dari sisi AD , Kebijakan yang kuat pribadi contohnya pajak penjualan yang menjadikan harga jual barang yang bersangkutan mengalami kenaikan harga balasannya akan mengurangi seruan terhadap barang tersebut dan tergantung pada elastisitas harga terhadap permintaan. 

Kebijakan tidak pribadi contohnya pengurangan pajak pendapatan. Secara teoritis, dengan perkiraan bahwa faktor-faktor kuat lainnya tetap sanggup meningkatkan seruan masyarakat (konsumsi) tidak berubah, terhadap produk-produk dari sektor-sektor tertentu, menyerupai manufaktur dan jasa. 

6. Sumber Internal (domestik) dan Sumber Eksternal (dunia) 

Sumber internal mencakup faktor-faktor dari sisi AD dan sisi AS serta kebijakan pemerintah menyerupai tersebut. 

Sumber eksternal yakni perubahan teknologi dan struktur perdagangan global sebagai tanggapan peningkatan pendapatan dunia dan peraturan-peraturan mengenai perdagangan internasional. Misalnya perubahan struktur ekspor indonesia selama masa Orde Baru dari komoditas primer ke ekspor manufaktur.

2.3 Perekonomian Indonesia di Masa Mendatang 

A. Sistem Negara dan Pemerintahan. 

Pada masa pemerintah Sukarno Indonesia merupakan negara kesatuan, kemudian bermetamorfosis negara federasi, setelah itu kembali lagi ke negara kesatuan hingga kini setelah melewati pemerintahan Suharto, Habibie, Abdulrahman Wahid, Megawati Sukarno Putri, dan terakhir Susilo Bambang Yudhoyono. Namun pada masa reformasi dari tahun 1998 muncul kembali ihwal untuk mengubah sistem negara kesatuan menjadi negara federal. Pada masa pemerintahan Sukarno Indonesia menggunakan sistem pemerintahan demokratis dengan multipartai. 

Pada ketika itu muncul pendapat bahwa demokrasi Barat tidak cocok untuk bangsa Indonesia sehingga terjadi perubahan menjadi demokrasi terpimpin, atau demokrasi Pancasila; dan dari demokrasi parlementer ke demokrasi presidensial. 

Pada masa pemerintahan Suharto partai disederhanakan menjadi tiga dan sistem pemerintahan yakni diktator militer. Sistem pemerintahan dengan tiga partai dan diktator militer ini runtuh pada waktu krisis moneter yang dibarengi dengan jatuhnya Suharto dan muncul gerakan reformasi di bidang politik dan ekonomi. Indonesia kembali ke sistem banyak partai, malah jumlah partai jauh lebih banyak dibandingkan pada masa pemerintahan Sukarno. Kembali menggunakan sistem demokrasi dan dilaksanakan pemilihan umum langsung. 

Pengalaman pahit pada masa Sukarno dengan sistem demokrasi yang menimbulkan pergantian Menteri berkali-kali sepertinya ada tanda-tanda untuk muncul kembali pada pemerintahan Susilo Bambang Yudoyono dengan munculnya informasi pada awal 2010 akan ada pergantian kabinet, padahal pemerintahan gres berjalan 100 hari. 

Hal yang menyerupai dengan keadaan di mana Indonesia menganut demokrasi parlementer di tahun 1950an di mana kabinet jatuh bangun, ada kabinet yang hanya berumur tiga bulan. Sulit menghubungkan antara bentuk negara kesatuan atau federasi dengan tujuan pembangunan ekonomi. Namun rupanya dalam waktu 10-20 tahun mendatang Indonesia masih tetap menganut sistem negara kesatuan. 

Yang perlu di sini diperhatikan yakni mengenai Otonomi Daerah, bahwa kewenangan yang tersentralisasi menimbulkan pembangunan yang tidak seimbang antara Jawa, Indonesia Bagian Barat, dan Indonesia Bagian Timur. Pemberian otonomi yang lebih luas dan bertanggung jawab mungkin akan lebih memeratakan pembangunan antar propinsi dan antar pulau, dan perjuangan ke arah otonomi keuangan kawasan yang makin luas akan meredakan kemauan beberapa pemerintah kawasan untuk memisahkan diri dari NKRI menyerupai yang muncul sebagai informasi pada masa reformasi. 

