Ruang Lingkup Ekonomi Mikro
Ruang lingkup ekonomi mikro yaitu konsumen dan produsen. Dalam dunia ekonomi, produsen dan konsumen ini yaitu individu-individu pada rumah tangga, masyarakat, organisasi atau perusahaan.
Mikro Ekonomi mengkaji sikap penjual dan pembeli, termasuk interaksi keduanya dalam pasar faktor produksi.
Singkatnya, ruang lingkup ekonomi mencakup beberapa hal berikut:
- Permintaan, penawaran, dan keseimbangan harga pasar
- Elastisitas seruan dan elastisitas penawaran
- Teori sikap konsumen
- Teori produksi, biaya produksi, penerimaan produsen, dan laba
- Pasar persaingan sempurna
- Pasar monopoli
- Pasar oligopoli
- Pasar persaingan monopolistik
- Permintaan akan input
- Mekanisme harga dan distribusi pendapatan
- Tujuan Ekonomi Mikro
Tujuan Ekonomi Mikro
Beberapa tujuan ekonomi mikro antara lain:
- Melakukan analisis terhadap prosedur pasar yang membentuk harga relatif kepada produk barang dan jasa, serta alokasi dari sumber terbatas di antara banyaknya penggunaan alternati
- Melakukan analisis kegagalan pasar, yaitu dikala pasar gagal dalam memproduksi hasil yang efisien dan menjelaskan banyak sekali kondisi teoritis yang diperlukan bagi suatu pasar dengan persaingan sempurna.
Post a Comment
Post a Comment