-->

Pengertian Kepemimpinan, Tujuan Dan Syarat-Syarat Kepemimpinan

Pengertian Kepemimpinan 

Pemimpin ialah seseorang yang diberi kepercayaan sebagai ketua (kepala) dalam sistem di sebuah organisasi/ perusahaan. lantaran seseorang dalam kiprah formal belum tentu mempunyai ketrampilan kepemimpinan dan belum tentu bisa memimpin. 

Istilah Kepemimpinan intinya berafiliasi dengan ketrampilan, kecakapan, dan tingkat efek yang dimiliki seseorang; oleh alasannya ialah itu kepemimpinan bisa dimiliki oleh orang yang bukan "pemimpin".

Jadi Arti dari kepemimpinan ialah seorang langsung yang mempunyai kecakapan dan kelebihan, khususnya kecakapan/kelebihan di satu bidang sehingga ia bisa menghipnotis orang-orang lain untuk gotong royong melaksanakan aktivitas-aktivitas tertentu demi pencapaian satu atau beberapa tujuan.


Tujuan Kepemimpinan 

Setelah memahami pengertian kepemimpinan, tentunya kita juga perlu mengetahui apa tujuan kepemimpinan tersebut. Berikut penjelasannya:

1. Sarana untuk Mencapai Tujuan

Kepemimpinan ialah sarana penting untuk mencapai tujuan. Dengan memperhatikan apakah tujuan tercapai atau tidak dan bagaimana cara mencapai tujuan tersebut, maka kita bisa mengetahui jiwa kepemimpinan dari seseorang. 

2. Memotivasi Orang Lain 

Tujuan kepemimpinan yang lain ialah untuk membantu orang lain menjadi termotivasi, mempertahankan serta meningkatkan motivasi di dalam diri mereka. Dengan kata lain, pemimpin yang baik ialah pemimpin yang bisa memotivasi pengikut/ bawahan untuk mencapai tujuang yang diinginkan. 

Konsep dan Teori Pemimpin/Kepemimpinan

Pemimpin: Merupakan Orang yang mempunyai kiprah mengarahkan dan membimbing serta memperoleh tunjangan dari bawahan/staf sehingga sanggup menggerakkan roda organisasi untuk mencapai tujuan. 

Kepemimpinan: Adalah Proses menghipnotis kegiatan kelompok yang terorganisir dalam perjuangan memilih tujuan dan upaya pencapaiannya. 

Ruang Lingkup Kepemimpinan 

Berikut ialah ruang lingkup dari kepemimpinan:

Teori kepemimpinan: ialah perihal sikap pemimpin, konsep kepemimpinan, (latar belakang dan alasannya ialah munculnya kepemimpinan, syarat pemimpin, sifat-sifat pemimpin), kiprah pokok dan fungsi serta budpekerti profesi yang perlu dipahami pemimpin. 

Teknik kepemimpinan: ialah kemampuan dan keterampilan teknis pemimpin; penerapan teori-teori kepemimpinan, mencakup: konsep fatwa pemimpin, sikap keseharian serta sumberdaya yang digunakan. 

Syarat-Syarat Kepemimpinan

Syarat kepemimpinan biasanya selalu dikaitkan dengan tiga aspek penting, yaitu: Kekuasaan; kewibawaan, dan kemampuan/kapasitas/kompetensi.

Kekuasaan: ialah kekuatan, otoritas dan legalitas yang menunjukkan wewenang/ kepercayaan sebagai pemimpin untuk menghipnotis dan menggerakkan para pengikutnya. 

Kewibawaan:  ialah kelebihan, keunggulan keutamaan, pemimpin bisa mengatur pengikutnya. 

Kapasitas/Kemampuan: ialah segala daya, kekuatan, kecakapan, kesanggupan, dan kecakapan/ keterampilan teknis maupun sosial yang dianggap melebihi anggota biasa.

Related Posts

Post a Comment