Mengenai beda distribusi pendapatan pada banyak sekali sistem pemerintahan, Indonesia hanya mengalami sistem sosialis dalam kurun waktu yang pendek, pada masa final pemerintahan Sukarno, barangkali tidak hingga 5 tahun, sedangkan masa dengan perekonomian pasar dalam kurun waktu yang jauh lebih lama, masa pemerintah Suharto dan sesudahnya hingga kini (lebih dari 40 tahun). 

Distribusi pendapatan semenjak Suharto hingga sekarang, sebagaimana ditunjukkan pada Bab 2 dengan rasio Gini, rasio Kuznets ataupun IPM selalu memperlihatkan tingkat ketimpangan yang sedang (menengah). Mungkin sanggup diduga bahwa tingkat ketimpangan distribusi pendapatan pada masa Indonesia dengan sistem ekonomi sosialis ala Indonesia lebih buruk dari pada perekonomian dengan sistem bukan sosialis. 

Makara dari sudut sistem negara dan pemerintahan, sepertinya perekonomian Indonesia di masa tiba akan tetap berada di bawah naungan NKRI dengan sistem pemerintah yang demokratis dan sistem ekonomi yang bukan sosialis melainkan condong ke pasar bebas dengan peranan pemerintah yang cukup besar dalam bidang ekonomi untuk meningkatkan laju pertumbuhan dan mempertahankan ketimpangan distribusi pendapatan setidak-tidaknya pada tingkat yang sedang. 

B. Sistem Politik, Ekonomi, dan Hukum. 

Sebelum dan setelah proklamasi Indonesia selalu menghadapi gejolak politik dalam dan luar negeri yang tidak aman, maksudnya selalu diwarnai oleh peperangan. Wacana pembenar pada masa itu yakni bahwa politik menjadi komando dari setiap kebijakan pemerintah. Dalam kancah politik tidak ada duduk perkara benar salah, yang ada yakni siapa menerima apa. Dapat dibayangkan bagaimana balasannya terhadap kesejahteraan masyarakat kalau politik yakni komando dari setiap kebijaksanaan. Salah satunya yakni korupsi. 

Korupsi bersama-sama telah banyak dipraktekkan pada masa pemerintahan Sukarno, dan perjuangan untuk memberantas korupsi pun waktu itu telah banyak, namun perjuangan tersebut macet. Ucapan bung Karno pada waktu itu yakni "kalau kita mencari tikus jangan hingga aben rumahnya". Ucapan tersebut memacetkan perjuangan pemberantasan korupsi kalau korupsi itu menyangkut pejabat tinggi dalam pemerintahan. 

Korupsi merupakan salah satu penolakan dari hal yang benar. Namun, mungkin lantaran Indonesia merebut kemerdekaannya, bukan dengan jalan damai, seakan-akan masyarakat Indonesia menolak semua hal-hal yang benar di masa penjajahan. Sampai-sampai sempurna waktu pun seakan-akan ditolak. Pada waktu itu timbul istilah jam karet, jam yang tidak memperlihatkan waktu yang tepat. Seorang pegawai (negeri) yang sempurna waktu masuk dan waktu pulangnya dikatakan sebagai pegawai Belanda, yang tidak karuan waktu masuk dan waktu pulangnya disebut sebagai pegawai republik. 

Kita sanggup membayangkan balasannya terhadap kesejahteraan masyarakat, kalau politik sebagai komando tindakan pemerintah dan tindakan masyarakat. Hanya segelintir orang yang mengalami laba dari keadaan tersebut, sebagian besar masyarakat miskin dan miskin sekali. Dalam kancah internasional, Indonesia dikatakan sebagai "a Nation of coolies dan coolie among Nations (negara yang terdiri dari kuli, dan negara kuli di antara bangsa-bangsa)". 

Pemerintahan Sukarno diakhiri dengan demonstrasi mahasiswa dan masyarakat yang, antara lain, menuntut ekonomi "Yes", politik "No". Kemudian pada pemerintahan Suharto, ekonomi sebagai komando setiap kebijaksanaan pemerintah. Ekonomi sebagai komando juga akan menghasilkan pemerintahan dan masyarakat yang korup. Korupsi malah merata di seluruh negeri, dan sulit membedakan mana perbuatan yang korup dan mana yang tidak korup. Korupsi sudah dianggap sebagai kebudayaan. Istilah yang populer yakni KKN (kroni, korupsi dan nepotisme). 

