-->

Ruang Lingkup Ekonomi Mikro

Ruang Lingkup Ekonomi Mikro

Ruang lingkup ekonomi mikro yaitu konsumen dan produsen. Dalam dunia ekonomi, produsen dan konsumen ini yaitu individu-individu pada rumah tangga, masyarakat, organisasi atau perusahaan.

Mikro Ekonomi mengkaji sikap penjual dan pembeli, termasuk interaksi keduanya dalam pasar faktor produksi. 

Singkatnya, ruang lingkup ekonomi mencakup beberapa hal berikut:
  • Permintaan, penawaran, dan keseimbangan harga pasar
  • Elastisitas seruan dan elastisitas penawaran
  • Teori sikap konsumen
  • Teori produksi, biaya produksi, penerimaan produsen, dan laba
  • Pasar persaingan sempurna
  • Pasar monopoli
  • Pasar oligopoli
  • Pasar persaingan monopolistik
  • Permintaan akan input
  • Mekanisme harga dan distribusi pendapatan
  • Tujuan Ekonomi Mikro

Tujuan Ekonomi Mikro

Beberapa tujuan ekonomi mikro antara lain:
  • Melakukan analisis terhadap prosedur pasar yang membentuk harga relatif kepada produk barang dan jasa, serta alokasi dari sumber terbatas di antara banyaknya penggunaan alternati
  • Melakukan analisis kegagalan pasar, yaitu dikala pasar gagal dalam memproduksi hasil yang efisien dan menjelaskan banyak sekali kondisi teoritis yang diperlukan bagi suatu pasar dengan persaingan sempurna.

Related Posts

Post a Comment