Di bidang ekonomi, lantaran ekonomi sebagai komando, terlihat adanya kemajuan dalam arti pertumbuhan, malah sepanjang pemerintahan Suharto pertumbuhan ekonomi termasuk tinggi, rata-rata 7-8 persen per tahun. Pemerintah Suharto juga jatuh melalui demonstrasi mahasiswa dan masyarakat yang menuntut, antara lain, pemberantasan korupsi (pemerintahan yang bersih) dan penegakan hukum. 

Di masa datang, duduk perkara korupsi, duduk perkara ekonomi biaya tinggi, dan duduk perkara penegakan aturan rupanya tidak bisa ditolerir, kalau Indonesia menghadapi persaingan bebas dalam bidang ekonomi yang dijanjikan oleh proses globalisasi ekonomi. 

C. Sistem Kemajuan Teknologi dan Pertumbuhan Ekonomi. 

Pengalaman pembangunan ekonomi pada masa Orde Baru, dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi, mungkin perlu ditiru di masa mendatang. Kalau demikian halnya, maka pembangunan ekonomi di samping menggunakan sumber daya dalam negeri juga menggunakan sumber daya dari luar negeri. PMDN dan PMA terus digalakkan, swasta abnormal dibiarkan bersaing dan Joint venture didorong berkembang di bumi pertiwi ini. Pinjaman dalam dan luar negeri mungkin diharapkan untuk menambah modal dalam negeri. 

Penerimaan yang demikian ini rupanya tidak bisa dibendung lagi lantaran globalisasi tidak hanya terjadi di sektor barang tetapi juga di sektor jasa dan penanaman modal (investasi), dan bahkan di sektor pertanian. Todaro dan Smith (2003 h.115) menyampaikan bahwa Inggris menjiplak output per orang dalam 60 tahun pertama semenjak revolusi industrinya, Amerika Serikat melaksanakan hal yang sama dalam waktu 45 tahun, Korea Selatan berhasil melaksanakan hal yang serupa hanya dalam 11 tahun semenjak 1966 hingga 1977. 

Sejarah pertumbuhan ekonomi juga memperlihatkan bahwa semakin terlambat satu negara memulai pertumbuhan ekonomi modernnya, maka waktu yang diharapkan untuk menjiplak output per orang juga makin singkat. Untuk Indonesia, kalau dihitung mulai kini (tahun 2010), barangkali tidak hingga memerlukan waktu 5 tahun untuk menjiplak output per orang. Caranya yakni (i) loncat jauh dalam bidang transfer teknologi, yang maksudnya pribadi menggunakan teknologi produksi yang paling mutakhir, dan (ii) memanfaatkan kesediaan modal dan tenaga andal yang berlimpah yang dimiliki oleh negara maju. 

D. Sistem Subsidi dan Program Sosial. 

Kalau pemerintah Indonesia termasuk dalam "kelompok Cairns" dalam putaran Uruguay yang menolak menandatangani kesepakatan kecuali ada kemajuan di bidang pertanian (maksudnya pengurangan subsidi di bidang pertanian oleh negara maju, lihat Seksi 12.3), maka tidaklah konsisten kalau Indonesia sendiri menerapkan praktek subsidi pupuk di bidang pertanian dan di bidang lain menyerupai minyak bumi dan listrik. 

Dasar dari perekonomian Indonesia di masa tiba yang dirumuskan dalam pecahan ini yakni perdagangan internasional yang bebas tanpa kendala menyerupai pada prinsip-prinsip yang diterapkan pada GATT. Sistem ekonomi yang dianutnya yakni sistem pasar menurut atas kekuatan seruan dan penawaran dengan intervensi yang minimum oleh pemerintah. 

Dalam hal subsidi, harga dari barang yang diperdagangkan ditentukan oleh pemerintah, bukan oleh kekuatan seruan dan penawaran. Misalnya subsidi bensin, atau subsidi pupuk, sering kali menimbulkan bensin dan pupuk hilang dari pasar dan timbul pasar gelap. Di samping itu, yang mendapatkan subsidi menyerupai ini kebanyakan golongan kaya, bukan golongan yang semestinya dibantu oleh pemerintah. Selama harga tidak ditentukan oleh pasar, maka hal tersebut tidak sesuai dengan sistem pasar. Ini termasuk, misalnya, harga Sembako murah. 

Harga Sembako dalam hal ini ditentukan oleh pemerintah, dan oleh karenanya tidak sesuai dengan sistem. Lagi pula, pengalaman mengenai penjualan Sembako murah memperlihatkan tidak sedikit pembeli yang mengendarai kendaraan roda dua atau roda empat, malah dengan plat merah, yang tidak sesuai dengan tujuan pengadaan Sembako murah tersebut. 

Oleh lantaran itu ditolak oleh sistem perekonomian pasar. Namun apabila pemerintah mengintervensi pasar, menyerupai contohnya pada pasar beras melalui Bulog, atau pasar devisa melalui cadangan devisa, maka hal ini masih sesuai dengan dasar kebijaksanaan dari sistem pasar, lantaran harga masih tetap ditentukan oleh kekuatan seruan dan penawaran. 

Pemerintah bisa saja memperlihatkan subsidi kepada mereka yang betul-betul memerlukannya, asalkan tidak dengan cara memilih harga. Makara biarkan harga barang ditentukan oleh seruan dan penawaran, harga bisa distabilkan oleh intervensi pemerintah, dan kalau harga masih terlalu tinggi bagi kelompok miskin, maka mereka bisa dibantu oleh pemerintah. 

Misalnya jangan menjual Sembako murah, tetapi Sembako atas kekuatan pasar, atau kalau toh disebut Sembako mahal, maka yang tidak bisa dibantu oleh pemerintah. Semua pembeli tetap membayar harga barang dimaksud sesuai dengan harga yang ditentukan oleh seruan dan penawaran. 

Pada prinsipnya sistem ekonomi yang disarankan oleh globalisasi yakni penggunaan semua sumber daya masyarakat seefisien mungkin untuk mengejar pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan diimbangi oleh acara sosial yang masif untuk mengejar distribusi pendapatan yang tidak terlalu timpang.

3.1 Kesimpulan 

Indonesia yakni negara yang sangat berpotensi dibidang ekonomi, pemerintah sudah sangat banyak mencoba menerapkan banyak sekali cara untuk memaksimalkan pertumbungan dan kemajuan ekonomi negara. Saat ini, masa depan Indonesia berada pada tangan generasi mudanya. Jika Pemerintah berhasil membentuk huruf bangsa yang baik untuk masa depan. Bangsa ini akan sanggup berdiri diatas kaki sendiri tak hanya pada bidang ekonomi, tapi dalam segala bidang. Perkembangan dan kemajuan teknologi yang ketika ini sedang gencar terjadi di seluruh antreo dunia, harus dimanfaatkan dengan maksimal oleh Indonesia. 

Keindustrian struktur ekonomi Indonesia bersama-sama belum sejati, masih sangat dini. Keindustriannya barulah menurut bantuan sektoral dalam membentuk produk domestik bruto atau pendapatan nasional. Keindustrian yang ada belum didukung dengan bantuan sektoral dalam menyerap tenaga atau angkatan kerja. Apabila bantuan sektoral dalam menyumbang pendapatan dan dalam menyerap pekerja ini dihadapkan atau diperbandingkan, maka struktur ekonomi Indonesia secara makro-sektoral ternyata masih dualistis. Mengapa? Karena dari segi peresapan tenaga kerja, sektor pertanian hingga ketika ini masih merupakan sektor utama sumber kehidupan rakyat. 

Jadi, ditinjau secara makro-sektoral struktur ekonomi Indonesia bersama-sama masih dualistis. Sumber mata pencaharian utama sebagian besar penduduk masih sektor pertanian. Dalam kaitan ini berarti struktur tersebut masih agraris akan tetapi, penyumbang utama pendapatan nasional yakni sektor industri pengolahan. Dalam kaitan ini berarti struktur tersebut sudah industrial. Semua itu berarti bahwa secara makro-sektoral ekonomi Indonesia gres bergeser dari struktur yang agraris ke struktur yang industrial. 

Daftar Pustaka 

Dumairy ,1996: Perekonomian Indonesia,Penerbit Erlangga,Yogyakarta 

Related Posts

Post a Comment